PENGUATAN KETERAMPILAN MENGAJAR MAHASISWA MELALUI PELATIHAN MICROTEACHING
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.32219Keywords:
Keterampilan Mengajar, Microteaching, PelatihanAbstract
Guru membutuhkan keterampilan dan kompetensi khusus di bidang profesionalnya untuk mencapai hasil yang optimal. Guru yang terampil dapat berhasil dalam pekerjaannya dan membantu siswa mencapai tujuan mereka dan mempengaruhi proses pembelajaran dan hasil belajar mereka. Kompetensi mengajar sangat penting untuk pengajaran yang efektif, dan untuk menjadi pendidik profesional, mahasiswa sebagai calon guru harus dilatih secara komprehensif untuk meningkatkan kemampuan mengajar mereka. Mahasiswa yang akan menjadi calon guru harus memiliki kemampuan mengajar yang baik, memahami semua materi dan membuat situasi pembelajaran kondusif. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, tim pengabdian mencoba untuk mengadakan pelatihan Microteaching untuk membantu mahasiswa dalam penguatan keterampilan mengajar. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik Microteaching dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan Microteaching, mahasiswa mampu membuat suasana kelas menyenangkan dengan melibatkan pengalaman mereka selama ini, kemampuan mereka dalam memberikan penjelasan juga semakin baik, dan memahami aspek kesiapan perangkat ajar sebelum masuk kelas. Tim pengabdian menyimpulkan bahwa pelaksanaan pelatihan Microteaching kepada mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris berjalan dengan baik dan memenuhi tujuan pengabdian.Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rizka Indahyanti, Jusmaniar Nonci, Muhammad Chairil Imran, Muthmainnah Mursidin, Sulviana Sulviana, Sitti Nurjannah, Rifka Faried, Sulistiana Sulistiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.