EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENUJU DESA WISATA MANDIRI DI DESA WISATA TARO KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30841Keywords:
Taro Tourism Village, Digital Marketing, Branding, TourismAbstract
Desa Wisata Taro di Kabupaten Gianyar, Bali, mengembangkan potensi pariwisata untuk meningkatkan ekonomi mikro dan melestarikan budaya lokal. Meskipun memiliki potensi alam yang menarik dan warisan budaya yang kaya, desa ini menghadapi tantangan kurangnya pengenalan oleh wisatawan karena pemasaran digital yang terbatas. Penelitian ini fokus pada syarat-syarat menjadi Desa Wisata Mandiri dan strategi digital marketing untuk meningkatkan promosi desa. Hasilnya menunjukkan perlunya inovasi produk wisata, aksesibilitas yang ramah lingkungan, dan peningkatan kompetensi SDM dalam manajemen dan promosi. Implementasi strategi digital marketing seperti penggunaan media sosial dan SEO yang tepat dapat meningkatkan visibilitas Desa Wisata Taro secara global, menarik lebih banyak wisatawan, dan menjaga daya tarik desa dalam jangka panjangReferences
Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Pedoman Pendampingan Desa Wisata. Kemenparektraf. Jakarta.
Kurniawati, R., & MM, M. (2013). Modul pariwisata berkelanjutan. Curugbajing:
Petungkriyano.
Made, A., & Arida, S. (2015). Pengelolaan Pariwisata Berbasis Potensi Lokal. Pustaka
Larasan.
Basalamah, A. (2023). Penerapan Kriteria Desa Wisata pada Desa Wisata Batulayang, Bogor, Jawa Barat. KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1).
El Rahman, F. A. (2022). Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 35-41.
Fajar, N. M. A. P., Diasa, I. W., & Adiandari, A. M. (2021). Pengembangan Desa Wisata Taro berbasis digital marketing sosial media. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 116-124.
Fanaqi, C., Salamah, U., & Rahmadhan, D. G. (2022). Strategi Marketing Desa Wisata Berbasis Digital. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 6(2), 233-248.
Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.
Kalpikawati, I. A., Artajaya, M., & Pinaria, C. (2021). Pengelolaan Operasional Homestay Di Desa Wisata Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar-Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 1(2), 91-99.
Nurmadewi, D. (2023, May). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 385-392).
Rahmandani, A. N., & Setiyarini, T. (2022). Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull,
Pass Strategy) Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(1).
Sari, C. F., Pratiwi, M., & Rahmawati, A. (2024). Analisis Marketing Public Relations Event Jambi Night Market Dalam Membentuk Brand Image. Journal of Dialogos, 1(2), 21-27.
Suprastayasa, I. G. N. A., Ariasri, N. R., & Tirtawati, N. M. (2022). Dari Ruang Belajar ke Alam Terbuka: Pelatihan Pemanduan Wisata di Desa Wisata Taro, Bali. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 4(1), 1-9.
Susila, I. M. G. D., Widhiastuty, N. L. P. S., Yuni, L. H. K., Widiantara, I. G. A. B., & Suryaningsih, I. A. A. (2023). Pengabdian Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Pariwisata Bagi Masyarakat Desa Taro Kabupaten Gianyar Bali. Synergy and Society Service,
Nusa Bali. (2021). Desa Wisata Taro Raih Anugerah Desa Wisata Tersertifikasi Berkelanjutan. Diakses Pada 17 Juni 2024, dari https://www.nusabali.com/berita/108236/desa-wisata-taroraih-anugerah-desa-wisata-tersertifikasi-berkelanjutan.
Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan
Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan
Kepariwisataan Budaya Bali
Peraturan Gubernur Bali Nomor 52 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan
Daerah Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Bagus Gede Ari Rama, I Putu Edi Rusmana, Kadek Julia Mahadewi, Anak Agung Ayu Intan Puspadewi, Rafika Amalia, Ni Putu Sawitri Nandari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.