EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENUJU DESA WISATA MANDIRI DI DESA WISATA TARO KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR

Authors

  • Bagus Gede Ari Rama Universitas Pendidikan Nasional
  • I Putu Edi Rusmana Universitas Pendidikan Nasional
  • Kadek Julia Mahadewi Universitas Pendidikan Nasional
  • Anak Agung Ayu Intan Puspadewi Universitas Pendidikan Nasional
  • Rafika Amalia Universitas Pendidikan Nasional
  • Ni Putu Sawitri Nandari Universitas Pendidikan Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30841

Keywords:

Taro Tourism Village, Digital Marketing, Branding, Tourism

Abstract

Desa Wisata Taro di Kabupaten Gianyar, Bali, mengembangkan potensi pariwisata untuk meningkatkan ekonomi mikro dan melestarikan budaya lokal. Meskipun memiliki potensi alam yang menarik dan warisan budaya yang kaya, desa ini menghadapi tantangan kurangnya pengenalan oleh wisatawan karena pemasaran digital yang terbatas. Penelitian ini fokus pada syarat-syarat menjadi Desa Wisata Mandiri dan strategi digital marketing untuk meningkatkan promosi desa. Hasilnya menunjukkan perlunya inovasi produk wisata, aksesibilitas yang ramah lingkungan, dan peningkatan kompetensi SDM dalam manajemen dan promosi. Implementasi strategi digital marketing seperti penggunaan media sosial dan SEO yang tepat dapat meningkatkan visibilitas Desa Wisata Taro secara global, menarik lebih banyak wisatawan, dan menjaga daya tarik desa dalam jangka panjang

References

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. (2020). Pedoman Pendampingan Desa Wisata. Kemenparektraf. Jakarta.

Kurniawati, R., & MM, M. (2013). Modul pariwisata berkelanjutan. Curugbajing:

Petungkriyano.

Made, A., & Arida, S. (2015). Pengelolaan Pariwisata Berbasis Potensi Lokal. Pustaka

Larasan.

Basalamah, A. (2023). Penerapan Kriteria Desa Wisata pada Desa Wisata Batulayang, Bogor, Jawa Barat. KONTAN: Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis, 2(1).

El Rahman, F. A. (2022). Strategi Marketing Public Relations Coffee Shop X di Masa Pandemi. Jurnal Riset Public Relations, 35-41.

Fajar, N. M. A. P., Diasa, I. W., & Adiandari, A. M. (2021). Pengembangan Desa Wisata Taro berbasis digital marketing sosial media. Penamas: Journal of Community Service, 1(2), 116-124.

Fanaqi, C., Salamah, U., & Rahmadhan, D. G. (2022). Strategi Marketing Desa Wisata Berbasis Digital. Commed Jurnal Komunikasi dan Media, 6(2), 233-248.

Febriyantoro, M. T., & Arisandi, D. (2018). Pemanfaatan digital marketing bagi usaha mikro, kecil dan menengah pada era masyarakat ekonomi ASEAN. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 61-76.

Kalpikawati, I. A., Artajaya, M., & Pinaria, C. (2021). Pengelolaan Operasional Homestay Di Desa Wisata Taro, Kecamatan Tegallalang, Kabupaten Gianyar-Bali. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Makardhi, 1(2), 91-99.

Nurmadewi, D. (2023, May). Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Desa Wisata Lombok Kulon Kabupaten Bondowoso Jawa Timur. In Seminar Nasional Pariwisata dan Kewirausahaan (SNPK) (Vol. 2, pp. 385-392).

Rahmandani, A. N., & Setiyarini, T. (2022). Strategi Marketing Public Relations (Push, Pull,

Pass Strategy) Rumah Sakit Islam Surabaya. Jurnal Kajian Ilmu Manajemen (JKIM), 2(1).

Sari, C. F., Pratiwi, M., & Rahmawati, A. (2024). Analisis Marketing Public Relations Event Jambi Night Market Dalam Membentuk Brand Image. Journal of Dialogos, 1(2), 21-27.

Suprastayasa, I. G. N. A., Ariasri, N. R., & Tirtawati, N. M. (2022). Dari Ruang Belajar ke Alam Terbuka: Pelatihan Pemanduan Wisata di Desa Wisata Taro, Bali. Jurnal Pemberdayaan Pariwisata, 4(1), 1-9.

Susila, I. M. G. D., Widhiastuty, N. L. P. S., Yuni, L. H. K., Widiantara, I. G. A. B., & Suryaningsih, I. A. A. (2023). Pengabdian Masyarakat untuk Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia Melalui Pelatihan Pariwisata Bagi Masyarakat Desa Taro Kabupaten Gianyar Bali. Synergy and Society Service,

Nusa Bali. (2021). Desa Wisata Taro Raih Anugerah Desa Wisata Tersertifikasi Berkelanjutan. Diakses Pada 17 Juni 2024, dari https://www.nusabali.com/berita/108236/desa-wisata-taroraih-anugerah-desa-wisata-tersertifikasi-berkelanjutan.

Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan

Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan

Kepariwisataan Budaya Bali

Peraturan Gubernur Bali Nomor 52 Tahun 2021 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan

Daerah Nomor 5 Tahun 2020 Tentang Standar Penyelenggaraan Kepariwisataan Budaya Bali

Downloads

Published

2024-07-27

How to Cite

Ari Rama, B. G., Edi Rusmana, I. P. ., Julia Mahadewi, K., Intan Puspadewi, A. A. A., Amalia, R., & Sawitri Nandari, N. P. (2024). EDUKASI STRATEGI DIGITAL MARKETING SEBAGAI UPAYA MENUJU DESA WISATA MANDIRI DI DESA WISATA TARO KECAMATAN TEGALLALANG KABUPATEN GIANYAR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 7023–7026. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.30841