PELATIHAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL DI SD NEGERI SUNGAI PANTAI 1
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.27570Keywords:
Digital, Guru, Media PembelajaranAbstract
Pendidikan di Indonesia terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Salah satu aspek penting dalam pengembangan pendidikan adalah penggunaan media pembelajaran digital. SD Negeri Sungai Pantai 1 sebagai lembaga pendidikan merasa perlu untuk mengimplementasikan media pembelajaran digital sebagai strategi pembelajaran. Anak-anak sekarang memiliki potensi untuk memanfaatkan teknologi secara efektif sebagai media pembelajaran. Namun, pendidik memerlukan dukungan dan pengetahuan khusus untuk mengintegrasikan media pembelajaran digital kedalam kurikulum mereka sebagai guru profesional. Pelatihan dan dukungan terkait penggunaan media pembelajaran digital membantu para guru mengembangkan keterampilan baru dan meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah tersebut. Adanya kegiatan PKM ini dapat membantu guru SD Negeri Sungai Pantai 1 dalam membuat materi pembelajaran yang lebih interaktif sesuai perkembangan teknologi dan berhasil meningkatkan level keberdayaan peserta dengan rata-rata peningkatan sebesar 86%.References
Andriyani, S., & Christy, T. (2018). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Animasi Pada Smk Negeri 1 Air Joman – Kisaran. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 1(2), 15–18. https://doi.org/10.33330/jurdimas.v1i2.104
Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia. (2005). Undang-Undang (UU) tentang Guru dan Dosen Nomor 14. Dewan Perwakilan Rakyat Indonesia, 2.
Insan Utami, N., Widanarti, M., & Alifa Putrikita, K. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Video Animasi Untuk Guru Taman Kanak-Kanak. Prosiding Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Ahmad Dahlan, March 2020, 1411–1417.
Lestari, R., Pratama, F., Widiartin, T., Wisnu Karyanto, N., & Kukuh Adisusilo, A. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Menggunakan Video Animasi Guna Meningkatkan Penjualan di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 5(1), 35–44. https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2021.v5i1.1700
Oktaviani, R. T. (2019). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan dan Pelatihan ( Diklat ). MADIKA: Media Informasi Dan Komunikasi Diklat Kepustakawanan, 5(1), 91–94.
Sari, F., Suhaidi, M., Febrina, W., & Desyanti. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Teknologi Informasi. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.171
Subawa, I. G. B., Agustini, K., & Mertayasa, I. N. E. (2021). Pembelajaran Menggunakan Powtoon Untuk Guru- Guru Smp Negeri 4 Singaraja. 381–387.
Supriyadi. (2020). Media Pembelajaran Anak Usia Dini Dengan Animasi Interaktif Berbasis ActionScript. Jurnal Komunikasi, 11(1), 9–16.
Urva, G., Pratiwi, M., & Oemara Syarief, A. (2021). E-Learning berbasis Edmodo untuk Optimalisasi Pembelajaran Pada Masa New Normal. ABDINE: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 41–47. https://doi.org/10.52072/abdine.v1i1.176
Yusa Rahman, F., Karyadiputra, E., Setiawan, A., Indah Purnomo, I., Studi Teknik Informatika, P., Teknologi Informasi, F., & Kalimantan MAB Banjarmasin, I. (2021). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Buku Digital Menggunakan Flipbook Pada SDIT Sullamul ’Ulum. Ejurnal.Sttdumai.Ac.Id, 1(2). https://ejurnal.sttdumai.ac.id/index.php/abdine/article/view/214
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Erfan Karyadiputra, Silvia Ratna, Agus Alim Muin, Agus Setiawan, Nadya Hijriana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.