PELATIHAN PEMBUATAN TUTORIAL BAHAN AJAR MULTIMEDIA DENGAN VIRTUAL REALITY DI SMP ALAM AR-RIDHO KOTA SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2632Keywords:
Multimedia, Virtual Reality, Media Pembelajaran.Abstract
Virtual reality (VR), realitas maya, atau realitas virtual adalah teknologi multimedia yang ditujukan agar pengguna dapat merasakan berada pada lingkungan digital yang seolah-olah nyata. Lingkungan yang disimulasikan oleh komputer disebut pula dengan nama computer-simulated environment, yaitu tiruan dari suatu lingkungan sebenarnya atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Sekolah Alam Ar-Ridho merupakan sekolah yang berbasis pada explorasi alam sebagai bahan pendidikan dengan konsep penelitian dasar. Pada sekolah ini, siswa dididik memanfaatkan alam sebagai media penelitian dan penggalian ide. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membuat konten virtual reality yang dapat digunakan oleh sekolah Alam Ar-Ridho untuk membantu dalam pengembangan proses belajar mengajar pada sekolah tersebut. Adapun metode yang dilakukan pada pengabdian ini terdiri dari enam tahapan, yaitu 1) Observasi lapangan, 2) Perancangan konten VR, 3) Pembuatan konten VR, 4) Pengujian, 5) Pelatihan SDM, dan 6) Pemeliharaan peralatan. Diharapkan dengan adanya fasilitas Virtual Reality, siswa dapat bereksplorasi lebih jauh dengan mempelajari tanaman yang tidak tersedia di lingkungan sekolah.References
Saggio, Giovanni et al. 2012. VIRTUAL REALITY – HUMAN COMPUTER. ed. Xinâ€Xing Tang. Croatia: InTech.
Shang, Junjie, Morris Siu Yung Jong, Fong Lok Lee, and Jimmy Ho Man Lee. 2007. “A Pilot Study on Virtual Interactive Student-Oriented Learning Environment.†Proceedings - DIGITEL 2007: First IEEE International Workshop on Digital Game and Intelligent Toy Enhanced Learning: 65–72.