PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBANTUAN GEOGEBRA DAN AUGMENTED REALITY BAGI GURU MGMP MATEMATIKA SMP DI KOTA PALU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19326Keywords:
Geogebra, Augmentet Reality, Media Pembelajaran, MatematikaAbstract
Kegiatan pengabdian ini merupakan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augmented Reality bagi guru MGMP matematika SMP di kota palu. Berdasarkan permasalahan yang dialami kelompok sasaran yang telah dibahas pada bab sebelumnya, ternyata sebagian guru belum optimal dalam memanfaatkan penggunaan teknologi informasi dalam kegiatan pembelajaran. Pengetahuan tentang teknologi informasi yang belum memadai menjadikan kemampuan guru dalam membuat media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augemented Reality perlu ditingkatkan. Kurangnya narasumber yang bisa ditempati bertanya jika guru mengalami kesulitan untuk membuat media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augemented Reality perlu ditingkatkan. Solusi yang tim pengabdian kami berikan adalah akan melaksanakan kegiatan pelatihan pembuatan media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augmented Reality. Dalam pelaksanaan program pengabdian pada masyarakat ini, kelompok sasaran akan terlibat dalam proses penyediaan peralatan dan bahan yang diperlukan yang tersedia di lokasi sasaran, menyediakan data-data yang diperlukan dalam pembuatan media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augemented Reality. Peserta juga hadir pada kegiatan pelatihan dari awal sampai akhir kegiatan sehingga setelah kegiatan pengabdian selesai, peserta dapat membuat media pembelajaran berbantuan GeoGebra dan Augemented Reality secara mandiri.References
Hendriyani, Y., Effendi, H., Novaliendry, D., & Effendi, H. (2019). Augemented Reality Sebagai Media Pembelajaran Inovatif Di Era Revolusi Industri 4.0. Jtip: Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 12(2), 62-67.
Herman, Zalukhu, A., Hulu, D. B., Zebua, N. S., Manik, E., & Situmorang, A. S. (2023). Augmented Reality (Ar) Pada Geogebra Meningkatkan Kemampuan Spasial Dan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Dimensi Tiga. Journal On Education, 5(3), 6032-6039.
Huda, M. (2016). Pembelajaran Berbasis Multimedia Dan Pembelajaran Konvensional: (Studi Komparasi Di Mts. Al Muttaqin Plemahan Kediri). Jurnal Penelitian, 10(1), 125-146.
Miatun, A., & Khusna, H. (2020). Pengaruh Geogebra Online Berbasis Scaffolding Dan Tingkat Self-Regulated Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 15(2), 124-136.
Sara, J. A., & Danawak, Y. (2021). Kajian Media Pembelajaran Augemented Reality (Ar) Dalam Pembelajaran Bangun Ruang. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Sains (Pp.
-247). Indramayu: Departemen Pendidikan Matematika Dan Pendidikan Biologi Fkip Universitas Wiralodra.
Tanzimah. (2019). Pemanfaatan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Pp. 610-616). Palembang: Universitas Pgri Palembang.
Widyaningrum, Y. T., & Murwanintyas, C. E. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Geogebra Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Grafik Fungsi Kuadrat Di Kelas X Sma Negeri 2 Yogyakarta Tahun Pelajaran 2012/2013. (Pp. 103-108). Yogyakarta: Lumbung Pustaka Uny (Uny Repository).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Welli Meinarni, Dasa Ismaimuza, Baharuddin Paloloang, Ibnu Hadjar, Muhammad Fachri B. Paloloang
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.