SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DI SMPN 19 KOTA BENGKULU

Authors

  • Fadhila Hasana Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Apriza Fitriani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septina Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Pariyanto Pariyanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25554

Keywords:

Kreatif, Gotong Royong

Abstract

Di zaman sekarang perkembangan teknologi sangatlah pesat. Semua inormasi yang diperlukan sangat mudah untuk di akses hal ini terjadi karna informasi aktivitas media karena telah terealisasi cepat oleh kemajuan teknologi, sehingga penggunaan internet di indonesia mengalami pertumbuhan yang pesat (Amari, 2023). Dengan adanya perkembangan teknologi ini menimbulkan adanya dampak positif dan negatif dari kemajuan teknologi baik bagi siswa maupun bagi tenaga pendidik.Melihat adanya dampak negatif dari perkembangan teknologi ini kementrian pendidikan dan kebudayaan (KEMENDIKBUD) membuat program profil penguatan pancasila yang bertujuan untuk membangun karakter peserta didik sesuai dengan nilai-nilai pancasila dan undang-undang dasar (UUD) 1945. Ada enam profil penguatan pancasila yang dibentuk oleh kementrian pendidikan dan kebudayaan yaitu 1) beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta berakhlak mulia; 2) berkebinekaan global; 3) gotong royong; 4) mandiri; 5) bernalar kritis; dan 6) kreatif, adanya perkembangan teknologi ini maka diharapkan dapat mempermudah dalam proses pelaksanaanya didukung dengan banyaknnya aplikasi yang dapat membuat siswa lebih kreatif

References

Amari, R. O. (2023). Sosialisasi Pelatihanan Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Literasi Digital dan Kreativitas Belajar Peserta Didik di SMK Negeri 1 Pantai Labu. Pengabdian Masyarakat Nusantara, 3(1), 31–41.

Hariz, D. I., Muna, A. K., & Sayuto, R. D. (2023). Pengenalan Aplikasi Design Grafis Canva di Kalangan Siswa / i SMK. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 226–230.

Jafar Adrian, Q., Putri, N. U., Jayadi, A., Sembiring, J. P., Sudana, I. W., Darmawan, O. A., Nugroho, F. A., & Ardiantoro, N. F. (2022). Pengenalan Aplikasi Canva Kepada Siswa/Siswi Smkn 1 Tanjung Sari, Lampung Selatan. Journal of Social Sciences and Technology for Community Service (JSSTCS), 3(2), 187. https://doi.org/10.33365/jsstcs.v3i2.2020

Maharani, T., & Reflesia, C. (2023). Sosialisasi Penguatan Profil Pelajar Pancasila Melalui Media Pembelajaran Berbasis Media Canva Di SD Negeri 33. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bangsa, 1(4), 139–142. https://doi.org/10.59837/jpmba.v1i4.76

Setiany, A. P., Solihin, D. A., Noviyanto, D., & ... (2022). Pelatihan Membuat Logo Menggunakan Aplikasi Canva Sebagai Media Pembelajaran Bagi Siswa MI Mathla’Ul Anwar. Praxis: Jurnal …, 2(1), 26–32. http://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/article/view/108%0Ahttp://pijarpemikiran.com/index.php/praxis/article/download/108/105

Downloads

Published

2024-02-01

How to Cite

Hasana, F. ., Fitriani, A. ., Lisdayanti, S. ., & Pariyanto, P. (2024). SOSIALISASI PENGGUNAAN APLIKASI CANVA DI SMPN 19 KOTA BENGKULU . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1767–1769. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25554