PELATIHAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SDN 4 SINGKAM SAMOSIR

Authors

  • Bertaria Sohnata Hutauruk Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Tiara Kristina Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Donna Ria Pasaribu Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Rianita Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Anggun Tiur Ida Sinaga Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Aprido. B. Simamora Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar
  • Helcion Cita Nadeak Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25317

Keywords:

Pelatihan, Literasi, Numerasi, Pembelajaran, Media

Abstract

Tujuan  dari  kegiatan  Pengabdian  ini  adalah  untuk  melatih  dan  mengimplementasikan hasil dari kegiatan Kampus Mengajar angkatan 5 pada tahun 2023 yaitu  pelatihan kegiatan literasi dan numerasi kepada  guru-guru SD Negeri 4 SINGKAM  kabupaten   Samosir   Sumatera   Utara   dalam   meningkatkan pengetahuan guru-guru akan ICT yang sedang trend digunakan dalam setiap proses pembelajaran dikelas.  Dari Observasi dilaksanakan secara langsung oleh mahasiswa yang melaksanakan Kampus Mengajar  dibutuhkan  sekolah meningkatkan literasi dan numerasi di sekolah baik dalam aspek pembelajaran, adaptasi teknologi, dan sebagainya. Sekolah yang menjadi sasaran tempat penugasan mahasiswa kampus mengajar adalah sekolah-sekolah yang berada di daerah 3T dengan akreditas B maupun C tetapi sekolah sasaran di kampus mengajar 5 ini hanya sebatas SD dan juga SMP. Pada penugasan kampus mengajar kali ini, mahasiswa berkesempatan untuk melakukan observasi di SDN 4 Singkam. Metode  yang  dilaksanakan  dalam kegiatan pengabdian ini terdiri dari observasi, perencanaan, persiapan, tindakan,  refleksi dan evaluasi terhadap  workshop  pengembangan  pembelajaran media belajar. Hasil  dari  kegiatan pengabdian  masyarakat  ini  yang  dilaksanakan  oleh  dosen-dosen  adalah  bahwa  guru-guru  mampu menguasai  teknoogi  seta  dapat  mengaplikasikannya  dalam  penyampaian  materi-materi  pembelajara dikelas.  Kemudian  meningkatakan  wawasan tenta  pentingnya  media  pembelajaran  yang  berbasis sisteminformasi  dan  teknologi.  Guru-guru  mampu  mendesain  materi-materi,  tugas  peserta  didik melalui media

References

Hutasoit,dkk Improving Students' Literacy and Numeracy Skills and Assisting Administrative Activities through The Kampus Mengajar Batch 3 Program at SD Negeri 071169 Ombolata Alasa ,Vol 9 No 1 (2022)

Hutauruk, et.al workshop pengembanganmediapembelajaran bahasa inggris berbasisinformasi dan teknologi di sma negeri 1 sidamanik, Vol.4,No.2Juni 2023,Hal.3967-3970P-ISSN 2721-4990| E-ISSN 2721-50083867

Hutauruk, et.al meningkatkan kemampuan siswa dengan metode ceramah dan tanya jawab di sd negeri 094099 sirube-rube, Vol 5, No 5 (2022)

Sahid. (2016). Pengembangan Media pembelajaran Berbasis ICT. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNY, Yogyakarta

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Hutauruk, B. S., Pasaribu, T. K. ., Pasaribu, D. R. ., Simamora, R. ., Sinaga, A. T. I. ., Simamora, A. B., & Nadeak, H. C. . (2024). PELATIHAN KEGIATAN LITERASI DAN NUMERASI MELALUI KAMPUS MENGAJAR ANGKATAN 5 DI SDN 4 SINGKAM SAMOSIR . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1419–1425. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25317