PELATIHAN PBL DENGAN SIMULASI FISIOTERAPI ONLINE PADA MAHASISWA JURUSAN FISIOTERAPI POLTEKKES SURAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24584Keywords:
PBL, Simulasi, Praktik Fisioterapi, OnlineAbstract
Pandemi Covid-19 telah menyebabkan terhambatnya proses pembelajaran pendidikan fisioterapi. Pembelajaran tatap muka di kelas membutuhkan modifikasi metode pembelajaran menjadi pembelajaran online maupun blended learning yang memerlukan adaptasi pembelajar. Pembelajaran berbasis masalah (PBL) praktik fisioterapi dengan simulasi online di Jurusan Fisioterapi Poltekkes Surakarta membutuhkan adaptasi pembelajar. Pemberdayaan masyarakat dengan kegiatan pelatihan Problem-based learning (PBL) praktik fisioterapi dengan simulasi online dapat menjadi solusi pemecahan masalah hambatan adaptasi pembelajar. Kegiatan pelatihan berbasis masalah (PBL) praktik fisioterapi dengan simulasi online dilaksanakan pada tanggal 16 s/d 19 Oktober 2023 pada 105 siswa tingkat 1 Program Studi Sarjana Terapan Jurusan Fisioterapi Poltekkes Surakarta yang meliputi materi teknik motivasi diri, keterampilan akses sumber belajar online, pengetahuan manajemen belajar efektif, dan kemampuan evaluasi diri mencapai hasil belajar secara mandiri. Sebelum mengikuti pelatihan, peserta diminta mengisi angket kuesioner ( pre test) menggunakan skala guttman tentang problem-based learning (PBL) praktik fisioterapi dengan simulasi online. Setelah mengikuti pelatihan, peserta diminta mengisi angket kuesioner ( post test) dengan hasil 102 siswa (97,1%) dari 105 siswa memiliki motivasi diri yang baik untuk belajar online, 97 siswa (92,4%) dari 105 siswa memiliki metode pengetahuan belajar online dengan efektif, 96 siswa (91,4%) dari 105 siswa memiliki keterampilan akses sumber belajar online, 90 siswa (85,7%) dari 105 siswa memiliki keterampilan evaluasi diri mencapai hasil belajar secara mandiri.References
Alkhowailed, M.S., Rasheed, Z., Shariq, A., Elzainy, A., El sadik, A., Alkhamiss, A., Alsolai, A.M., Alduraibi, S.K., Alduraibi, A., Alamro, A., Alhomaidan, H.T., Al Abdulmonem, W. (2020). Digitalization plan in medical education during COVID-19 lockdown. Informatics in Medicine Unlocked, 20, 1. https://doi.org/10.1016/j.imu.2020.100432
Fadli, A., Susilowati, S.T. (2023). the Effectiveness of Problem-Based Learning With the Simulation Learning Methods Online Physiotherapy?: Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia (JPKI), 12(1), 69–80. https://doi.org/10.22146/jpki.60525
Laila, D.A., Salahudin, S. (2022). Pemberdayaan masyarakat Indonesia melalui pendidikan nonformal: Sebuah kajian pustaka. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 9(2), 100–112. https://doi.org/10.21831/jppfa.v9i2.44064
Ødegaard, N. B., Myrhaug, H. T., Dahl-Michelsen, T., & Røe, Y. (2021). Digital learning designs in physiotherapy education: a systematic review and meta-analysis. BMC Medical Education, 21(1), 1–18. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02483-w
Regmi, K., Jones, L. (2020). Psychological impact of covid-19 and lockdown among university students in malaysia: Implications and policy recommendations. International Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1), 1–13. https://doi.org/https://doi.org/10.1186/s12909-020-02007-6
Rochmawati, E, Haris, F., Sutrisno, R.Y., Noviani, W. (2021). The Use of Online Video Simulation on Student’S Competence, Motivation and Anxiety Level. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia; The Indonesian Journal of Medical Education, 10, 36. https://doi.org/10.22146/jpki.57319
Tawiah, S., Thusi-Sefatsa, Z. (2022). The Value of Adult and Community Education and Training to the Empowerment of Rural Women in South Africa. Universal Journal of Educational Research, 10(1), 14–21. https://doi.org/10.13189/ujer.2022.100102
Tormey, W. (2015). Education, learning and assessment: current trends and best practice for medical educators. Irish Journal of Medical Science, 184, 10.
Woolliscroft, J. O. (2020). Innovation in Response to the COVID-19 Pandemic Crisis. Academic Medicine, 95(8), 1141. https://doi.org/10.1097/ACM.0000000000003402
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Arif Fadli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.