PENERAPAN PHBS DI SDN 025 TAMBANG
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25071Keywords:
PHBS, jajanan sehat, CTPSAbstract
Perilaku hidup bersih dan sehat sangat dibutuhkan lingkungan sekolah agar terhindar dari penyakit. PHBS yang diterapkan di SDN 025 Tambang yaitu cuci tangan pakai sabun ( CTPS) dan jajanan sehat. Siswa perlu menerapkan mencuci tangan pakai sabun dan memakan jajanan sehat di sekolah namun sekolah tidak memiliki tempat cuci tangan dan jajanan di sekolah tidak sehat. Maka dari itu perlu memperkenalkan PHBS kepada siswa SDN 025 Tambang tentang pentingnya PHBS. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat ini yaitu penyuluhan dan praktek. Hasil kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di SDN 025 Tambang ini disambut baik oleh pihak sekolah dan siswa sangat antusias dalam mendengarkan penyuluhan yang telah diberikan. Siswa paham dan mengerti apa yang disampaikan dan diharapkan siswa mampu menerapkan PHBS dikehidupan sehari-hari.References
Aminah, S., Wibisana, E., Huliatunisa, Y., & Magdalena, I. (2021). USAHA KESEHATAN SEKOLAH (UKS) UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) SISWA SEKOLAH DASAR. Jurnal JKFT, 6(1), 18–28. https://doi.org/10.31000/JKFT.V6I1.5214
Candrawati, E., Widiani, E., & Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang, P. (2015). Pelaksanaan program uks dengan perilaku hidup bersih dan sehat (phbs) siswa sekolah dasar di kecamatan kedung kandang kota malang. Jurnal.Unitri.Ac.Id, 3(1). https://jurnal.unitri.ac.id/index.php/care/article/view/299
Chandra, C., Fauzan, A., & Aquarista, M. F. (2017). HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) PADA SISWA SEKOLAH DASAR (SD) DI KECAMATAN CERBON TAHUN 2016. Jurnal Kesmas (Kesehatan Masyarakat) Khatulistiwa, 4(3), 201–205. https://doi.org/10.29406/JKMK.V4I3.849
Sumarni, N., Rosidin, U., Sumarna, U., Keperawatan, F., & Padjadjaran, U. (2020). Penyuluhan Kesehatan tentang Jajanan Sehat di Sekolah Dasar Negeri Jati III Tarogong Kaler Garut. Academia.Edu, 3(2), 289–297. https://doi.org/10.24198/kumawula.v3i2.28026
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Windy Sandrina
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.