PENDAMPINGAN RE-DESIGN PACKAGING JAMU STJ DAN SMALL GROUP DISCUSSION MENGENAI LEGALITAS USAHA UMKM DI KAMPUNG SATRIO

Authors

  • Wahju Wulandari Universitas Widyagama Malang
  • Sodik Sodik Universitas Widyagama Malang
  • Irfan Fatoni Universitas Widyagama Malang
  • Riris Zahrotul Fauziah Universitas Widyagama Malang
  • Rizki Dwi Farotul K Universitas Widyagama Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24339

Keywords:

Re-design, Packaging, Legality, Small Group Discussion

Abstract

Jurnal ini mengulas tentang Optimalisasi pendampingan re-desain packaging jamu yang dibuat oleh penduduk kampung STJ dan Small Group Discussion Mengenai Legalitas Usaha UMKM di Kampung Satrio. Penelitian ini bertujuan untuk membranding kembali dan menangani masalah legalitas salah satu produk UMKM Kampung Satrio yaitu Jamu STJ. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan penjabaran dan penjelasan yang kami tarik ketika penelitian ini di buat. Adapun instrumen penelitiannya adalah observasi, pedoman wawancara, dan peneliti sebagai instrumen kunci. Sumber data penelitian ini adalah hasil wawancara dari pengelola Kampung Satrio Turonggo Jati. Dalam rangka mencapai tujuan ini, digunakan metode Design Thinking Workshop, Customer Feedback Sessions, dan Pengujian Pasar Kecil untuk pendampingan re-desain packaging. Sementara itu, Small Group Discussion mengenai Legalitas Usaha UMKM di Kampung Satrio dilakukan melalui Lokakarya Legalitas UMKM, Kunjungan Dinas Terkait, dan Pembagian Materi Hukum, dan paga pengabdian ini metode yang akan ditekankan ada 2 pembahasan yaitu, 1) mengeksplorasi proses pendamping re-desain packaging pembaruan merek yang diterapkan oleh Jamu STJ. 2) membahas Small Group Discussion (SGD) terkait legalitas. Hasil dari penelitian ini bertujuan untuk merevitalisasi dan menangani legalitas produk Jamu STJ yang merupakan produk asli Kampung Satrio Turonggo Jati.

References

Aaker, D. A., & Joachimsthaler, E. (2000). Brand Leadership. Free Press.

Black's Law Dictionary. (11th ed.). (2019). Thomson Reuters.

Iswari, H. R., & Sopanah, A. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Digital Marketing pada Industri Kecil Menengah (IKM) Kue Pia Kabupaten Pasuruan yang Terdampak Covid-19. Journal of Community Research and Service, 5(2), 99-106.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2012). Marketing Management (14th ed.). Pearson.

Robertson, T. S. (1967). The Process of Innovation and the Diffusion of Innovation. Journal of Marketing, 31(1), 14–19.

Sitoresmi, Ayu Rifka. “14 Manfaat Wedang Uwuh Bagi Kesehatan, Tingkatkan Sistem Imun dan Antioksidan.” Liputan6.com, 27 October 2021, https://www.liputan6.com/hot/read/4694849/14-manfaat-wedang-uwuh-bagi-kesehatan-tingkatkan-sistem-imun-dan-antioksidan. Accessed 7 October 2023.

Swari, Made Hanindia Prami. Rebranding dan Pembuatan Web Profile Produk Jahe Merah Produk Jamu Wedang Jempol Blitar, vol. 11, 2022, pp. 2-4, https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPKM/article/download/48884/22974.

Sudikno Mertokusumo. (2014). Hukum Tata Negara. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Wulandari, W., Sodik, S., Fatoni, I., Fauziah, R. Z., & K, R. D. F. (2024). PENDAMPINGAN RE-DESIGN PACKAGING JAMU STJ DAN SMALL GROUP DISCUSSION MENGENAI LEGALITAS USAHA UMKM DI KAMPUNG SATRIO . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1327–1333. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24339