STRATEGI DIGITAL MARKETING PKM UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN USAHA UMKM

Authors

  • Eri Mardiani Universitas Nasional
  • Nur Rahmansyah Politeknik Negeri Media Kreatif
  • Sari Ningsih Universitas Nasional
  • Yunan Fauzi Wijaya Universitas Nasional
  • Endah Tri Esthi Handayani Universitas Nasional
  • Deny Hidayatullah Universitas Nasional
  • Dhieka Avrilia Lantana Universitas Nasional

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25010

Keywords:

E-Commerce, Mobile, Maps, Digital Marketing

Abstract

Pengelolaan Pengetahuan (PKM) adalah konsep yang dapat diterapkan dalam strategi digital marketing untuk memberdayakan masyarakat dalam mengembangkan usaha ekonomi kreatif. Permasalahan yang diangkat adalah bagaimana melakukan strategi digital marketing bagi pkm untuk menumbuh kembangkan usaha. Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini agar Pelaku Bisnis dapat  mengembangkan usaha kegiatan E-Commerce berbasis Web dengan baik  melalui bimbingan fasilitator. Rekomendasi dalam kegiatan   ini   adalah   perlunya   sinergisitas dengan dinas/instansi terkait agar pelaku bisnis mendapatkan akses usaha berbasis online demi peningkatan ekonomi mereka sehari-hari. Pemanfaatan konsep pemasaran berbasis teknologi digital menjadi harapan bagi usaha kecil dan menengah untuk berkembang menjadi pusat kekuatan ekonomi. Usaha Kecil dan Menengah dapat menggunakan media sosial sebagai sarana digital marketing. Pemasaran digital merupakan sarana utk memperkenalkan produk melalui media digital maupun online. Perkembangan dunia digital saat ini sedang trend dan menjadi kebutuhan di semua kalangan. Banyaknya UKM yang masih mengalami kesulitan dalam proses pemasaran produk dalam pengembangan usahanya. Tujuan dari kegiatan ini adalah Meningkatkan kemampuan dan pengetahuan usaha kecil dan menengah melalui digital marketing untuk memasarkan produk yang lebih luas sehingga penjualan bisa meningkat.

References

Ascharisa Mettasatya Afrilia1. (2018). Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi.Jurkom, Riset Komunikasi, 1(1), 147–157.

Anggraini, Oktiva Dan Supriynto. (2019). Literasi Digital: Suatu Kemewahan Bagi UMKM Periklanan Di Era Industri 4.0?. Prosiding Seminar Dan Lokakarya Kualitaatif Indonesia. 117-126

Mardiani, Eri, Rahmansyah,N, Ningsih, Sari (2022). PKM Meningkatkan Penjualan UMKM Dengan E-Commerce Disaat Pandemi Covid 19. Jurnal Mindabaharu: Jurnal Pengabdian Masyarakat Volume 6, No 2 Desember, 2022. 234-243.

Mardiani, Eri., Rahmansyah, N., Wahyudi, N. M., Wijaya, Y. F., & Al Rizky, F. (2021). Kumpulan Latihan PHP. Elex Media Komputindo. Jakarta

Mardiani,Eri, Nur Rahmansyah, Farid Al Rizky(2020, Desember). https://ejournal.upnvj.ac.id/index.php/informatik/article/download/2264/1135

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Hendra Kurniawan, Dana Indra Sensuse, Jayanta. 2016. Kumpulan Latihan SQL, Jakarta : Elex Media Komputindo

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Surniawan, Imam Budiawan, Muchammad Sholeh. 2016. Aplikasi Penggajian Menggunakan Visual Basic, MySQL dan Data Report, Jakarta : Elex Media Komputindo

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Wahyudi, Nurhafifah Matondang, Yunan Fauzi Wijaya, Farid Al Rizky. 2021. Kumpulan Latihan PHP, Jakarta : Elex Media Komputindo

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Hendra Kurniawan, Anita Muliawati, Dwi Sidik Permana. 2017. Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, Mysql, dan iReport, Jakarta : Elex Media Komputindo

Mardiani, Eri, Nur Rahmansyah, Yanuardi, Dwi Sidik Permana, Hendra Kurniawan. 2019. Membuat Aplikasi Penjualan Menggunakan Java Netbeans, Mysql, dan iReport, Jakarta : Elex Media Komputindo

Matondang, Nurhafifah, Eri Mardiani, Wahyudi, Praptiningsih, Akhmad Saebani, 2019. Aplikasi Komputer, Jakarta: Mitra Wacana Media

Nurmalasari, D. (2020, Juni). 7 Hal yang UKM Perlu Pahami untuk Meningkatkan Akses Pasar.Retrieved from UKM Indonesia: https://www.ukmindonesia.id/baca-artikel/287

Pradipta, Y. G. (2018). Penggunaan Internet Sebagai Media Promosi UMKM Harmoni di Desa Kembangan Baki Sukoharjo. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta

Surniawan dan Eri Mardiani. 2014. Aplikasi Penjualan dengan Visual Basic, Xampp dan Data Report, Jakarta : Elex Media Komputindo

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Mardiani, E. ., Rahmansyah, N. ., Sari Ningsih, Yunan Fauzi Wijaya, Endah Tri Esthi Handayani, Deny Hidayatullah, & Dhieka Avrilia Lantana. (2024). STRATEGI DIGITAL MARKETING PKM UNTUK MENUMBUH KEMBANGKAN USAHA UMKM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1257–1262. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.25010