SOSIALISASI PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR INPRES ENDE 7 KABUPATEN ENDE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24946Keywords:
Sosialisasi, Media, MatematikaAbstract
Sosialisasi penggunaan media pembelajaran matematika di SD Inpres Ende 7 dilaksanakan berdasarkan hasil wawancara terhadap kepala sekolah maupun guru tentang kondisi pembelajaran matematika yang sesungguhnya dilakukan saat pembelajaran berlangsung. Kegiatan PKM ini, memiliki tujuan untuk: 1) Menerapkan konsep bangun datar, 2) Mendemonstrasikan cara menggunakan media pembelajaran berbasis budaya daerah, 3)Membiasakan siswa dalam pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai dengan materi yang sedang dipelajari, 4) meningkatkan kreativitas guru dalam pembuatan media pembelajaran, 5) membuka wawasan berpikir guru agar merasa penting memanfaatkan media dalam proses belajar mengajar setiap hari. Hasil yang diperoleh setelah sosialisasi berlangsung bahwa para guru dan siswa sangat antusias dan situasinya sangat menyenangkan. Manfaat lain dari kegiatan PKM ini dapat membuka wawasan para guru bahwa media pembelajaran tidak harus mengeluarkan banyak biaya dan waktu untuk pengadaan melainkan dibutuhkan kreativitas untuk memanfaatkan berbagai potensi dan kekayaan yang ada di lingkungan sekolah itu sendiri sehingga dapat membantu proses pembelajaran matematika menjadi lebih efektif dan efisien. Karena kreatifitas guru dapat merubah pola pikir siswa yang mengatakan bahwa matematika itu sulit dan membosankan menjadi menyenangkan dan mudah dipahami.References
Agusalim., Azaz Akbar., Kamarudin., A. Muh Ali., Yurfiah., & Asril. (2021). Sosialisasi Penggunaan Media Pembelajaran Pada Guru SD Negeri 1 Kapoa Buton Selatan. Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Universitas Muhammadiyah Buton, 9 (1), 94-102. https://doi.org/10.35326/pkm.v5i2.1192
Ahmad, Susanto. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Daryanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Medya.
Fita Fatria. (2021). PKM Sosialisasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SD Negeri 064034 Medan Johor. Universitas Muslim Nusantara Al Washliyah, 8 (1), 95-101.
Hamka, D., & Effendi, N. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Blended Learning Berbasis Edmodo pada Mata Kuliah Fisika Dasar di program Studi Pendidikan IPA. Journal of Natural Science and Integration, 2 (1), 19-33.
Heruman.2010. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset
Septy Burfadhillah & 4A Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. (2021). Pengertian Media Pembelajaran dan Cara Penggunaan Kedudukan Media Pembelajaran. CV Jejak, anggota IKAPI.
Supriyono, Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-48. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/eds.v2n1.p43-48
Susanto, Ahmad. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
M. Thobroni. (2015). Teori dan Praktek. Yogyakarta: Ar-ruzz Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Marselina Wali
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.