EDUKASI KELAINAN REFRAKSI AKIBAT PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN PADA ANAK USIA DINI

Authors

  • A.Alfiani Damayanti Universitas Megarezky
  • Wahyuni Dwi Fani Amanda Universitas Megarezky
  • Ahamad Khamaliddin Universitas Megarezky

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24726

Keywords:

Kelainan Refraksi,Dampak Gudget

Abstract

Kelainan refraksi merupakan salah satu kondisi yang dapat menyebabkan penglihatan buram. Kelaian refraksi pada anak dapat berupa miopia, hipermetropia, dan astigmatisma. Gadget menjadi barang yang sangat sulit dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Gadget juga sudah sangat familiar dikalangan anak-anak usia dini. Tak bisa dipungkiri, teknologi menjadi satu hal yang sangat erat dengan manusia saat ini. Dengan semakin canggihnya teknologi di era sekarang ini, informasi semakin terbuka lebar sehingga manusia bisa berkembang dalam bidang pendidikan, perekonomian, kreativitas, maupun di bidang lainnya. Meskipun gadget memiliki banyak manfaat untuk kehidupan, penggunaan gadget yang berlebihan memiliki dampak yang tidak bisa disepelekan. Salah satu dampak gadget yang dapat mempengaruhi kesehatan mata adalah kelaian refraksi.

References

Ainurrahmah y. (2017). Pengaruh manajemen pusat kesehatan masyarakat terhadap akses pelayanan kesehatan untuk mewujudkan mutu pelayanan kesehatan. Jurnal publik: jurnal ilmiah bidang ilmu administrasi negara, 239-256.

Annisa, m. W. (2020). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di zaman serba digital. Bintang, 35-48.

Ardinata m. (2020). Tanggung jawab negara terhadap jaminan kesehatan dalam perspektif hak asasi manusia. Jurnal ham, 319-332.

Bella saiyang, l. M. (2021). Kelainan refraksi pada anak. Medical scope journal, 2.

Benaziria. (2018). Pengembangkan literasi digital pada warga negara muda dalam pembelajaran ppkn melalui model vct. Jurnal pendidikan ilmu sosial, 11- 20.

Firdaus pangestu marfa, y. Y. (2019). Kampanye kesadaran diri pentingnya menjaga kesehatan mata sejak dini tahun 2018. Jurnal seni desain dan budaya 4, 2.

Hadi, a. (2019). Moralitas pancasila dalam konteks masyarakat global : kajian pendidikan kewarganegaraan untuk penguatan nili moral dalam konteks globalisasi. Jurnal intelektualitas, 123-138.

Hutauruk, m. R. (2009). Hubungan antara pengetahuan dengan sikap orangtua tentang kelainan refraksi pada anak. Medical faculty.

Kasingku j., &. S. (2023). Pengaruh pendidikan karakter terhadap

Moralitas remaja di era digital. Jurnal ilmiah pendidikan dasar, 6096-6110.

Kezia, p. (2021). Pentingnya pendidikan karakter pada anak sekolah dasar di era digital. Jurnal pendidikan tambusai 5, 2941-2946.

Komang dian lestari, t. A. (2019). Karakteristik dan perbedaan kelainan refraksi pada anak usia sekolah dasar di sekolah dasar cipta dharma denpasar februari 2014. Medicana 50, 2.

Maya syulfharita pertiwi, t. P. (2018). Gambaran perilaku penggunaan gawai dan kesehatan mata anak usia 10-12 tahun. Jurnal keperawatan muhammadiyah 3, 1.

Mayasari, dr.,amalia,sp.m., 2022. Dampak gadget terhadap kesehatan mata.

Nadia Nisaussholihah, R. H. (2020). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap

Kejadian Miopia Pada Anak Usia Sekolah (4-17 Tahun) Di Polimata Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Jurnal Kesehatan Islam.

Richard Simon Ratanna, L. M. (2014). Kelainan Refraksi Pada Anak di BLU RSU Prof.Dr.RD Kandou. E-clinic 2, 2.

Riska Wandini, L. N. (2020). Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Kesehatan Mata anak di Sekolah Dasar Al Azhar I Bandar Lampung. Nursing Journal, 810-819.

Romaden Marbun, W. W. (2021). Edukasi Kesehatan Dalam Upaya Pencegahan Dan Pengendalian Kesehatan Mata Pada Anak. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) 4 (4), 907-913.

Siprianus Abdu, J. L. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Penurunan Ketajaman Penglihatan. Jurnal Keperawatan Florence Nightingale.

Susetio W., &. I. (2021). Peran Dan Tanggung Jawab Pemerintah Dalam Pelayanan Kesehatan Pasca Penerapan UU Cipta Kerja. Jurnal Supremasi, 92-106.

Syahyudin D. (2019). Pengaruh Gadget Terhadap Pola Interaksi Sosial Dan Komunikasi Siswa. Jurnal Gunahumas, 272-282.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Damayanti, A. ., Amanda, W. D. F., & Khamaliddin, A. . (2024). EDUKASI KELAINAN REFRAKSI AKIBAT PENGGUNAAN GADGET BERLEBIHAN PADA ANAK USIA DINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1029–1032. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24726