EDUKASI PERILAKU BULLYING PADA KALANGAN REMAJA DI SMA NEGERI 4 TERNATE
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.19007Keywords:
Bullying, Teenagers, SchoolAbstract
Isu perundungan di sekolah telah menjadi masalah serius di berbagai negara, termasuk Indonesia. Beberapa kasus terkenal yang melibatkan remaja di beberapa daerah di Indonesia telah menimbulkan dampak yang buruk bagi korban, seperti trauma psikologis, penurunan prestasi akademik, dan bahkan mengancam kesejahteraan mental dan fisik mereka. Untuk mengatasi masalah ini, diperlukan upaya preventif, reparatif, dan punitif dari para orang tua, guru, dan masyarakat secara menyeluruh. Kolaborasi antara semua pihak ini penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman dan mendukung di sekolah. Kegiatan sosialisasi perilaku perundungan di kalangan remaja dan guru di SMA Negeri 4 Ternate adalah salah satu upaya yang bertujuan untuk memberikan edukasi kepada remaja Indonesia tentang dampak yang ditimbulkan oleh perilaku perundungan serta pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi angka kasus perundungan. Dengan edukasi yang tepat, diharapkan para remaja akan lebih peka terhadap dampak negatif dari perundungan dan berperan aktif dalam mencegahnya. Seluruh komunitas sekolah, termasuk orang tua, guru, dan siswa, harus bekerja sama untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung di mana perundungan tidak memiliki tempat. Dengan upaya bersama ini, kita dapat mengurangi dampak negatif perundungan di kalangan remaja Indonesia.References
Arisa Murni Rada, F. M. (2022). Pencegahan Perilaku Perundungan (BULLYING). KJLAS (Khairun Journal of Advocacy and Legal Services, 1(1), 14-21.
Aswadul Fitri Saiful Rahman, W. S. (2020). Sosialisasi Pencegahan Tindakan Bullying. JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka, 3(2), 8-14.
Djakit Prihartono, S. H. (2019). Sosialisasi Penyuluhan Stop Bullying di SD Negeri 02. Prosiding Seminar Nasional Pengabdian Masyarakat LPPM UMJ (pp. 1-5). Jakarta: UMJ.
Ety Nurhayati, A. S. (2020). Pengenalan Bulliying dan Dampaknya Pada Pelaku dan Korban. JURNAL ABDIMAS BSI, 3(2), 173-179.
Ika Murtiningsih, T. H. (2021). Penyuluhan Anti Bullying Peserta Didik. IJECS: Indonesian Journal of Empowerment and Community Services, 2(1), 17-23.
NS. Arief Budiman, M. N. (2021). Perilaku Bullying Pada Remaja dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Banyumas, Jawa Tengah: CV. Pena Persada.
Nurinzana, D. M. (2022). Sosialisasi Pembinaan Karakter Anti Perundungan Atau Bullying Terhadap Kalangan Remaja Di SMA Negeri 07 Bombana. JAMIN : Jurnal Abdi Masnyarakat Ilmu Pemerintahan, 1(3), 106-114.
Romadhona Kusuma Yudha, E. L. (2022). Sosialisasi Tentang Dampak Bullying Pada Remaja. Batara Wisnu Journal : Indonesian Journal of Community Services, 2(2), 251-256.
Romika Rahayu, M. R. (2021). PKM Sosialisasi Bentuk Perilaku Bullying. Sinar Sang Surya (Jurnal Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat ), 6(1), 240-245.
Titik Ulfatun, W. P. (2021). Edukasi Anti Bullying Bagi Guru dan Siswa SMP Muhammadiyah. SELAPARANG. Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan , 4(2), 165-169.
Zulian Fikry, G. L. (2023). “Sekolah Tanpa Bullying Membudayakan Asertivitas (Stand by Me)” untuk. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), 3(1), 135-142.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hujaefa Hi. Muhammad, Sri ayu Budi Lestari, Firdaus Ibrahim, Rio Harun, Ratu Balgis Ibrahim
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.