EDUKASI LITERASI BAHASA INGGRIS DI SMPN 49 MALUKU TENGAH

Authors

  • Ahmad Rifani Talaohu Universitas Khairun
  • Hempry Putuhena Universitas Pattimura
  • Sulmi Magfirah Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24587

Keywords:

Literasi, Bahasa Inggris, Globalisasi, Siswa, SCL.

Abstract

Peningkatan literasi Bahasa Inggris menjadi kunci utama dalam menghadapi tantangan global di era informasi ini. Seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi, kemampuan berkomunikasi dalam Bahasa Inggris tidak hanya menjadi keahlian tambahan, tetapi suatu kebutuhan yang mendesak. Oleh karena itu, edukasi literasi Bahasa Inggris menjadi landasan penting untuk membekali individu dengan keterampilan yang diperlukan dalam berbagai konteks kehidupan. Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan literasi bahasa Inggris di lingkungan sekolah menengah, dengan fokus pada pembelajaran keterampilan membaca, menulis, mendengarkan, dan berbicara. Literasi bahasa Inggris memiliki peran penting dalam mengembangkan pemahaman siswa terhadap berbagai materi pelajaran dan mempersiapkan mereka untuk menghadapi tantangan global. Program ini dilaksanakan dengan melibatkan kolaborasi antara tim pengabdi, guru, dan siswa. Metode yang digunakan melibatkan penyelenggaraan berbagai kegiatan, seperti diskusi kelompok dan kegiatan interaktif lainnya melalui model SCL, yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan penerapan keterampilan bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Hasil pengabdian ini mencakup peningkatan tingkat partisipasi siswa dalam kegiatan literasi bahasa Inggris, peningkatan kemampuan membaca, menulis, mendengar, dan berbicara, serta peningkatan minat siswa terhadap bahasa Inggris. Kesimpulannya, edukasi mengenai literasi bahasa merupakan bentuk awal yang baik dalam membantu membuka wawasan akan pentingnya eksposur terhadap bahasa Inggris sedini mungkin, mengingat arus globalisasi yang turut menuntut pentingnya pemahaman literasi bahasa Inggris.

References

Godwin-Jones, R. (2014). Games in language learning: opportunities and challenges. Language Learning & Technology 18(2), 9-19. Retrieved from http://llt.msu.edu/issues/june2014/emerging.pdf

Hamalik, O. (2004). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Harden, R. M., & Crosby, J. (2000). The good teacher is more than a lecturer: the twelve roles of the teacher (Vol. 22, No. 4, pp. 334-7). AMEE.

Hasan, R. (2003). Globalization, literacy and ideology. World Englishes, 22(4), 433-448.

Romano, T. (2009). EJ in focus: Defining fun and seeking flow in English language arts. The English Journal, 98(6), 30-37.

Teale, W. H., & Sulzby, E. (1986). Emergent literacy: Writing and reading. Writing research: Multidisciplinary inquiries into the nature of writing series. Ablex Publishing Corporation, 355 Chestnut St., Norwood, NJ 07648.

Downloads

Published

2024-01-16

How to Cite

Talaohu, A. R. ., Putuhena, H. ., & Magfirah, S. . (2024). EDUKASI LITERASI BAHASA INGGRIS DI SMPN 49 MALUKU TENGAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 447–452. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24587

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.