PENGUATAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA MELALUI PELATIHAN APLIKASI ARIES (ASSISTED REVISION IN ENGLISH STYLE)

Authors

  • Jusmaniar Nonci Universitas Islam Makassar
  • Muhammad Chairil Imran Universitas Islam Makassar
  • Muthmainnah Mursidin Universitas Islam Makassar
  • Sulviana Sulviana Universitas Islam Makassar
  • Rizka Indahyanti Universitas Islam Makassar
  • Sitti Nurjannah Universitas Islam Makassar
  • Andi Dimas Angraeni Universitas Islam Makassar
  • Nur Salsabila Universitas Islam Makassar

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23856

Keywords:

Aries, Menulis Akademik, Pelatihan

Abstract

Menulis adalah keterampilan hidup, menjadi dasar bagi orang lain untuk menilai pembelajaran, nilai-nilai, ide-ide, dan kontribusi terhadap masyarakat. Di dalam lingkungan kampus, salah satu keterampilan yang harus dipelajari adalah menulis akademik, menulis akademik berupa tulisan jelas, terfokus, dan terstruktur yang didukung oleh bukti-bukti. Menulis akademik juga penting terkait dengan karir di masa depan karena sebagian besar pekerjaan memerlukan keterampilan menulis akademik yang kuat, dosen wajib membekali mahasiswa untuk menjadi seorang penulis profesional agar memudahkan mahasiswa memasuki dunia karir. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, tim pengabdian mencoba untuk mengadakan pelatihan ARIES untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan menulis akademik. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik aplikasi ARIES dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan ARIES, pengetahuan mahasiswa bertambah, respon positif sesudah pelatihan juga tampak dari hasil Focus Group Discussion, mahasiswa secara aktif berdiskusi dengan narasumber, selain itu juga terbentuk keyakinan diri mahasiswa untuk melanjutkan pelatihan menulis akademik secara mandiri.

Author Biography

Jusmaniar Nonci, Universitas Islam Makassar

Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Islam Makassar

References

Ahmad, N. F., Suyanto, S., & Moh Muzakka, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Kota Semarang. Harmoni, 6(2), 211–217.

Anggraini, L. D., & Putri, A. U. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Menggunakan Software Mendeley Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen Akuntansi. Dinamisia, 7(2), 392–398.

Anwar, R. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. An-Nas, Volume 1 N, 1–6.

Ardiansyah, T., Purwaningsih, D., & Teruna, D. (2021). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Scholarcy Mempermudah Pembuatan Jurnal. Jurnal Pkm, 4(6), 664–670. Https://Doi.Org/10.30998/Jurnalpkm.V4i6.10226

Fadhilah, U., Nirnasari, M., & Lizawati. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grammarly Untuk Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Bahasa Inggris Bagi Dosen Keperawatan. Segantang Lada, 1(1), 33–39.

Fadhilawati, D., & Mansur, M. (2021). Pelatihan Menulis Procedure Text Dengan Menggunakan Aplikasi Padlet Di English Conversation Club Man Kota Blitar. Jurnal Abdimas Bela Negara, 2(2), 11–24. Https://Doi.Org/10.33005/Jabn.V2i2.69

Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz Di Sekolah Dasar Kota Bandung. Ethos, 8(2), 199–204. Https://Doi.Org/10.29313/Ethos.V8i2.5429

Fitriyah, A., Ahmad, B., Rani, S., Lintang, K., & Nur Alfin, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Publish Or Perish Untuk Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah Guru Sd 2 Kesambi. Jamas, 1(3), 305 – 309.

Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App To Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, And Culture (Edulec), 2(2), 180–185. Https://Jurnal-Eureka.Com/Index.Php/Edulecj

Indahyati, R., & Rahman, W. A. (2022). Teachers’ Perceptions On The Use Of Teaching Media In English Classroom. Klasikal: Journalof Education, Language Teaching And Science, 4(2), 2656–8772.

Muhammadiah, M., Rita, R. S., Sudrajat, D., & Suparni, S. (2023). Pelatihan Academic Writing Secara Daring Untuk Dosen Non Jabatan Fungsional Akademik. Sabajaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 234–241.

Mursidin, M., Ilmiah Mursidin, I., & Asrang, A. (2022). The Impacts Of Online Games On Students’ English Achievement. Indonesian Journal Of Education (Injoe), 2(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.54443/Injoe.V2i1.6

Nonci, J., Ruswiyani, E., & Muin, Z. I. (2022). The Implementation Of Visual Media In Teaching English Literacy To The Deaf Students Of Tenth Grade At Small 1 Pangkep. Journal Of Research And Multidisciplinary, 5(1), 552–557. Http://Journal.Alhikam.Net/Index.Php/Jrm

Nurjannah, S., & Akbar, A. A. (2023). English Teachers ’ Challenges In Integrating Technology On Online Classroom Of Madrasah Aliyah At Suburban Area In Maros During Covid-19 Pandemic. 7(1), 1888–1896.

Pane, W. S., Widya, U., & Mahakam, G. (2023). Pelatihan Cara Mudah Menulis Paragraf Akademik Untuk Mahasiswa Baru Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jpkpm, 3(1), 20–24.

Safitri, B. R. A., Pahriah, Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Undikma. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Pb/Article/View/2687/2113

Saputra, A. M. A., Putra, P. P., Gani, I. P., Nuraini, I., & Fatmasari, F. H. (2023). The Correlation Between The Merdeka Curriculum And Teaching Challenges In The Digital Era In Indonesian Secondary Schools?: Qualitative Analysis Study. International Journal Of Teaching And Learning (Injotel), 1(2), 139–150.

Sulviana, S., & Mahendra, I. (2021). The Use Of Spelling Bee To Improve Students’ English Vocabulary Mastery At Smp Negeri 11 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1027–1033. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V5i2.3193

Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., Solikha, N. I., Pratama, N. K., & Adha, D. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi M-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Literasi Digital Siswa. J-Abdipamas, 6(2), 163–174.

Downloads

Published

2024-01-17

How to Cite

Nonci, J. ., Imran, M. C. ., Mursidin, M. ., Sulviana, S., Indahyanti , R. ., Nurjannah, S. ., Angraeni, A. D. ., & Salsabila, N. . (2024). PENGUATAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA MELALUI PELATIHAN APLIKASI ARIES (ASSISTED REVISION IN ENGLISH STYLE) . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 528–532. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23856