PENGUATAN MENULIS AKADEMIK MAHASISWA MELALUI PELATIHAN APLIKASI ARIES (ASSISTED REVISION IN ENGLISH STYLE)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23856Keywords:
Aries, Menulis Akademik, PelatihanAbstract
Menulis adalah keterampilan hidup, menjadi dasar bagi orang lain untuk menilai pembelajaran, nilai-nilai, ide-ide, dan kontribusi terhadap masyarakat. Di dalam lingkungan kampus, salah satu keterampilan yang harus dipelajari adalah menulis akademik, menulis akademik berupa tulisan jelas, terfokus, dan terstruktur yang didukung oleh bukti-bukti. Menulis akademik juga penting terkait dengan karir di masa depan karena sebagian besar pekerjaan memerlukan keterampilan menulis akademik yang kuat, dosen wajib membekali mahasiswa untuk menjadi seorang penulis profesional agar memudahkan mahasiswa memasuki dunia karir. Untuk mengatasi kesenjangan tersebut, tim pengabdian mencoba untuk mengadakan pelatihan ARIES untuk membantu mahasiswa dalam pengembangan menulis akademik. Metode yang digunakan yaitu pemaparan materi, praktik aplikasi ARIES dan Focus Group Discussion. Hasil pelatihan menunjukkan selama pelatihan ARIES, pengetahuan mahasiswa bertambah, respon positif sesudah pelatihan juga tampak dari hasil Focus Group Discussion, mahasiswa secara aktif berdiskusi dengan narasumber, selain itu juga terbentuk keyakinan diri mahasiswa untuk melanjutkan pelatihan menulis akademik secara mandiri.References
Ahmad, N. F., Suyanto, S., & Moh Muzakka, M. (2022). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Bagi Mahasiswa Kota Semarang. Harmoni, 6(2), 211–217.
Anggraini, L. D., & Putri, A. U. (2023). Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Menggunakan Software Mendeley Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Artikel Ilmiah Bagi Dosen Akuntansi. Dinamisia, 7(2), 392–398.
Anwar, R. N. (2021). Pelatihan Penggunaan Software Mendeley Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa. An-Nas, Volume 1 N, 1–6.
Ardiansyah, T., Purwaningsih, D., & Teruna, D. (2021). Pelatihan Menggunakan Aplikasi Scholarcy Mempermudah Pembuatan Jurnal. Jurnal Pkm, 4(6), 664–670. Https://Doi.Org/10.30998/Jurnalpkm.V4i6.10226
Fadhilah, U., Nirnasari, M., & Lizawati. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Grammarly Untuk Penulisan Artikel Ilmiah Dalam Bahasa Inggris Bagi Dosen Keperawatan. Segantang Lada, 1(1), 33–39.
Fadhilawati, D., & Mansur, M. (2021). Pelatihan Menulis Procedure Text Dengan Menggunakan Aplikasi Padlet Di English Conversation Club Man Kota Blitar. Jurnal Abdimas Bela Negara, 2(2), 11–24. Https://Doi.Org/10.33005/Jabn.V2i2.69
Fazriyah, N., Cartono, C., & Awangga, R. M. (2020). Pelatihan Aplikasi Pembelajaran Quizizz Di Sekolah Dasar Kota Bandung. Ethos, 8(2), 199–204. Https://Doi.Org/10.29313/Ethos.V8i2.5429
Fitriyah, A., Ahmad, B., Rani, S., Lintang, K., & Nur Alfin, H. (2023). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Publish Or Perish Untuk Meningkatkan Mutu Karya Ilmiah Guru Sd 2 Kesambi. Jamas, 1(3), 305 – 309.
Imran, M. C. (2022). Applying Hemingway App To Enhance Students’ Writing Skill. Education, Language, And Culture (Edulec), 2(2), 180–185. Https://Jurnal-Eureka.Com/Index.Php/Edulecj
Indahyati, R., & Rahman, W. A. (2022). Teachers’ Perceptions On The Use Of Teaching Media In English Classroom. Klasikal: Journalof Education, Language Teaching And Science, 4(2), 2656–8772.
Muhammadiah, M., Rita, R. S., Sudrajat, D., & Suparni, S. (2023). Pelatihan Academic Writing Secara Daring Untuk Dosen Non Jabatan Fungsional Akademik. Sabajaya: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 234–241.
Mursidin, M., Ilmiah Mursidin, I., & Asrang, A. (2022). The Impacts Of Online Games On Students’ English Achievement. Indonesian Journal Of Education (Injoe), 2(1), 1–11. Https://Doi.Org/10.54443/Injoe.V2i1.6
Nonci, J., Ruswiyani, E., & Muin, Z. I. (2022). The Implementation Of Visual Media In Teaching English Literacy To The Deaf Students Of Tenth Grade At Small 1 Pangkep. Journal Of Research And Multidisciplinary, 5(1), 552–557. Http://Journal.Alhikam.Net/Index.Php/Jrm
Nurjannah, S., & Akbar, A. A. (2023). English Teachers ’ Challenges In Integrating Technology On Online Classroom Of Madrasah Aliyah At Suburban Area In Maros During Covid-19 Pandemic. 7(1), 1888–1896.
Pane, W. S., Widya, U., & Mahakam, G. (2023). Pelatihan Cara Mudah Menulis Paragraf Akademik Untuk Mahasiswa Baru Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Jpkpm, 3(1), 20–24.
Safitri, B. R. A., Pahriah, Hatimah, H., Indah, D. R., & Suryati. (2021). Pelatihan Karya Tulis Ilmiah Bagi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia Undikma. Abdi Masyarakat, 3(2), 41–44. Http://Ejournal.Mandalanursa.Org/Index.Php/Pb/Article/View/2687/2113
Saputra, A. M. A., Putra, P. P., Gani, I. P., Nuraini, I., & Fatmasari, F. H. (2023). The Correlation Between The Merdeka Curriculum And Teaching Challenges In The Digital Era In Indonesian Secondary Schools?: Qualitative Analysis Study. International Journal Of Teaching And Learning (Injotel), 1(2), 139–150.
Sulviana, S., & Mahendra, I. (2021). The Use Of Spelling Bee To Improve Students’ English Vocabulary Mastery At Smp Negeri 11 Makassar. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(2), 1027–1033. Https://Doi.Org/10.33487/Edumaspul.V5i2.3193
Sumarno, W. K., Furqon, H., Shodikin, A., Solikha, N. I., Pratama, N. K., & Adha, D. R. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi M-Write Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Menulis Dan Literasi Digital Siswa. J-Abdipamas, 6(2), 163–174.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jusmaniar Nonci, Muhammad Chairil Imran, Muthmainnah Mursidin, Sulviana Sulviana, Rizka Indahyanti , Sitti Nurjannah, Andi Dimas Angraeni, Nur Salsabila
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.