PROFIL ARTIKEL GURU SD MUHAMMADIYAH 8 DAU DALAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH

Authors

  • Arif Setiawan Universitas Muhammadiyah Malang
  • Gigit Mujianto Universitas Muhammadiyah Malang
  • Agus Tinus Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24431

Keywords:

Artikel Ilmiah, Guru SD Muhammadiyah 8 Dau, Pelatihan Dan Pendampingan.

Abstract

Salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang guru adalah kompetensi profesional. Kompetensi profesional meliputi (1) kompetensi dalam menyelenggarakan pembelajaran dan (2)   kompetensi dalam menulis artikel ilmiah, baik dari hasil kegiatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan laporan kegiatan Lesson Study (LS). Namun realitanya masih banyak guru yang masih mengalami kesulitan dalam menulis, utamanya dalam menulis karya ilmiah. Salah satunya dialami oleh guru Sekolah Dasar Muhammadiyah 8 Dau di Kabupaten Malang. Sebagian besar guru di SD Muhammadiyah 8 Dau masih belum mampu melakukan penulisan artikel ilmiah. Metode pelaksanaan dalam kegiatan pengabdian ini adalah pelatihan dan pendampingan yang meliputi enam kegiatan, (1) berbagi permasalahan dengan Pimpinan Sekolah/Kepala Sekolah dan guru, (2) ekspositori konsep dari permasalahan, (3) pelatihan penulisan artikel ilmiah, (4) pendampingan proses penulisan artikel ilmiah, (5) evaluasi kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah, dan (6) kegiatan publikasi artikel ilmiah di jurnal SAINTIFIK milik Majelis Dikdasmen Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Malang. Hasil kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah adalah sebanyak 18 artikel ilmiah. Dari 18 artikel ilmiah, 6 artikel ilmiah telah menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, sedangkan 12 artikel ilmiah lainnya masih belum menggambarkan artikel ilmiah hasil penelitian, namun lebih mirip dengan artikel hasil pemikiran. Berdasarkan penilaian Tim pengabdian, kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah yang dilakukan di SD Muhammadiyah 8 Dau telah memberikan manfaat. Hal ini didasarkan pada respon yang disampaikan oleh 15 orang guru yang menjadi peserta kegiatan pelatihan dan pendampingan penulisan artikel ilmiah.

References

Aisyah, E. N., & Mahanani, P. (2017). Pelatihan menulisan artikel ilmiah bagi guru sekolah dasar dan taman kanak-kanak kecamatan Tajinan kabupaten Malang. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 22–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um050v1i1p%25p

Arta, K. S. (2019). Pelatihan penulisan artikel untuk publikasi di jurnal ilmiah untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru-guru di Kecamatan Kubutambahan Kabupaten Buleleng. In Seminar Nasional Hukum dan Ilmu Sosial (Vol. 2, pp. 146–159).

Chairunnisa, C. (2016). Pemberdayaan Guru Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Di Sekolah Menengah Kejuruan. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(2), 105–114. Retrived from https://doi.org/https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Faktor/article/view/777

Ekosiswoyo, R. (2016). Kepemimpinan kepala sekolah yang efektif kunci pencapaian kualitas pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 14(2), 76–82. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jip.v14i2.24

Ilfiandra, I., Suherman, U., Akhmad, S. N., Budiamin, A., & Setiawati, S. (2016). Pelatihan dan pendampingan penulisan karya tulis ilmiah bagi guru SD. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 70–81. https://doi.org/https://doi.org/10.30653/002.201611.10

Ismail, M. I. (2010). Kinerja dan kompetensi guru dalam pembelajaran. Lentera Pendidikan?: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 13(1), 44–63. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n1a4

Jana, P., & Pamungkas, B. (2018). Pelatihan penelitian tindakan kelas bagi guru SD Negeri Guwosari. Abdimas Dewantara, 1(1), 39–46. Retrived from https://doi.org/https://pdfs.semanticscholar.org/55f1/12c119fb09e409b12bae6fd8db60c3309761.pdf

Kasiyan, K., Zuhdi, B. M., Hendri, Z., Handoko, A., & Sitompul, M. (2019). Pelatihan penulisan karya ilmiah untuk peningkatan profesionalisme guru. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 3(1), 47–53. https://doi.org/10.30595/jppm.v3i1.3128

Mansyur, U., & Akidah, I. (2018). Peningkatan kompetensi profesional guru Mts DDI Padanglampe Kabupaten Pangkep melalui pelatihan penulisan karya tulis ilmiah. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(2), 273–278. https://doi.org/10.30595/jppm.v2i2.2589

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F. D., & Parjono, P. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) bagi Guru SMA Swasta di Sidoarjo. Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 45–50. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v2n2.p45-50

Martati, B., & Setyorini, A. (2019). Pelatihan Penulisan Cerita Pendek Berbasis Multikulturalisme untuk Guru-Guru Sekolah Dasar Muhammadiyah di Surabaya. JPP IPTEK (Jurnal Pengabdian Dan Penerapan IPTEK), 3(1), 1–6. https://doi.org/https://doi.org/10.31284/j.jpp-iptek.2019.v3i1.320

Rahmatullah, R., & Inanna, I. (2019). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru. Jurnal Dedikasi Masyarakat, 3(1), 19–25. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31850/jdm.v3i1.448

Susantini, E., Rahayu, Y. S., Budiono, D., & Raharjo, R. (2016). Profil Artikel Ilmiah Buatan Guru pada Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Guru-Guru di SMP Lab School Surabaya. Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 1–7. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/ja.v1n1.p1-7

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Setiawan, A. ., Mujianto, G. ., & Tinus, A. . (2023). PROFIL ARTIKEL GURU SD MUHAMMADIYAH 8 DAU DALAM PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PENULISAN ARTIKEL ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13696–13702. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.24431

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.