IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 CIKANDE (STUDI DESKRIPTIF KELAS XII KURIKULUM 2013 DAN X KURIKULUM MERDEKA)

Authors

  • Suci Fikriyah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Ria Yuni Lestari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Febrian Alwan Bahrudin Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24224

Keywords:

Kurikulum 2013, Kurikulum Merdeka

Abstract

Dalam 10 tahun terakhir, kurikulum di Indonesia mengalami perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka  di SMA Negeri 1 Cikande, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu: Teknik observasi dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran; Teknik wawancara kepada guru Pendidikan Pancasila kelas X, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XII, wakil kepala sekolah bdang kurikulum, dan peserta didik; dan Teknik dokumentasi berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Ajar serta Instrumen Penilaian. Dari hasil penelitian, pada implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan, guru menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), selanjutnya dalam pelaksanaan guru melakukan perwujudan dari RPP yang telah dipersiapkan serta dalam evaluasi, guru melakukan penilaian dari tiga instrumen, yaitu: penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sementara, implementasi kurikulum merdeka dalam perencanaan guru mempersiapkan perangkat yaitu Modul Ajar, selanjutnya dalam pelaksanaan guru melakukan perwujudan dari Modul Ajar yang telah dipersiapkan serta dalam evaluasi, guru menilai dari instrumen yang telah dipersiapkan diModul Ajar

References

Bahri, S.(2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34

Bahrudin & Legiani. (2022). Implementasi Perkuliahan Hybrid Learning. Jurnal Civic Hukum, 7(2), 134–140

Hamzah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT Rajagrafindo Persada

Hakim, Lukman. (2019). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Calon Pemimpin di Era Global. Civics Education And Social Science Journal, 1(2), 129-143

Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.

Kurniawan & Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadi di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Kurniawati, Weni. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An – Nur, 7(1), 1-10

Kusumaningrum, Arifin & Gunawan. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat: Abdimas Pedagogi, 1(1), 16-21

Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Ittihad - Jurnal Pendidikan, 1(2), 185-195

Nurgiansah, Heru. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316

Palupi, Riana Sri. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMK Nasional Pati. Ekonomi Ikip Veteran Semarang, 1(1), 70-79

Peraturan Nomor 22 Tahun 2016 Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia mengenai Proses Pendidikan Menengah, Bab III Perencanaan Pembelajaran, Bab IV Pelaksanaan Pembelajaran, Bab V Evaluasi.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2024-01-10

How to Cite

Fikriyah, S. ., Lestari, R. Y. ., & Bahrudin, F. A. . (2024). IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 CIKANDE (STUDI DESKRIPTIF KELAS XII KURIKULUM 2013 DAN X KURIKULUM MERDEKA). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 211–215. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24224