IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 DAN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH SMA NEGERI 1 CIKANDE (STUDI DESKRIPTIF KELAS XII KURIKULUM 2013 DAN X KURIKULUM MERDEKA)
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24224Keywords:
Kurikulum 2013, Kurikulum MerdekaAbstract
Dalam 10 tahun terakhir, kurikulum di Indonesia mengalami perubahan untuk mengikuti perkembangan zaman. Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana implementasi kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka di SMA Negeri 1 Cikande, dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data, yaitu: Teknik observasi dilakukan dengan mengamati pelaksanaan pembelajaran; Teknik wawancara kepada guru Pendidikan Pancasila kelas X, guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kelas XII, wakil kepala sekolah bdang kurikulum, dan peserta didik; dan Teknik dokumentasi berupa Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Modul Ajar serta Instrumen Penilaian. Dari hasil penelitian, pada implementasi kurikulum 2013 dalam perencanaan, guru menyusun Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), selanjutnya dalam pelaksanaan guru melakukan perwujudan dari RPP yang telah dipersiapkan serta dalam evaluasi, guru melakukan penilaian dari tiga instrumen, yaitu: penilaian sikap, pengetahuan dan keterampilan. Sementara, implementasi kurikulum merdeka dalam perencanaan guru mempersiapkan perangkat yaitu Modul Ajar, selanjutnya dalam pelaksanaan guru melakukan perwujudan dari Modul Ajar yang telah dipersiapkan serta dalam evaluasi, guru menilai dari instrumen yang telah dipersiapkan diModul AjarReferences
Bahri, S.(2017). Pengembangan Kurikulum Dasar dan Tujuannya. Jurnal Ilmiah Islam Futura, 11(1), 15-34
Bahrudin & Legiani. (2022). Implementasi Perkuliahan Hybrid Learning. Jurnal Civic Hukum, 7(2), 134–140
Hamzah. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Depok: PT Rajagrafindo Persada
Hakim, Lukman. (2019). Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam Membentuk Calon Pemimpin di Era Global. Civics Education And Social Science Journal, 1(2), 129-143
Keputusan Menteri Nomor 262/M/2022 Perubahan atas Keputusan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 56/M/2022 tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran.
Kurniawan & Syamsul. (2017). Pendidikan Karakter Konsepsi dan Implementasi secara Terpadi di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Kurniawati, Weni. (2021). Desain Perencanaan Pembelajaran. Jurnal An – Nur, 7(1), 1-10
Kusumaningrum, Arifin & Gunawan. (2017). Pendampingan Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat: Abdimas Pedagogi, 1(1), 16-21
Majid. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Nasution, Wahyudin Nur. (2017). Perencanaan Pembelajaran: Pengertian, Tujuan, dan Prosedur. Ittihad - Jurnal Pendidikan, 1(2), 185-195
Nurgiansah, Heru. (2022). Pendidikan Pancasila Sebagai Upaya Membentuk Karakter Religius. Jurnal Basicedu, 6(4), 7310-7316
Palupi, Riana Sri. (2013). Pelaksanaan Pembelajaran IPS di SMK Nasional Pati. Ekonomi Ikip Veteran Semarang, 1(1), 70-79
Peraturan Nomor 22 Tahun 2016 Kementerian Pendidikan & Kebudayaan Republik Indonesia mengenai Proses Pendidikan Menengah, Bab III Perencanaan Pembelajaran, Bab IV Pelaksanaan Pembelajaran, Bab V Evaluasi.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Suci Fikriyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.