MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGHADAPI TEST PENRERIMAAN BINTARA POLRI MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTEN TEST DI BIMBEL MALAKA PSIKOLOGI

Authors

  • Dwi Hurriyati Universitas Bina Darma
  • Agung Rhomadhoni Universitas Bina Darma

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24201

Keywords:

Computer Assisten Test, Kepercayaan Diri, Bimbel Malaka, Penerimaan Bintara,

Abstract

Sumber daya manusia sendiri merupakan penentuan bagi keefektifan berjalannya kegiatan didalam organisasi. Walaupun organisasi tersebut telah didukung dengan sarana dan prasarana serta sumber dana yang cukup, akan tetapi tanpa adanya dukungan sumber daya manusia yang berkualitas kegiatan organisasi tidak akan berjalan dengan baik dan lancar. Oleh karena itu sumber daya manusia perlu dikelola secara baik dan tepat sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan, agar organisasi dapat berkembang secara produktif dan tujuan organisasi tercapai. metode computer assistent test merupakan metode seleksi dengan alat bantu computer yang digunakan untuk mendapatkan standar minimal kompotensi dasar yang digunakan dalam rekruitment. hasil pengamatan dan pelaksanaan program kerja PKL yang telah dilakukan mengenai penerapan sistem Computer Assisten Test di bimbel Malaka bahwa penggunaan media Computer Assisten Test dapat meningkatkan kepercayaan diri para siswa yang hendak mengikuti tes penerimaan bintara Polri. Terlihat dari sebelum dan sesudah penggunaan tes Computer Assisten Test berupa materi kecermatan, materi kecerdasan, dan materi kepribadian dari pertemuan minggu pertama hingga minggu kelima terdapat Banyak perubahan peningkatan nilai serta perubahan kepercayaan diri para siswa yang hendak mengikuti tes penerimaan bintara Polri tahun depan.

References

Asrullah Syam, Pengaruh Kepercayaan Diri ( Self Confidence ) Berbasis Kaderisasi IMM Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa ( Studi Kasus di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare), Jurnal Biotek, vol.5 (2017).

Arkana, Zein.2019. Cara ampuh Menjadi Pribadi Yang tangguh. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Eva, Nur. 2016. “Karakteristik Kecerdasan Anak Cersas Istimewa”. Fakultas Pendididikan Psikologi Universitas Malang. No. 5,

Indra Bangkit Komara, hubungan antara kepercayaan diri dengan prestasi belajar dan perencanaan karir siswa, Vol.5 No.1, 2016, h.36. Jean Yoder and William Proctor, The Self-Confident Child (New York: Facts on File Publications, 1988), p. 4. Karen Campbell dan Katrina Kahler, Confident Kids (KC Global Enterprises Pty, 2016).

Lia Devita sari, peningkatan kepercayaan diri layanan konseling kelompok (roleplaying) pada siswa kelas VIII smp negeri 6 metro tahun pelajaran 2015/2016(disertai program pendidikan bimbingan dan konseling universitas lampung (lampung 2016) h. 22.

Mulya, Gumilar dan Anggi Setia Lengkana. 2020. “Pengaruh Kepercayaan diri, Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Pendididan Jasmani”. Jurnal Pendididkan Kepelatihan Olahraga . Vol. 12, No. 2, Hal 84 Oemar Hamalik, Kurikulum dan pembelajaran (Jakarta: PT Bumi Aksara, 2008), Cet. 7, h.3.

Rahmat PEMANFAATAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN DALAM MENCAPAI HASIL BELAJAR YANG EFEKTIF DI MADRASAH ALIYAH MUHAMMADIYAH CAMBAJAWAYA KECAMATAN BONTONOMPO SELATAN KAB. GOWA 2017.

Sri Puji Triani, Upaya Meningkatkan Kepercaya Diri Siswa Melalui Konseling Sebaya (Peer Counseling) Di SMA Negeri 9 Bandar Lampung, 4.1 (2017), h. 35–37.

Septi Rahayu, Mengatasi Masalah Kepercayaan Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok, (Jurnal Skripsi Program Stara 1 Universitas Negeri Semarang UNNES , 201). h. 19. 2019.

Sugiarti, Rini, Sri Widyawati dan Roestamdji Br. 2015. “Pengaruh Kepercayaan Driri Dan Dukungan Sosial Terhadap Kecemasan Menghadapi Menopouse Pada Ibu Rumah Tangga”

Woro Andani Pramuningtyas, “Perbedaan Tingkat Kepercayaan Diri Pada Remaja Putri Dilihat Dari Pemakaian Kosmetik Wajah”, Yogyakarta, 2007, h. 21 – 23.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Hurriyati, D. ., & Rhomadhoni, A. . (2024). MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MENGHADAPI TEST PENRERIMAAN BINTARA POLRI MENGGUNAKAN COMPUTER ASSISTEN TEST DI BIMBEL MALAKA PSIKOLOGI . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1233–1238. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.24201