PENYULUHAN OPTIMALISASI PEKARANGAN DENGAN BUDIDAYA SAYURAN DI TANGERANG

Authors

  • Edward Alfin Universitas Indraprasta PGRI
  • Haryanto Haryanto Universitas Indraprasta PGRI
  • Ririn Regiana Dwi Satya Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23472

Keywords:

Optimalisasi Pekarangan, Budidaya Sayuran, Tangerang

Abstract

Penyuluhan mengenai optimalisasi pekarangan dengan budidaya sayuran di Tangerang merupakan upaya untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam memanfaatkan lahan terbatas untuk kegiatan pertanian skala kecil. Fokus utama penyuluhan ini adalah pada budidaya sayuran, dengan contoh tanaman seperti caisim (Brassica campestris L-Spp). Caisim, dengan ciri batang panjang, daun hijau lebar, dan tahan terhadap berbagai kondisi cuaca, menjadi pilihan yang tepat untuk ditanam di pekarangan. Dalam penyuluhan, disampaikan informasi mengenai karakteristik caisim dan persyaratan budidayanya, termasuk tanah yang subur, penyinaran matahari yang cukup, dan pemupukan secara berkala. Selain itu, membahas manfaat caisim sebagai sumber nutrisi, baik dikonsumsi segar maupun dimasak. Penyuluhan ini juga menekankan pentingnya keterlibatan keluarga dalam kegiatan pertanian pekarangan sebagai langkah menuju ketahanan pangan keluarga. Hasil penyuluhan menunjukkan peningkatan pemahaman peserta tentang optimalisasi pekarangan dan budidaya sayuran. Peserta menunjukkan partisipasi aktif, niat untuk memulai budidaya sayuran, dan perubahan positif dalam sikap dan perilaku terkait pertanian di pekarangan. Evaluasi hasil dan pembahasan menggarisbawahi pentingnya penyuluhan interaktif, adaptasi lokal, dan pemberdayaan masyarakat untuk mencapai tujuan optimalisasi pekarangan. Dalam konteks Tangerang, penyuluhan ini diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk menciptakan perubahan positif dalam pola hidup masyarakat, meningkatkan ketahanan pangan lokal, dan memperkuat keterlibatan keluarga dalam kegiatan pertanian di pekarangan mereka.

References

Boleu, F. I., Sudrajat, T. A., Keno, A., Samloy, V., & Saketa, J. (2021). Pemanfaatan Kebun Pekarangan untuk Pemenuhan Pangan Keluarga pada Masa Pandemi Covid-19. KAMBOTI: Jurnal Sosial Dan Humaniora, 1(2), 154–165.

Faisal, B., Dahlan, M. Z., Arifin, H. S., Nadhiroh, S. R., Wahyuni, T. S., & Irawan, S. N. R. (2022). Landscape Character Assessment of Pekarangan towards Healthy and Productive Urban Village in Bandung City, Indonesia. International Conference on Sustainable Environment, Agriculture and Tourism (ICOSEAT 2022), 778–784.

Harpenas, A., & Dermawan, R. (2010). Budi daya cabai unggul. PT Niaga Swadaya.

Saragih, J. P. (2017). Kelembagaan urusan pangan dari masa ke masa dan kebijakan ketahanan pangan. Jurnal Pangan, 26(1), 57–80.

Sinaga, R., Sumpena, U., Jayanti, H., Kirana, R., & Kusmana, K. (2015). Keragaan Beberapa Genotipe Caisim Pada Musim Kemarau Di Dataran Tinggi Berastagi, Sumatera Utara. Prosiding Seminar Nasional Pengembangan Teknologi Pertanian.

Downloads

Published

2023-12-27

How to Cite

Alfin, E. ., Haryanto, H., & Satya, R. R. D. (2023). PENYULUHAN OPTIMALISASI PEKARANGAN DENGAN BUDIDAYA SAYURAN DI TANGERANG . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12886–12890. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23472