MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI INTERGRATED DIGITAL MARKETING 2.0 PADA SENTRA BATIK SEMARANG 16

Authors

  • Bayu Setyo Nugroho Politeknik Negeri Semarang
  • Sugiyanta Sugiyanta Politeknik Negeri Semarang
  • Sri Marhaeni Politeknik Negeri Semarang
  • Eva Purnamasari Politeknik Negeri Semarang
  • Mellasanti Ayuwardani Politeknik Negeri Semarang
  • Maristia Cahya Safitri Politeknik Negeri Semarang
  • Sonea Valensita Sekarmelati Politeknik Negeri Semarang
  • Rahmad Setio Budi Politeknik Negeri Semarang
  • Firdaus Akmal Politeknik Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24184

Keywords:

Integrated Digital Marketing, E-commerce, Adsense, Social media Marketing.

Abstract

Batik menjadi salah satu kekayaan budaya Indonesia yang berwujud dan memiliki potensi yang baik untuk menjadi salah satu sumber penggerak pada sektor bidang perekonomian Indonesia. Batik tersebar luas jenisnya di seluruh wilayah Indonesia dan memiliki motif  yang beragam, hingga teradaptasi coraknya yang memiliki kekhasan tersendiri pada setiap daerah di Indonesia, seperti Batik Pekalongan, Batik Laweyan, Batik Cilacap, Batik Semarang dan  lain sebagainya. Contohnya seperti Batik Semarang 16  yang memiliki sejarah yang panjang untuk menghasilkan corak batik khas Semarang. Mitra “Batik Semarang 16” terletak di desa Sumberejo, Meteseh, Tembalang. Dampak dari covid-19 ternyata masih berpengaruh terhadap kondisi perekonomian. Terutama dampak yang dirasakan oleh  Batik Sem,arang 16, yaitu menurunnya Tingkat produksi yang mengakibatkan penurunan pendapatan mitra. Untuk itu pada fase pasca pandemi ini dapat menjadi fase pemulihan yang perlu digencarkan lagi untuk memulihkan penjualan. Kegiatan Pengabdian ini bertujuan untuk membantu pemulihan  penjualan Batik Semarang 16 sekaligus perluasan jangkauan pasar menggunakan integrated digital marketing yang kian popular di lingkugan Masyarakat. Berupa implementasi di bidang Integrated digital marketing v2 yaitu penerapan e-commerce (Shopee dan Tokopedia), penggunaan adsense social media. Pengabdian ini juga melakukan pendataan stok kesediaan produk di gudang melalui pendataan inventory berbagai kategori. Selain itu Pengabdian Masyarakat ini juga memberikan hibah peralatan menunjang operasional digital marketing mitra berupa Studio Foto. Melalui strategi pengembangan Integrated digital marketing dan promotion/adsense ini berhasill memperluas perluasan pemasaran mitra hingga dikenal di berbagai daerah.

References

Agus Hermawan. (2012). Komunikasi Pemasaran. Erlangga.

Amaliyah, E. D. E., & Nugroho, B. S. (2022). Improving Personal Financial Management through Financial Technology, Financial Capability, and Spiritual Intelligence as Intervening Variable. Admisi Dan Bisnis, 23(1), 57–70. https://doi.org/10.32497/ab.v23i1.3477

Andriatie, Noor Hastuti. 2020. “Pemanfaatan E-Commerce Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Bunga Hias Komunitas Lestari Cyclop di Jayapura”. The Community Engagement Journal, Vol 3 No 2, Juni 2020

Artaya, I Putu dan Tubagus Purwotusmiadi. 2019. “Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur”.

Dewi, A. S., Nugroho, B. S., & Jumi. (2023). Odoo’s Enterprise Resource Planning Implementation Fostering Export Sales Business Agility in SMES Naruna Ceramic. JOBS (Journal of Business Studies), 9(2), 151–162. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/jobs

Hakim, L. M. (2018). Batik Sebagai Warisan Budaya Bangsa dan Nation Brand Indonesia. Nation State: Journal of International Studies (NSJIS), 1(1), 60-89.

Hernikawati, D. (2021). Analisis Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Jumlah Kunjungan pada Situs E-Commerce di Indonesia Menggunakan Uji T Berpasangan. Jurnal Studi Komunikasi Dan Media, 25(2), 191-202.

Nugroho, B. S. (2021). Human Resource Performance Improvement Model Design (Case Studi in the Biggest Central Java Automotive Company). Admisi Dan Bisnis, 22(1), 47–60. https://doi.org/10.32497/ab.v22i1.2489

Nugroho, B. S., Ardiana, G. N., Ramadhani, G. N., Pandugo, K. I., Gintings, M. J. B., & Akbar, R. M. F. (2023). Reengineering Proses Bisnis UD. Multi Snack Menggunakan Enterprise Resource Planning Odoo. Bisman (Bisnis Dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 6(1), 190–203. https://doi.org/10.37112/bisman.v6i1.2494

Nugroho, B. S., Firdaus, A. S., Pamade, N. W., Varma, N. V., Amiyati, N. R., & Rohman, T. (2023). Business Process Reengineering of CV Dext Jaya Sentosa to Support the Supply Chain Management. Admisi Dan Bisnis, 24(1), 23–42. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/admisi

Nugroho, B. S., Lestari, D., Rahayu, E. P., Pertiwi, F. A. D., Izzatin, N., & Suryani, N. S. (2023). Penerapan Sistem Manufacturing, Inventory, dan Purchasing Berbasis Enterprise Resource Planning (ERP) Odoo. SOLUSI: Jurnal Ilmiah Bidang Ilmu Ekonomi, 21(2), 530–542.

Nugroho, B. S., Mafaza, A. P., Mohammad, Dzalfajri, M. A., Rizkiyanto, R., & Setianingrum, S. W. (2023). Implementation of Supply Chain Management Using ERP Odoo (Case Study of PT Mas Arya Indonesia). In IJEVSS (Vol. 02). https://doi.org/10.99075/ijevss.v2i02.261

Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022a). Penerapan Strategi Kaizen Production dan Integrated Digital Marketing Untuk Meningkatkan Produktivitas dan Penjualan Tanaman Hias. Surya Abdimas, 6(2), 361–370. https://doi.org/10.37729/abdimas.v6i2.1736

Nugroho, B. S., Purnamasari, E., Prahara, T., & Ayuwardani, M. (2022b). Penerapan Strategi Kaizen Production Untuk Meningkatkan Produktivitas Dan Kualitas Tanaman Hias. Prosiding Seminar Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat, 1277–1282.

Nugroho, B. S., Salsiyah, S. M., Purnamasari, E., Afandi, A., & Ramadhani, R. A. (2024). The Influence of Integrated Digital Marketing, Supply Chain Management, and Business Performance on the Sustainability of MSMEs. IJEBIR, 03(01), 17–30. https://e-journal.citakonsultindo.or.id/index.php/IJEBIR/article/view/615

Nugroho, B. S., Utami, H., Ayuwardani, M., & Adie Setyawan, N. (2022). Knowledge Sharing and Employee Performance: the mediating role of Organizational Learning. Admisi Dan Bisnis, 23(2), 155–164. https://doi.org/10.32497/ab.v23i2.3786

Pujotomo, D., Nugroho, S., & Sihombing, I. G. (2019). Analisis tingkat eko-efisiensi pada pewarna batik dengan menggunakan metode life cycle assessment (LCA) pada UKM batik Semarang 16. IENACO (Industrial Engineering National Conference) 7 2019.

Rizaldi, T., & Putranto, H. A. (2018). Penerapan digital marketing sebagai strategi marketing dan branding pada UMKM. Prosiding.

Saputra, E. ., Nugroho, B. S. ., Indrawati, R. T. ., Nugroho, W. I. ., Putri, F. T. ., & Rohmatika, R. A. . (2023). Peningkatan Produktivitas Gendar Jagung Sebagai Produk Unggulan Di Desa Candimulyo Wonosobo Melalui Perbaikan Manajemen Dan Modernisasi Sistem Produksi. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11118–11124. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20476

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206-217.

Siregar, Riki R. 2010. Strategi Meningkatkan Persaingan Bisnis Perusahaan dengan Penerapan E-commerce.http://blog.trisakti.ac.id/riki/2010/03/12/strategi-meningkatkan-persainganbisnis-perusahaan-dengan-penerapan-e-commerce/.

Siregar, A. P., Raya, A. B., Nugroho, A. D., Indana, F., Prasada, I. M. Y., Andiani, R., ... & Kinasih, A. T. (2020). Upaya pengembangan industri batik di Indonesia. Dinamika Kerajinan dan Batik, 37(1), 374833.

Soedewi, S., Swasty, W., Mustikawan, A., & Naufalina, F. E. (2021). Information Architecture pada Aplikasi E-Commerce:(Studi Komparasi Aplikasi Shopee dan Tokopedia). Jurnal Bahasa Rupa, 5(1), 22-34.

Sugiyanta, S., Nugroho, B. S., Marhaeni, S., Purnamasari, E., & Ayuwardani, M. (2023). Integrated Digital Marketing Sebagai Solusi Peningkatan Pendapatan Makanan Kecil Khas Daerah (MKKD) Sentra Industri Brem Wonogiri. Surya Abdimas, 7(1), 94–104. https://doi.org/10.37729/abdimas.v7i1.2438

Suroija, N., Asrori, M., & Nugroho, B. S. (2022). Strategi Pengembangan Ekowisata Dengan Model Pentahelix Pada Karang Jahe Beach Kab Rembang. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/article/view/3415

Suroija, N., Asrori, M., Nugroho, B. S., & Sulistiyani, E. (2022). Pentahelix Model For The Development Of Ecotourism Karang Ginger Beach Punjulharjo Village, Rembang Regency. International Journal of Education, Business and Economics Research (IJEBER), 2(6), 134–145. http://ijeber.com/#

Susanto, A., Sari, C. A., Moses, D. R. I., Rachmawanto, E. H., & Mulyono, I. U. W. (2020). Implementasi Facebook Marketplace untuk Produk UMKM sebagai Upaya Peningkatan Pemasaran dan Penjualan Online. Abdimasku : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 42. https://doi.org/10.33633/ja.v3i1.64

Wahyuni, Nuraida, Ade Irma Saeful Mutaqin, & Akbar Gunawan. 2019. “Pengenalan dan Pemanfaatan Marketplace E-Commerce Untuk Pelaku UKM Wilayah Cilegon”. Jurnal Pengabdian Dinamika, Vol 6, No 1, 2019.

Yulianto, I., Sidik, P. M., & Roesli, M. (2023). Manifestasi Slogan Global Home of Batik Sebagai Strategi Peningkatan Ekspor Batik Indonesia. Jurnal Perspektif Bea dan Cukai, 7(1), 101-130.

Downloads

Published

2024-04-15

How to Cite

Nugroho, B. S. ., Sugiyanta, S., Marhaeni, S. ., Purnamasari, E. ., Ayuwardani, M. ., Safitri, M. C. ., Sekarmelati, S. V. ., Budi, R. S. ., & Akmal, F. . (2024). MENCIPTAKAN KEUNGGULAN KOMPETITIF MELALUI INTERGRATED DIGITAL MARKETING 2.0 PADA SENTRA BATIK SEMARANG 16. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(2), 3617–3625. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i2.24184