AGENDA TOLERANSI MELALUI LITERASI & AKTIVITAS INKLUSI SOSIAL BERSAMA JEJARING KOMUNITAS KEPEMUDAAN DI MALANG RAYA

Authors

  • Wishnu Mahendra Wiswayana Universitas Brawijaya
  • Primadiana Yunita Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23455

Keywords:

Literasi, Aktivitas Inklusi Sosial, Pemuda

Abstract

Identitas nasional merupakan satu elemen penting dalam memastikan eksistensi sebuah negara. Termasuk juga pada Indonesia, dalam mengupayakan identitas nasional didapat dari pengalaman historis yang panjang sebagai sebuah bangsa. Hal tersebut merupakan mutlak dilakukan karena menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan masyarakat seharihari. Program pengabdian masyarakat ini selanjutnya melihat bahwa banyaknya ekspresi etnoreligius yang semakin mengemuka di tengah masyarakat merupakan salah satu ancaman bagi identitas nasional Indonesia. Ancaman tersebut perlu dilawan dengan menyebarkan narasi-narasi yang kembali merekatkan dan membangun kembali identitas nasional Indonesia. Narasi-narasi itu kemudian selanjutnya disebarluaskan dengan melakukan kerjasama antar komunitas dengan sasarannya pada pemuda di wilayah Malang Raya. Malang Raya dipilih selain kedekatan dengan Universitas Brawijaya, melainkan juga belakangan muncul banyak aktivitas radikalisme dan terorisme yang juga menyasar pemuda. Oleh sebab itu melalui program pengabdian ini diharapkan dapat menjadi instrumen literasi dan inklusi sosial untuk melakukan penguatan identitas nasional dengan lebih spesifik di tingkat yang strategis, yakni pada pemuda.

References

Arief, Ruslan., Prakoso, Lukman Yudho., & Helda, Risman. (2021) Understanding National Identity to Create Love and Being a Part of the Indonesian Nation. JIP: Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.1, No.11, April 2021.

Dja'far, A., Tagwa, L., & Kholishoh, S. (2017). Intoleransi dan Radikalisme di Kalangan Perempuan, Riset Lima Wilayah: Bogor, Depok, Solo Raya, Malang dan Sumenep. Jakarta: Wahid Foundation.

Portal Informasi Indonesia. (2019, September 30). Budaya, indonesia.go.id. Retrieved from Portal Informasi Indonesia: https://www.indonesia.go.id/ragam/budaya/sosial/merumuskan-kembali-keindonesiaan

Supratiknya, Augustinus. (2021) National Identity in the Indonesian Youth. ANIMA Indonesia Psychological Journal, Vol.36, No.2, 231.273.

Downloads

Published

2024-01-29

How to Cite

Wiswayana, W. M., & Yunita, P. (2024). AGENDA TOLERANSI MELALUI LITERASI & AKTIVITAS INKLUSI SOSIAL BERSAMA JEJARING KOMUNITAS KEPEMUDAAN DI MALANG RAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 1227–1232. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23455