PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PRODUK UMKM LOKAL DI DESA BANYUURIP KARANGBINANGUN

Authors

  • Tiara Widyaiswara Universitas Islam Lamongan
  • Mukhtarul Anam Universitas Islam Lamongan
  • Riryn Fatmawati Universitas Islam Lamongan
  • Fita Faridah Universitas Islam Lamongan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23643

Keywords:

Media Sosial, E-commerce, UMKM, Desa Banyuurip, Penjualan Produk

Abstract

Desa Banyuurip merupakan daerah pedesaan yang memilik UMKM Desa yang cukup bervariatif dan berPemanfaatan signifikan. Pengabdian ini bertujuan untuk mengkaji manfaat yang dimainkan media sosial dan E-commerce dalam meningkatkan penjualan produk menengah dan kecil UMKM didesa Banyuurip. Kajian ini menggunakan metode pendekatan kontektual dan pelatihan dalam rangka mencapai tujuan belajar dengan cara pendampingan dan pelatihan usaha secara langsung berupa penyampaian materi terlebih dahulu dan dilanjutkan pelaku UMKM mengunggah produk-produk yang dihasilkan oleh para UMKM di Desa Banyuurip. Hasil pengabdian ini adalah adanya pemahaman mitra tentang pemasaran melalui social media diantaranya; mampu membuat toko pada salah satu marketplace dan mempromosikannya melalui social media milik pribadi masing-masing.

References

Anorga, P. (2017). Pengantar Bisnis. Rineka Cipta.

Faridah, F., & Wulandari, Z. W. (2020). Pendampingan Pemasaran Industri Lokal Melalui Penggunaan Marketplace untuk Meningkatkan Hasil Produksi di Masa Pandemi Covid-19 Desa Sidomukti Lamongan. Engagement: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 509–523. https://doi.org/10.29062/engagement.v4i2.316

Fatmawaty, R., Widyaiswara, T., & ... (2022). Peningkatan Minat Baca Melalui Revalitasi Perpustakaan Sekolah Di Sd Dan Mi Di Tiwet Kalitengah Lamongan. Abdimas …, 5(2), 283–289. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/8754

Haeruddin, N., Wahida, A., & Maming, R. (2023). Pemanfaatan Media Sosial dan E-Commerce bagi UMKM dalam Meningkatkan Volume Penjualan. Jesya, 6(1), 625–637. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.962

Hidayati, D. (2018). Pelatihan Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Produk UKM Di Kampung Wisata Bisnis Tegalwaru Bogor. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 15-20.

Mulyana, N. & I. (2018). . Pelatihan Wirausaha Bagi Pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Di Desa Sakerta Barat Dan Sakerta Timur Kecamatan Darma Kabupaten Kuningan. Jurnal Penelitian & PPM, 5(1), 1–110.

Prasetya Yoga Adhitya, D. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Dalam Upaya Meningkatkan Penjualan Produk UMKM Desa Boja. Jurnal Budimas, 03(01), 102–108.

Sukirman & Mamik Indaryani. (2014). Strategi Pemberdayaan Usaha Kecil menuju Kemandirian usaha dengan Menerapkan Manajemen Profesional. Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Muria Kudus.

Sutrasmawati, E. (2008). Pengaruh Kompetisi Produk Dalam Meningkatkan Kinerja Pemasaran Melalui Keunggulan Bersaing. Jurnal Bisnis Dan Ekonomi (JBE)., 15(02).

Trulline, P. (2021). Pemasaran produk UMKM melalui media sosial dan e-commerce. Jurnal Manajemen Komunikasi, 5(2), 259. https://doi.org/10.24198/jmk.v5i2.32746

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh Orientasi Pasar, Inovasi, dan Kreativitas Strategi Pemasaran terhadap Kinerja Pemasaran pada UKM Kerajinan Rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 3(2), 77–87.

Widarti, D. T. (2011). Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk terhadap Kinerja Pemasaran (Studi Kasus Pada Sentra Industri Pembuatan Tahu Kecamatan Stagen Kabupaten Sragen. Universitas Negeri Semarang.

Widyaiswara, T., Setyaningrum, R. R., Anam, M., Faridah, F., Fatmawati, R., & Luthfiyati, D. (2023). Dedication: Jurnal Pengabdian Masyarakat Pengembangan Kemampuan Menulis Kreatif Fiksi Berwawasan Lingkungan bagi Remaja di Desa Deket Kulon Lamongan. Jurnal Dedication, 7(1), 53–58. https://doi.org/10.31537/dedication.v7i1.1025

Winarti, C. (2021). Pemanfaatan Sosial Media oleh UMKM Dalam Memasarkan Produk di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Bisnis Seri Ke-4, 1(1), 195–206. https://pascasarjanafe.untan.ac.id/wp-content/uploads/2022/09/19.pdf

Downloads

Published

2024-01-19

How to Cite

Widyaiswara, T., Anam, M. ., Fatmawati, R. ., & Faridah, F. . (2024). PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL DAN E-COMMERCE DALAM PENINGKATAN PRODUK UMKM LOKAL DI DESA BANYUURIP KARANGBINANGUN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 678–681. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.23643

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.