PEMBENTUKAN PARADIGMA SOSIAL MENGENAI VAKSIN COVID SESUAI TUNTUNAN ISLAM DI PP. AL-FITRAH AS-SALAFIYAH SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.23460Keywords:
Vaksin, COVID-19, Santri, Paradigma SosialAbstract
Vaksinasi COVID-19 telah menjadi senjata utama dalam menekan penyebaran dan perburukan gejala COVID-19. Santri menjadi salah satu target peserta vaksin COVID-19 dengan berbagai manfaat yang menguntungkan, sayangnya belum banyak informasi manfaat vaksin pada kelompok remaja yang didapatkan oleh para santri di pondok pesantren. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah membentuk paradigma sosial mengenai vaksin COVID-19 sesuai tuntunan Agama Islam di PP. Alfitrah Assalafiyah. Pengabdian masyarakat ini menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Mitra PKM adalah 40 santri dan santriwati PP. PP. Alfitrah Assalafiyah Surabaya. Kegiatan dilakukan menggunakan pendekatan ceramah, diskusi dan tanya jawab. Hasil pengabdian masyarakat diketahui bahwa santri lebih mudah memahami manfaat vaksin dengan pendekatan tuntunan ajaran agama islam. Sebanyak 40 santri hadir tepat waktu dan aktif dalam bertanya sekaligus diskusi. Tiga santri diberikan penghargaan yang dinilai berdasarkan keaktifan dan hasil tanya jawab. Kesimpulan yang didapatkan adalah santri perlu diberikan pemahaman lebih menganai vaksin COVID-19 agar dapat meningkatkan antusias dalam mencegah penyebaran dan perburukan gejala COVID-19. Santri juga lebih mudah memahami pentingnya vaksin dengan contoh-contoh yang diberikan sesuai ajaran baginda Rasulullah SAW. Kedepannya perlu dilakukan penyuluhan secara massif pentingnya vaksin terutama pada mitra pondok pesantren untuk meningkatkan pemahaman vaksin pada santri.References
Achadi, & Anhari Puspasari. (2021). Pendekatan Health Belief Model Untuk Menganalisis Penerimaan Vaksinasi Covid-19 Di Indonesia. Syntax Literate: Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(8).
Azizeh, S. N. (2021). Metode Kisah dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Bercerita pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Ibtidaiyah. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 7(1), 88–114. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v7i1.4237
Cortés, J., Aguiar, P. M. V., & Ferrinho, P. (2023). COVID-19-related adolescent mortality and morbidity in nineteen European countries. European Journal of Pediatrics, 1, 1–9. https://doi.org/10.1007/S00431-023-05068-Z/TABLES/5
Febriyanti, N., Febriyanti, N., Choliq, M. I., & Mukti, A. W. (2021). Hubungan Tingkat Pengetahuan dan Kesediaan Vaksinasi Covid-19 pada Warga Kelurahan Dukuh Menanggal Kota Surabaya. SNHRP, 3, 36–42. https://doi.org/10.30598/MOLMED.2020.V13.I2.52
Fransiska Feby, W. (2021). Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Perilaku Dalam Kesediaan Menerima Vaksinasi Covid-19 Pada Remaja (Kurang Dari 18 Tahun) Di Desa Sungai Raya, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Prov Kalbar 2021. Jurnal_Kebidanan, 11(2), 662–672. https://doi.org/10.33486/jurnal_kebidanan.v11i2.154
Kemenkes. (2020). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian Coronavirus disease (Vol. 3).
Kemenkes. (2023). Dashboard COVID-19 di Indonesia. Infeksi Emerging.
Kemenkes RI. (2023). Vaksinasi COVID-19 Nasional. https://vaksin.kemkes.go.id/#/vaccines
Latifah, D., Sulistia, D., Sajiwo, B., & lestari br Ginting, A. (2023). Penerapan Metode Ceramah dan Tanya Jawab pada Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam Memahami Tujuan dan Fungsi Al-Qur’an. Jurnal Generasi Tarbiyah: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 30–39.
Nata, A. (2001). Filsafat Pendidikan Islam. Logos Wacana Ilmu. https://doi.org/10.24252/ip.v6i2.5231
Rasmussen, A. L. (2020). Vaccination Is the Only Acceptable Path to Herd Immunity. Med, 1(1), 21–23. https://doi.org/10.1016/J.MEDJ.2020.12.004
Said, I. (Irwanti). (2013). Paradigma Sosial dalam Masyarakat. Jurnal Berita Sosial, 1(1), 35–39. https://www.neliti.com/id/publications/244313/
Susetiyany Ichsan, D., Hafid, F., Ramadhan, K., Pengawas Obat dan Makanan Kota Palu, B., & Kemenkes Palu, P. (2021). Determinan Kesediaan Masyarakat menerima Vaksinasi Covid-19 di Sulawesi Tengah. Poltekita?: Jurnal Ilmu Kesehatan, 15(1), 1–11. https://doi.org/10.33860/JIK.V15I1.430
Vasilopoulos, A., Pantelidaki, N. A., Tzoura, A., Papadopoulou, D., Stilliani, K., Paralikas, T., Kortianou, E., & Mastrogiannis, D. (2022). Factors underlying denial of and disbelief in COVID-19. Jornal Brasileiro de Pneumologia, 48(5). https://doi.org/10.36416/1806-3756/E20220228
WHO. (2022). WHO Interim statement on COVID-19 vaccination for children. https://www.who.int/news/item/11-08-2022-interim-statement-on-covid-19-vaccination-for-children
WHO. (2023). WHO COVID-19 Dashboard: Situation by Region, Country, Territory & Area. https://covid19.who.int/table
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Danny Irawan
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.