PELATIHAN KADER DALAM TEKNIK PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA SEMARANG

Authors

  • Martini Martini Universitas Diponegoro
  • Mateus Sakundarno Adi Universitas DIponegoro
  • Ari Udiyono Universitas Diponegoro
  • Nissa Kusariana Universitas Diponegoro
  • Muhammad Fauzi Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22752

Keywords:

Demam Berdarah Dengue; Kader; Pelatihan

Abstract

DBD di Kota Semarang merupakan masalah kesehatan di daerah yang endemis, salah satunya adalah Kecamatan Semarang Utara. Berbagai metode pengendalian DBD telah dikembangkan, namun umumnya masih kurang optimal. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengendalian vektor DBD kepada kelompok masyarakat dan kader di Kecamatan Semarang Utara. Tahapan pelatihan yang dilakukan yaitu memberikan pelatihan kepada komunitas melalui pertemuan rutin sebagai upaya mengimplementasikan pengendalian DBD, mengenalkan teknik pengendalian vektor DBD, mengenalkan program jumantik,  melakukan aksi bersama pengendalian vektor DBD di lingkungannya dan membangun komitmen untuk melaksanakan PSN rutin. Peserta kegiatan ini berjumlah 40 orang yaitu 20 masyarakat dan 20 kader. Dari hasil uji paired samples t test pada kelompok masyarakat, didapatkan rata-rata skor sebelum pelatihan sebesar 72,50 dan setelah pelatihan sebesar 79,00 dengan nilai p < 0,039 (p < ?). Sedangkan hasil uji paired samples t test pada kelompok kader, diperoleh rata-rata skor sebelum pelatihan sebesar 67,50 dan setelah pelatihan sebesar 75,00 dengan nilai p < 0,040 (p < ?). Hal itu menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara pengetahuan kader dan masyarakat sebelum dan sesudah dilaksanakannya pelatihan. Kegiatan ini dinilai berhasil berdasarkan peningkatan pengetahuan masyarakat dan kader  mengenai pencegahan DBD dan pengendalian vektor. Selain itu, banyaknya peserta yang hadir, antusiasme, dan tanggapan positif yang ditunjukkan peserta juga mendukung keberhasilan kegiatan. Diharapkan dengan peningkatan pemahaman ini akan terbentuk sikap dan praktik pengendalian DBD oleh masyarakat.

References

Dinas Kesehatan Kota Semarang. (2018). Profil Kesehatan Kota Semarang 2017. Semarang : Dinas Kesehatan Kota Semarang.

Ernawati, K., Yusnita, & Dewi, C. (2018). Peningkatan Pengetahuan Tentang Program Demam Berdarah Komunitas pada Ibu Rumah Tangga: Hasil dari Satu-Hari Penyuluhan Kerja Sama antara Perguruan Tinggi dan Masyarakat di Jakarta Pusat. BKM Journal of Community Medicine and Public Health, 34(5), 211-215.

Mau, F., Ira I.P., & Sopi, B. (2014). Demam Berdarah Dengue Dan Transmisi Transovarial Virus Dengue Pada Aedes spp. Jurnal Penyakit Bersumber Binatang, 2(1), 1-7.

Priesley, F., Reza, M., & Rusjdi, S. R. (2018). Hubungan Perilaku Pemberantasan Sarang Nyamuk dengan Menutup, Menguras dan Mendaur Ulang Plus (PSN M Plus) terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kelurahan Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(1).

Pujiyanti, A. & Trapsilowati, W. (2016). Pelatihan Kader dalam Pengelolaan Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Kota Semarang. Vektora, 8(2), 91 – 98.

Putri, T.A. (2018). Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik, Praktik Keluarga dan Individu Terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang Barat. Skripsi : Universitas Diponegoro.

Sucipto, P. T., Raharjo, M., & Nurjazuli. (2015). Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) Dan Jenis Serotipe Virus Dengue Di Kabupaten Semarang. Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 14(2), 51-60.

Sukendra, D. M., Indrawati F., &Hermawati B. (2017). Perbedaan Pengetahuan Ibu terkait Demam Berdarah Dengue dan Praktik Pencegahan dengan Suna Trap. HIGEIA : Journal of Public Helath Research and Development, 1(4), 143-153.

Trapsilowati, W., Mardihusodo, S. J., Prabandari, Y. S., & Mardikanto, T. (2015). Pengembangan Metode Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Developing Community Empowerment for Dengue Hemorrhagic Fever Vector Control in Semarang City, Central Java Province). Vektora, 7(1), 15-22.

Downloads

Published

2023-12-26

How to Cite

Martini, M., Adi, M. S., Udiyono, A., Kusariana, N., & Fauzi, M. (2023). PELATIHAN KADER DALAM TEKNIK PENGENDALIAN VEKTOR DEMAM BERDARAH DENGUE DI KOTA SEMARANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12772–12776. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22752

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.