PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SENTRA IKM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Authors

  • Theresia Mentari Universitas Palangka Raya
  • Kharisma Nugraha Putra Universitas Palangka Raya
  • Verra Rizki Amelia Universitas Palangka Raya
  • Dhina Sri Widyaningsih Universitas Palangka Raya
  • Ryant Nicolas Hasiholan Y Universitas Palangka Raya
  • Nathalie Angelica Setiawan Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22946

Keywords:

IKM, Akuntansi, Laporan Keuangan, Revolusi Industri

Abstract

IKM tidak terlepas dari pemasalahan seperti tidak tersedianya informasi akuntansi, sehingga berdampak pada keberlangsungan usaha yang dijalankannya. Tujuan dari diselenggarakannya pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan dalam penyusunan dan pelaporan keuangan IKM di Kota Palangka Raya adalah untuk membantu para pelaku IKM di Kota Palangka Raya untuk menyusun dan membuat laporan keuangan pada usaha yang telah dijalankanya. Pengabdian pada Masyarakat dilaksanakan di Huma Kalawa Betang Cafe Temanggung Tilung Kota Palangka Raya pada hari Sabtu 16 September 2023 dengan 20 peserta pelaku IKM di Kota Palangka Raya. Peserta pelatihan termotivasi untuk menjalankan praktik akuntansi sehingga tersedianya informasi akuntansi berupa laporan keuangan yang bisa digunakan bagi pelaku usaha sendiri dalam pengambilan keputusan usahanya ataupun pihak eksternal dalam pemberian modal maupun kredit kepada pelaku UMKM di Kota Palangka Raya. Dengan demikian IKM kota Palangka Raya siap dalam menghadapi revolusi Industri 4.0.

References

Wibowo, A. (2015). Pengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil MenengaPengaruh Penggunaan Informasi Akuntansi Terhadap Keberhasilan Usaha Kecil Menengah (Studi Pada Sentra Konveksi Di Kecamatan Tingkir Kota Salatiga). Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, XVIII(2), 107–126.

Desi., Miar., Rizani, A. (2023). Analisis Penyerapan Tenaga Kerja Pada Industri Kecil di Kota Palangka Raya (Studi Kasus di Kecamatan Pahandut, Jekan Raya dan Sebangau). JEMBA : Jurnal Ekonomi Pembangunan, Manajemen dan Bisnis, AKuntansi, Vol. 3 No. 1, 14-23.

Mahendra, A P., Benius., Sabirin. Strategi Pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kota Palangka Raya Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Journal Magister Ilmu Ekonomi Universtas Palangka Raya: GROWTH, 8(1), 68-77.

Mastura, M., Sumarni, M., & Eliza, Z. (2019). Peranan Infomasi Akuntansi terhadap Keberhasilan UMKM di Kota Langsa. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam, 4(1), 20–33.

Laksamana, R., & Giovanni, J. (2019). Persepsi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Terhadap Transportasi Online di Wilayah Kalimantan Barat. Jurnal Manajemen Motivasi, 15(2), 48-54.

Sumber Referensi dari Buku:

Irsan, Azhari Saleh. 1986. Industri Kecil, Sebuah Tijauan Perbandingan. Jakarta: LP3ES.

Badan Pusat Statistik. 2021. Usaha Mikro Kecil Kota Palangka Raya.

Downloads

Published

2023-12-25

How to Cite

Mentari, T. ., Putra, K. N. ., Amelia, V. R. ., Widyaningsih, D. S. ., Y, R. N. H. ., & Setiawan, N. A. . (2023). PELATIHAN PENYUSUNAN LAPORAN KEUANGAN PADA SENTRA IKM MENGHADAPI REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12665–12671. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22946