TAJWEED SCIENCE DEVELOPMENT FOR THE STUDENTS AT FKIP UNSRI INDRALAYA

Authors

  • Abdul Gafur Universitas Sriwijaya
  • Nurhasan Nurhasan Universitas Sriwijaya
  • Endang Switri Universitas Sriwijaya
  • Apriyanti Apriyanti Universitas Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22239

Keywords:

Al-Qur’an, Ilmu Tajweed, Mad.

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Kegiatan yang dilakukan adalah pembinaan tentang ilmu Tajweed di antaranya hukum bacaan Mad. Hal ini dilakukan karena masih adanya mahasiswa yang belum memahami dan menerapkan bacaan Mad ketika membaca al qur’an dan hal ini sangat penting dilakukan. Karena ketika kita membaca al-qur’an dengan salah maka akan berdosa. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan informasi pengetahuan kepada mahasiswa mahasiswi  yang ada di FKIP Unsri indralaya bagaimana cara membaca al-Qur’an dengan baik dan benar menurut ilmu Tajweed seperti hukum bacaan Mad. Metode yang di gunakan dengan ceramah, praktek dan simulasi mencari contoh yang ada dalam al-Qur’an. Hasil dari kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mereka khususnya kepada mereka yang belum sama sekali pernah belajar hukum bacaan ilmu tajweed serta bagi mereka yang pernah belajar untuk mengingatkan kembali pelajaran mereka. Hal ini bisa dilihat dari nilai rata rata sebelum kegiatan yakni 50 dan rata rata nilai sesudah kegiatan 70. Dan kegiatan ini perlu tindak lanjutan mengingat begitu pentingnya belajar al-qur’an beserta tajweednya.

References

Addani. (2000). At Tahdid Fil Itqan wa at Tajweed. Dar "ammar.

Al-Qaythan, M. K. (1998). Mabahist Fi Ulumil Qur’an Terjemah. PT. Pustaka Litera Antar Nusa.

Anggriani Rambe, Arfa, dkk. (2021). Program pengenalan ilmu tajweed melaui media pembelajaran pohon ilmu. Maslahah Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2).

Arifin, A., & Habibbulloh, M. (2019). Efektivitas model pembelajaran kooperatif stad menggunakan alat peraga alquran untuk meningkatkan penguasaan tajweed. Pendidikan Agama Islam, 16(2), 189–202.

Ashadiqi, M. H., Erlansari, A., & Farady, F. (2020). Tajweed berbasis android. Jurnal Rekursif, 8(1).

Defi Habibi . Muhammad. (2018). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran melalui metode Qiroati. JIE, 3(2). DOI: https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.97

Hakim, R. (2015). Pembentukan karakter peserta didik melalui pendidikan berbasis al-quran. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(2), 123–136. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i2.2788.

Hashim, A., Saili, J., & Noh, M. A. C. (2015). The Relationship between Pedagogical Content Knowledge and al-Quran Tajweed Performance among Students KKQ in Malaysia. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 197(February), 1530–1537. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.106

Kasmira, Jariyah, A., & Tasman, M. R. (2015). Peningkatan kemampuan membaca alquran melalui metode tajweed card pada santri tk/tpa nurul iman jalan rappokalling kelurahan tammua kec. Tallo. Pena, 2(2), 329–338.

Khairul, K., & Haramain, M. (2018). Aplikasi Digital Risalah Ilmu Tajweed dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Alquran. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 11(2), 145–157. https://doi.org/10.35905/kur.v11i2.726

Kurnedi; Abu Ya’la. (2013). Tajweed Lengkap Asy-Syafi’i. Pustaka Imam Asy-0Syafi’i.

Maarif, V., Nur, M. H., & Rahayu, W. (2018). Aplikasi pembelajaran ilmu tajweed berbasis android. Evolusi, 6(1).

Mulia, H. (2017). Aplikasi media pembelajaran ilmu tajweed dalam mengucapkan makharijul huruf hijayah. Kepemimpinan Dan Kepengurusan Sekolah, 2(1), 1–6.

Musbah J. Aqel, N. M. Z. (2015). Tajweed: An Expert System for Holy Qur’an Recitation Proficiency. International Conference on Communication, Management and Information Technology (ICCMIT 2015) Procedia Computer Science 65, 807 – 812.

Mustiawani, V. (2018). Kepotajweed: aflikasi pembelajaran ilmu tajweed berbasis web interaktif. Indoesian Journal of Applied Informatics (IJAI), 2(2).

Nawawi, R. S. (2011). Kepribadian Qur’ani. Amzah.

Nisda. Syofrina. (2018). Pelatihan baca tulis al-quran terhadap santri madrasah diniyah takmiliyah awaliyah amanah di jorong simpang ampe nagari lingkuang aua. Jurnal Dinamisia?: Jurnal PPM.

Nurhasan, G. A. I. A. (2011). Buku Ajar Pendidikan Agama Islam. Universitas Sriwijaya.

Saprina, S. M. I. (2020). Ability to read quran and understanding of tajweed for sriwijaya university students. CONCIENCIA: Journal Islamic Education, 20(2), 77–84. http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/conciencia.

Shihab, M. Q. (2009). Membumikan Al-Qur’an. Mizan Pustaka.

Sudarjo, A., Mariana, A. R., & Nurhidayat, W. (2015). Aplikasi pembelajaran ilmi tajweed, waqaf dan makharijul huruf berbasis android. Jurnal Sisfotek Global, 5(2), 54–60.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Gafur, A. ., Nurhasan, N., Switri, E. ., & Apriyanti, A. (2023). TAJWEED SCIENCE DEVELOPMENT FOR THE STUDENTS AT FKIP UNSRI INDRALAYA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11282–11289. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22239