EXTRAMURAL ENGLISH SEBAGAI REALITAS BARU DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22930Keywords:
Extramural English, Kegiatan Extramural English, Pembelajaran Bahasa Inggris.Abstract
Extramural English (EE) merupakan kegiatan bahasa Inggris yang diadakan di luar kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pembelajar bahasa Inggris untuk meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggrisnya; Oleh karena itu, para dosen menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat, seperti Seminar Extramural English bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP). Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2023 dan dibagi menjadi tiga seris. Tiga orang dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris diundang sebagai pembicara. Pembicara pertama membawakan topik “Pengantar EE”. Istilah EE, tujuan EE, dan beberapa kegiatan EE disampaikan kepada siswa. Sedangkan pembicara kedua membawakan topik “Extramural English: a New Reality in English Language Teaching”. Pembicara menjelaskan EE sebagai realitas baru dalam Pengajaran Bahasa Inggris, implementasi EE di Indonesia, dan alasan munculnya EE di Indonesia khususnya dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Kemudian pemateri ketiga memperkenalkan beberapa permainan yang digunakan sebagai kegiatan EE. Pembicara fokus pada game digital, seperti; video game, game komputer, game mobile, atau platform game. Mastermime, misalnya, didemonstrasikan langsung oleh pemateri. Para dosen berharap dengan terlaksananya program ini dapat membantu mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris memperoleh pengetahuan baru tentang Extramural English dan dapat membantu mereka untuk menjadi pembelajar bahasa Inggris yang aktif dan mandiri.References
Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207
Artini, L. P. (2013). Penggunaan English As Medium of Instructions (Emi) Dan Konsekuensinya Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 166–178. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1312
Chen, Y. P., Lee, H. F., & Wong, T. T. (2016). Epileptic seizure in primary intracranial sarcoma: a case report and literature review. Child’s Nervous System, 32(9), 1709–1714. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3
Hasanah. (2022). Metode Tanya Jawab Dalam Belajar Dan Pembelajaran. 1–5.
Juriana, J. (2018). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773
L1, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.
Rahayu, D., Wibawa Hari Saptanto., & Mitasari, W. (2021). English Camp, Membangun Kepercayaan Diri Anak-anak dalam Berbahasa Inggris. Prosiding, 6, 210–214.
Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hannisa Haris, Vitri Angraini Hardi, Lusi Marleni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.