EXTRAMURAL ENGLISH SEBAGAI REALITAS BARU DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS

Authors

  • Hannisa Haris Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Vitri Angraini Hardi Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai
  • Lusi Marleni Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22930

Keywords:

Extramural English, Kegiatan Extramural English, Pembelajaran Bahasa Inggris.

Abstract

Extramural English (EE) merupakan kegiatan bahasa Inggris yang diadakan di luar kelas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi pembelajar bahasa Inggris untuk meningkatkan Keterampilan Bahasa Inggrisnya; Oleh karena itu, para dosen menyelenggarakan program pengabdian kepada masyarakat, seperti Seminar Extramural English bagi mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai (UP). Seminar ini dilaksanakan pada tanggal 13 Juni 2023 dan dibagi menjadi tiga seris. Tiga orang dosen program studi Pendidikan Bahasa Inggris diundang sebagai pembicara. Pembicara pertama membawakan topik “Pengantar EE”. Istilah EE, tujuan EE, dan beberapa kegiatan EE disampaikan kepada siswa. Sedangkan pembicara kedua membawakan topik “Extramural English: a New Reality in English Language Teaching”. Pembicara menjelaskan EE sebagai realitas baru dalam Pengajaran Bahasa Inggris, implementasi EE di Indonesia, dan alasan munculnya EE di Indonesia khususnya dalam Pengajaran Bahasa Inggris. Kemudian pemateri ketiga memperkenalkan beberapa permainan yang digunakan sebagai kegiatan EE. Pembicara fokus pada game digital, seperti; video game, game komputer, game mobile, atau platform game. Mastermime, misalnya, didemonstrasikan langsung oleh pemateri. Para dosen berharap dengan terlaksananya program ini dapat membantu mahasiswa Jurusan Bahasa Inggris memperoleh pengetahuan baru tentang Extramural English dan dapat membantu mereka untuk menjadi pembelajar bahasa Inggris yang aktif dan mandiri.

References

Alfarisy, F. (2021). Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia dengan Kompetensi Antarbudaya. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 303–313. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207

Artini, L. P. (2013). Penggunaan English As Medium of Instructions (Emi) Dan Konsekuensinya Terhadap Proses Pembelajaran Ditinjau Dari Persepsi Siswa. Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 2(1), 166–178. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v2i1.1312

Chen, Y. P., Lee, H. F., & Wong, T. T. (2016). Epileptic seizure in primary intracranial sarcoma: a case report and literature review. Child’s Nervous System, 32(9), 1709–1714. https://doi.org/10.1007/s00381-016-3174-3

Hasanah. (2022). Metode Tanya Jawab Dalam Belajar Dan Pembelajaran. 1–5.

Juriana, J. (2018). Pentingnya Penggunaan Bahasa Inggris dalam Komunikasi Dakwah pada Era Global. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 8(2), 241–258. https://doi.org/10.32923/maw.v8i2.773

L1, I. (2019). EVALUASI DALAM PROSES PEMBELAJARAN Idrus L 1. Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran, 2, 920–935.

Rahayu, D., Wibawa Hari Saptanto., & Mitasari, W. (2021). English Camp, Membangun Kepercayaan Diri Anak-anak dalam Berbahasa Inggris. Prosiding, 6, 210–214.

Sulandari. (2020). Analisis Terhadap Metoda Pembelajaran Klasikal dan Metoda Pembelajaran E-Learning di Lingkungan Badiklat Kemhan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(2), 176–187. https://doi.org/10.36418/japendi.v1i2.16

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Haris, H., Hardi, V. A. ., & Marleni, L. . (2023). EXTRAMURAL ENGLISH SEBAGAI REALITAS BARU DALAM PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13437–13440. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22930

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.