SOSIALISASI GERAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI HUTAN KANAL KECAMATAN MEDAN JOHOR

Authors

  • Hermansyah Hermansyah Universitas Medan Area
  • Moranain Mungkin Universitas Medan Area
  • Habib Satria Universitas Medan Area
  • Muhammad Fadlan Siregar Universitas Medan Area
  • Mega Puspita Sari Universitas Medan Area
  • Indri Dayana Universitas Medan Area

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22223

Keywords:

Sosialisasi, Gerakan Pelestarian Lingkungan Hidup, Tong Sampah, Desain Mushola

Abstract

Gerakan pelestarian lingkungan di hutan kanal Kecamatan Medan Johor yang dalam beberapa hari lalu dilakukan oleh Dosen Fakultas Teknik Universitas Medan Area. Pelestarian lingkungan saat ini telah berkembang dan menjalar di Indonesia sebagai upaya penyelamatan lingkungan. Mengingat pesatnya penduduk dan masih rendahnya kesadaran untuk menjaga lingkungan sehingga menimbulkan berbagai permasalahan lingkungan. Untuk memperbaiki kualitas lingkungan hidup maka perlu diadakan beberapa upaya pelestarian lingkungan hidup bekerjasama antara Fakultas Teknik Universitas Medan Area dalam hal ini diwakili Dosen dan mahasiswa bersama masyarakat setempat. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu menangani permasalahan lingkungan yang terjadi, memberikan motivasi dan contoh nyata melalui upaya pelestarian lingkungan yang diterapkkan di lingkungan hutan kanal agar mahasiswa memiliki kepekaan, rasa cinta dan perasaan memiliki untuk bersama mengelola serta menjaga kelestarian lingkungan disekitanya. Kegiatan pelestarian lingkungan ini menggunakan metode deskriptif, melalui suatu tindakan nyata dalam upaya pelestarian seperti penanaman bibit pohon, pengadaan tempat sampah dan kerja bakti pembersihan lingkungan di hutan kanal. Kesimpulannya bahwa kegiatan ini dapat terselenggara secara baik dan lancar, hal ini tidak terlepas dari partisipasi dan dukungan berbagai pihak didalamnya. Tidak hanya itu, upaya pelestarian lingkungan hidup yang dilakukan pada lingkungan hutan kanal memberikan manfaat bagi mahasiswa maupun para dosen dan masyarakat setempat. Selain lingkungan hutan kanal menjadi bersih dan sehat, mereka termotivasi untuk melestarikan lingkungan hidup sekalipun dengan hanya menanam pepohonan, membuang sampah pada tempatnya serta gotong royong membersihkan lingkungan disekitarnya.

References

Manan, Abdul. “Pencemaran dan Perusakan Lingkungan dalam Perspektif Hukum Islam”, Jurnal Hukum dan Peradilan, Vol. IV, No. 2, (Juli 2015).

Litera Antarnusa, 2002. Wasito, Nurdin, Indah Nugrahaningsih. Pendidikan Budi Pekerti. PT. Griya Widya Pustaka, 2010.

Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2009.

UU Sisdiknas. Undang-Undang No.20 Tahun 2003 H.6Sunardi, Andri Bob. Boyman Ragam Latih Pramuka. Bandung: Darma Utama, 2016.

M. Mangunjaya Fachruddin. Konservasi Alam dalam Islam. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia. 2005.

Zulaikha, Siti. “Pelestarian Lingkungan Hidup Perspektif Hukum Islam dan Undang-Undang”, Akademika, Vol. XIX, No. 02, (2014): 244.

Sumantri, Arif. Kesehatan Lingkungan. Jakarta: kencana, 2010.Niam, Ulin. “Pelestarian Lingkungan dalam Perspeltif Sunnah”, Jurnal At-Taqaddum, Vol. VI, No. 2, (2014): 419-424. Muhajir. Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Serang: Laksita Indonesia, 2016.

Sunaryo. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC, 2004

Ahmad Taufiq. 2014. Upaya Pemeliharaan Lingkungan Oleh Masyarakat Di Kampung Sukadaya Kabupaten Subang. Jurnal Gea, 14(2).

Bambang Sugianto. 2014. Program Kerja Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan Tahun Pelajaran 2014/2015. Mojokerto: SMKN 1 Mojokerto.

Kelompok 28. 2020. Laporan Pelaksanaan Kegiatan Kuliah Kerja Nyata. Universitas Muhammadiyah, Purworejo.

Khairuddin., Yamin, M., Syukur, A., Kusmiyati. 2019. Penyuluhan Tentang Upaya Pelestarian Lingkungan Hidup Pada Siswa SMPN 3 Palibelo Kabupaten Bima. Jurnal Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Maretha, A., Ariwibowo, U., Ariani, I.H., dkk. 2019. Artikel Kuliah Kerja Nyata. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Purwanto. 2021. Penyuluhan Tentang Penghijauan Lingkungan Di Desa Klodran Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar. Jurnal Budimas, 3(1).

Riana Safitri., Gerry Rachmat. Studi Kelayakan Kayu Bekas Landasan Peti Kemas Sebagai Elemen Interior Lepas. Institut Seni Budaya Indonesia, Bandung.

Tahang, H., Arsyad, R. B., & Febriadi, I. (2019). Pembelajaran dan Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengajaran Calistung bagi Warga Distrik Bamusbama, Kabupaten Tambrauw, Papua Barat. Publikasi Pendidikan, 9(3), 195-199.

Zulkarnain S., Ihsan F., Febrianti R. Pengentasan Buta Aksara Melalui Pembelajaran Calistung Di Kampung Nanggou Distrik Sausapor Kabupaten Tambrauw Papua Barat. Universitas Muhammadiyah,

Downloads

Published

2024-01-20

How to Cite

Hermansyah, H., Mungkin, M. ., Satria, H. ., Siregar, M. F. ., Sari, M. P. ., & Dayana, I. . (2024). SOSIALISASI GERAKAN PELESTARIAN LINGKUNGAN DI HUTAN KANAL KECAMATAN MEDAN JOHOR. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 802–806. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.22223