PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK ISLAM DURENAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH

Authors

  • Nur Laely Universitas Kadiri
  • Moh Arifin Universitas Kadiri
  • Dinar Rika Septyaningtyas Universitas Kadiri
  • Andri Teguh Prasetyo Universitas Kadiri

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22853

Keywords:

Kompetensi Siswa, Karya Tulis Ilmiah, Literasi Sekolah

Abstract

Salah satu kebijakan pemerintah yang dicanangkan oleh Kemendikbud yaitu berdasarkan sembilan agenda prioritas (nawacita) adalah gerakan literasi sekolah. Salah satu literasi yang sering digalakkan pada pendidikan formal seperti di SMA/SMK adalah literasi menulis seperti karya tulis ilmiah. Menulis adalah salah satu kegiatan menuangkan gagasan, ide dan perasaan penulis dalam bentuk tulisan. Kebanyakan siswa dalam menulis karya tulis ilmiah biasanya hanya menuliskan hasil-hasil penelitian tanpa didukung dengan teori yang jelas. Selain itu, tulisan mereka bersifat repetitif, kurang logis, dan tidak sistematis. Hal-hal tersebut membuat mereka jarang memenangkan perlombaan karya tulis ilmiah yang ada, sehingga memberikan dampak yaitu mereka menjadi kurang percaya diri, tidak memiliki keberanian serta kurang berminat untuk menulis karya ilmiah. Metode pelatihan ini menggunakan empat tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi siswa dalam membuat karya tulis ilmiah sebesar 68%. Selain itu tingkat percaya diri siswa dalam mengungkapkan dan menuangkan ide dalam karya tulis ilmiah serta mengikuti lomba karya tulis ilmiah juga mengalami peningkatan sebesar 43%.

References

Agustina., Syahrul R., Utami, D.P., Yulianti, R. (2019). Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMPN. JPIpteks (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 65 – 74

Amaliah, T. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 882–897.

Dewi, T. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 60-76.

Dwijayanti, R., Marlena, N., dan Patrikha, F.D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249 – 266.

Hasiara, L. (2019). Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif Pada Masyarakat Ilmiah Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 153-156

Laely, N & Lidiawan, A. R. (2022). Metodologi Penelitian Menyiapkan Penelitian Dan Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta, Cirebon

Nora, A. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja Di SMAN 101 Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3(2), 48-53

Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi PGSD FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar

Soeherman, B. (2019). Fun Research:Penelitian Kualitatif Dengan Design Thinking. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Tyas, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, 1(1), 1-8

Downloads

Published

2023-12-16

How to Cite

Laely, N. ., Arifin, M. ., Septyaningtyas, D. R. ., & Prasetyo, A. T. . (2023). PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK ISLAM DURENAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11865–11868. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22853