PENINGKATAN KOMPETENSI SISWA SMK ISLAM DURENAN MELALUI PELATIHAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22853Keywords:
Kompetensi Siswa, Karya Tulis Ilmiah, Literasi SekolahAbstract
Salah satu kebijakan pemerintah yang dicanangkan oleh Kemendikbud yaitu berdasarkan sembilan agenda prioritas (nawacita) adalah gerakan literasi sekolah. Salah satu literasi yang sering digalakkan pada pendidikan formal seperti di SMA/SMK adalah literasi menulis seperti karya tulis ilmiah. Menulis adalah salah satu kegiatan menuangkan gagasan, ide dan perasaan penulis dalam bentuk tulisan. Kebanyakan siswa dalam menulis karya tulis ilmiah biasanya hanya menuliskan hasil-hasil penelitian tanpa didukung dengan teori yang jelas. Selain itu, tulisan mereka bersifat repetitif, kurang logis, dan tidak sistematis. Hal-hal tersebut membuat mereka jarang memenangkan perlombaan karya tulis ilmiah yang ada, sehingga memberikan dampak yaitu mereka menjadi kurang percaya diri, tidak memiliki keberanian serta kurang berminat untuk menulis karya ilmiah. Metode pelatihan ini menggunakan empat tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, monitoring dan evaluasi. Hasil pelatihan menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kompetensi siswa dalam membuat karya tulis ilmiah sebesar 68%. Selain itu tingkat percaya diri siswa dalam mengungkapkan dan menuangkan ide dalam karya tulis ilmiah serta mengikuti lomba karya tulis ilmiah juga mengalami peningkatan sebesar 43%.References
Agustina., Syahrul R., Utami, D.P., Yulianti, R. (2019). Pelatihan Penelusuran Informasi Elektronik dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Siswa SMPN. JPIpteks (Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 65 – 74
Amaliah, T. (2021). Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Melalui Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Dengan Menggunakan Metode Kualitatif Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pangabdhi, 7(2), 882–897.
Dewi, T. (2021). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Untuk Memotivasi Literasi Menulis Siswa Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Karimun. Minda Baharu, 5(1), 60-76.
Dwijayanti, R., Marlena, N., dan Patrikha, F.D. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis (KTI) Bagi Guru-guru SMK di Kabupaten Jombang . Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Madani (JPMM), 1(2), 249 – 266.
Hasiara, L. (2019). Pelatihan Metode Penelitian Kualitatif Pada Masyarakat Ilmiah Di Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. 153-156
Laely, N & Lidiawan, A. R. (2022). Metodologi Penelitian Menyiapkan Penelitian Dan Menulis Karya Ilmiah. Penerbit Yayasan Wiyata Bestari Samasta, Cirebon
Nora, A. (2017). Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah Remaja Di SMAN 101 Jakarta Barat. Jurnal Abdimas, 3(2), 48-53
Samsir, I. (2020). Hubungan Budaya Literasi dengan Keterampilan Menulis Narasi Siswa Kelas IV SDN Sudirman II Kecamatan Ujung Pandang Kota Makassar. Skripsi. Makassar: Prodi PGSD FKIP, Universitas Muhammadiyah Makassar
Soeherman, B. (2019). Fun Research:Penelitian Kualitatif Dengan Design Thinking. Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Tyas, A. (2022). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Metodologi Penelitian Bagi Mahasiswa Tingkat Akhir Melalui Daring. Jurnal Pengabdian Masyarakat Information Technology, 1(1), 1-8
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Nur Laely
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.