DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN BERBASIS IKAN PATIN PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI KELURAHAN TUMBANG RUNGAN

Authors

  • Rosdiana Rosdiana Universitas Palangka Raya
  • Desi N Koroh Universitas Palangka Raya
  • Maryani Maryani Universitas Palangka Raya
  • Mohamad Rozik Universitas Palangka Raya
  • Tutwuri Handayani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22332

Keywords:

Tumbang Rungan, Diversifikasi Olahan, Ikan Patin

Abstract

Kelurahan Tumbang Rungan terletak di Kecamatan Pahandut Kota Palangka Raya. Kelurahan Tumbang Rungan termasuk sebagai kawasan penghasil ikan. Pada umumnya masyarakat di Kelurahan Tumbang Rungan dalam usaha produk olahan ikan dari hasil usaha tangkapan dan budidaya perairan umum sangatlah terbatas variasi jenis produk yang dihasilkannya dan juga hanya mengandalkan sistem usaha olahan secara tradisional.  Alih teknologi pengolahan dalam rangka keanekaragaman produk olahan patin di Kelurahan Tumbang Rungan masih sangat dibutuhkan untuk memperkenalkan pada para pengolah mengenai jenis-jenis produk olahan ikan patin. Tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatkan pengetahuan peserta dalam pembuatan bahan pangan berbasis ikan lokal, memberikan keterampilan cara pembuatan makanan berbasis ikan lokal, memberikan pengetahuan dan keterampilan cara membuat makanan berbasis ikan lokal untuk menjadi makanan yang lebih menarik dan bervariatif dan meningkatkan pendapatan masyarakat yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan keluarga di Kelurahan Tumbang Rungan. Semua tahapan kegiatan dapat dilaksanakan dengan hasil yang memuaskan dan peserta pelatihan yang hadir sangat antusias dalam mengikuti setiap tahapan kegiatan. Setelah dilakukan kegiatan PKM terjadi peningkatan pengetahuan pada ibu-ibu PKK tentang manfaat makan ikan bagi kesehatan dan bagaimana membuat olahan ikan patin sebagai makan sehat, bergizi dan mempunyai rasa yang lezat yang bisa dikembangkan sebagai usaha skala rumah tangga.

References

Afrisanti, D.W. 2010. Kualitas Kimia dan Organoleptik Nugget Daging Ayam dengan Penambahan Tepung Tempe. Skripsi. Program Studi Peternakan. Fakultas Pertanian Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Alamsyah, Y. 2008. Nugget. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Astawan, M. 2007. Panduan Karbohidrat Terlengkap. Jakarta : Dian Rakyat

Astawan, M. dan M. Astawan, 1998. Teknologi Pengolahan Pangan Hewani Tepat Guna. Akademi Presindo, Jakarta.Buchari Alma. 2000. Kewirausahaan, Alpabeta, Bandung.

Fardiaz,. S., 1992. Mikrobiologi Pangan I. Penerbit Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Juniarto. 2003. Teknik Penanganan Ikan. Penebar Swadaya. Jakarta.

Lathifah. 2015. Makalah Diversifikasi Perikanan. Diakses pada tanggal 8 Agustus 2017. http://berbagaimacamtugasku.blogspot.co.id/2015/02/makalah-diversifikasi-perikanan-bab-i.html.

Nugroho, A., F. Swastawati dan A. D. Anggo. 2014. Pengaruh Bahan Pengikat Dan Waktu Penggorengan Terhadap mutu Produk Nugget Ikan Tenggiri (Scomberomorus Sp). Jurnal Pengolahan dan Bioteknologi Hasil Perikanan.3(4): 140-149 hml.

Purnomo dan Suhanda, J. 2014. Diversifikasi Olahan Berbasis Ikan Patin Di Desa Jingah Habang Hilir Kecamatan Karang Intan Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Fish Scientiae, 4 (8) : 80 – 94.

Rahayu K., Kuswanto., S. dan Suklarmadji. S., 1988.Proses-Proses Mikrobiologi Pangan. Pusat antar Universitas Pangan dan Gizi. Proyek Peningkatan/Pengembangan Perguruan Tinggi. Universitas Gadjah Mada. Yogjakarta.

Suwetja, I. K. 2007. Biokimia Hasil Perikanan. Jilid III. Rigormortis, TMAO, dan ATP. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Uversitas Sam Ratulangi Manado.

Wibowo S. 1995. Industri Pengasapan Ikan. Penebar Swadaya, Jakarta.

Winarno, F.G. 2004. Kimia Pangan dan Gizi. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta.

Downloads

Published

2023-12-19

How to Cite

Rosdiana, R., Koroh, D. N. ., Maryani, M., Rozik, M. ., & Handayani, T. . (2023). DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN BERBASIS IKAN PATIN PADA KELOMPOK IBU-IBU PKK DI KELURAHAN TUMBANG RUNGAN. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 12135–12141. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.22332