SEMINAR DAN SOSIALISASI TEKNOLOGI DIGITAL DAN KEARIFAN LOKAL: MENCIPTAKAN HUBUNGAN BARU ANTARA SENI DAN TEKNOLOGI KOLABORASI BERSAMA HUNTU ART DISTRIK GORONTALO
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21626Keywords:
Seni, Teknologi, Huntu Art DistrikAbstract
Tujuan utama kegiatan seminar dan sosialisasi integrasi seni dan teknologi diharapkan mampu memberikan wawasan kepada mahasiswa tentang peran penting teknologi dalam dunia seni, menunjukkan bagaimana integrasi seni dapat meningkatkan nilai estetika, daya tarik, dan user experience dalam produk dan solusi teknologi, terakhir merangsang kreativitas mahasiswa dengan menunjukkan bagaimana seni dapat menjadi sumber inspirasi dalam desain dan pengembangan perangkat lunak, situs web, atau aplikasi. Pada kegiatan pengabdian ini mengadopsi metode service learning (SL). Secara keseluruhan kegiatan pengabdian seminar dan sosialisasi teknologi digital dan kearifan lokal, menciptakan hubungan baru antara seni dan teknologi kolaborasi bersama Huntu Art Distrik Gorontalo memberikan hasil positif. Hal ini dibuktikan dengan 69% peserta mendapat nilai yang tinggi pada posttest setelah mengikuti seminar.References
Abdulghani, T., & Sati, B. P. (2020). Pengenalan Rumah Adat Indonesia Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dengan Metode Marker Based Tracking Sebagai Media Pembelajaran. https://www.researchgate.net/publication/343743897_Pengenalan_Rumah_Adat_Indonesia_Menggunakan_Teknologi_Augmented_Reality_Dengan_Metode_Marker_Based_Tracking_Sebagai_Media_Pembelajaran
As, S., & Kustono, D. (2022). Potensi Penggunaan Teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) dalam Pembelajaran Sejarah Arsitektur di Era Pandemi Covid-19. JUPITER (JURNAL PENDIDIKAN TEKNIK ELEKTRO), 7(1), Article 1. https://doi.org/10.25273/jupiter.v7i1.12262
Asriani. (2020). Huntu Art Disk, Berdayakan Desa Lewat Kesenian. https://www.goodnewsfromindonesia.id/2020/09/25/huntu-art-disk-berdayakan-desa-lewat-kesenian
Epson. (2021, October 14). Pertemuan Antara Seni Rupa dan Teknologi. Epson Blog - Indonesia. https://blog.epson.co.id/the-intersection-of-fine-art-and-technology/
Kadafi, T. T. (2021). Integrasi Google Art and Culture dan Google Sites sebagai Media Pembelajaran Widyawisata pada Pembelajaran Penulisan Puisi. JURNAL PENDIDIKAN, 30(1), Article 1. https://doi.org/10.32585/jp.v30i1.1100
kumparan. (2022). Konsep Integrasi antara Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni. kumparan. https://kumparan.com/berita-terkini/konsep-integrasi-antara-ilmu-pengetahuan-teknologi-dan-seni-1zFkbMyXK2q
Permadi, D. A., Cahyono, E. B., & Wahyuni, E. D. (2023). Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Tokoh Seni Reog Ponorogo (Studi Kasus: Sanggar Reog Singo Hamengkudjoyo). https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/3346214
Permana, A. (2022). Dialog Seni dan Teknologi: Meninjau Integrasi Seni dan Teknologi Bersama Prof. I Gede Wenten -. Institut Teknologi Bandung. https://www.itb.ac.id/berita/detail/58811/dialog-seni-dan-teknologi-meninjau-integrasi-seni-dan-teknologi-bersama-prof-i-gede-wenten
Piliang, Y. A. (2019). SENI, DESAIN DAN KEBUDAYAAN DALAM SPIRIT REVOLUSI INDUSTRI 4.0. SENADA (Seminar Nasional Manajemen, Desain Dan Aplikasi Bisnis Teknologi), 2, 1–9.
Pramanik, P. D., Achmadi, M., & Nasution, D. Z. (2023). Media Belajar Inovatif bagi Siswa SDN 05 Pesanggrahan Jakarta: PKM dengan Konsep Service Learning. ResearchGate. https://doi.org/10.59818/jpm.v1i3.43
Prasasty, A. T., Isroyati, I., & Nurhidayati, R. (2022). PELATIHAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN 3D PADA GURU KELAS DI SDN PONDOK TERONG 1 KOTA DEPOK | Prasasty | RANGKIANG: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat. https://ejournal.upgrisba.ac.id/index.php/rangkiang/article/view/5749
Reza, A. (2023, April 30). Dampak Artificial Intelligence (AI) dalam Bidang Seni. GEOTIMES. https://geotimes.id/opini/dampak-artificial-intelligence-ai-dalam-bidang-seni/
Satrinia, D., Firman, R. R., & Fitriati, T. N. (2023). Potensi Artificial Intelligence dalam Dunia Kreativitas Desain. Journal of Informatics and Communication Technology (JICT), 5(1), Article 1. https://doi.org/10.52661/j_ict.v5i1.164
Siti Suryaningsih, M. (2021). Integrasi Science, Technology, Engineering, Art, Mathematics ( STEAM ) Project: Inovasi Pembelajaran Kimia terhadap Minat dan Motivasi Siswa. https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/56310
Zarkasi, A. (2022, December 16). Teknologi AI Arts dalam Bidang Seni. KOMPASIANA. https://www.kompasiana.com/abdullahzarkasi6339/639bd2f208a8b572f4038fb2/ai-arts-dalam-industri-seni
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rahmat Taufik R.L Bau
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.