SEMINAR ONLINE TENTANG KIAT SUKSES TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI KEPADA PARA MAHASISWA

Authors

  • Mauizatul Hasanah STIFI Bhakti Pertiwi Palembang
  • Tri Kurnia Rahayu. J Politeknik Sriwijaya Palembang
  • Romsiah Romsiah STIFI Bhakti Pertiwi Palembang
  • Ensiwi Munarsih STIFI Bhakti Pertiwi Palembang
  • Hilma Hilma STIFI Bhakti Pertiwi Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.22133

Keywords:

Sukses, Tugas Akhir, Skripsi, Mahasiswa

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) yaitu seminar online tentang kiat sukses tugas akhir dan skripsi ini dilaksanakan untuk memberikan motivasi dan inspirasi kepada para mahasiswa. Kegiatan PKM diselenggarakan oleh tim pkm dosen dari STIFI Bhakti Pertiwi dan Teknik Sipil Politeknik Sriwijaya dengan satu orang nara sumber yaitu dosen STIFI Bhakti Pertiwi. Nara sumber kegiatan adalah dosen berjenjang pendidikan doktor yang telah berpengalaman menuliskan karya ilmiah di akhir studinya. Nara sumber juga berpengalaman mempublikasikan hasil penelitian dan pemikirannya ke jurnal-jurnal nasional dan internasional. Peserta kegiatan berjumlah 79 orang dari 9 kampus berbeda yang terlihat berlokasi di Sumatera Selatan dan Lampung. Metode pelaksanaan kegiatan dilaksanakan dengan seminar secara online. Rangkaian awal dari kegiatan adalah perencanaan kegiatan serta penyiapan materi oleh nara sumber, materi yang diberikan merupakan materi awal untuk kegiatan-kegiatan dengan tema yang lebih spesifik yang akan dilaksanakan setelahnya. Materi awal ini merupakan motivasi, kiat-kiat dan catatan-catatan penting agar mahasiswa berhasil menyelesaikan tugas akhir dan skripsinya. Hasil kegiatan adalah pengetahuan dari mahasiswa tentang hal-hal yang dilakukan dan diperhatikan untuk bisa menyelesaikan tugas akhir dan skripsi dengan baik. Kesimpulan dari kegiatan, kegiatan terlaksana dengan baik dan para peserta sangat antusias dan terinspirasi dari materi yang disampaikan dan pada sesi diskusi setelah pemaparan materi.

References

Djuroto, T. dan Suprijadi, B. (2003). Menulis artikel dan karya ilmiah. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Pardede, P. (2017). Penulisan Karya Ilmiah. Dipresentasikan dalam Forum Ilmiah Dwi-Bulanan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Kristen Indonesia, Jakarta.

Winarto, W.W.W. (2021). Program peningkatan minat menulis karya tulis ilmiah mahasiswa. Jurnal Altifani, 1(1), 22-26.

Zulmiyetri, Nurhastuti, dan Safaruddin. (2019). Penulisan karya ilmiah. Jakarta: Kencana.

Susetyo dan Sarwono, S. (2020). Pelatihan penulisan proposal penelitian skripsi bagi mahasiswa program studi pendidikan bahasa Indonesia Universitas Bengkulu. Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat Pendidikan, 1(1), 45-56.

Downloads

Published

2024-07-16

How to Cite

Hasanah, M., J, T. K. R., Romsiah, R. ., Munarsih, E. ., & Hilma, H. . (2024). SEMINAR ONLINE TENTANG KIAT SUKSES TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI KEPADA PARA MAHASISWA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(4), 6495–6498. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i4.22133