SISTEM PENGELUARAN KAS PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA

Authors

  • Sonya Pristy Salsyah Purba UIN Sumatera Utara
  • Arnida Wahyuni Lubis UIN Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21810

Keywords:

Pengeluaran Kas, Sistem, Sekretariat

Abstract

Sistem pengeluaran kas yang ada pada Kantor Sektretariat DPRD merupakan aspek yang sangat penting. Hal tersebut dikarenakan dengan adanya sistem pengeluaran kas maka akan memudahkan dalam penyusunan laporan keuangan. Penelitian tersebut dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui sistem pengeluaran kas dan kendala yang ada pada sistem pengeluaran kas di Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kepustakaan serta metode penelitian lapangan. Adapun Teknik dalam pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik wawancara serta pengamatan. Untuk metode analisa data yang digunakan didalam penelitian tersebut yaitu metode deskriptif dan metode deduktif. Untuk hasil pengolahan data dan pengamatan di Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara, diketahui bahwa : (1) Sistem pengeluaran kas yang dilakukan di Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara pada saat ini dilakukan dengan dua sistem yaitu sistem khusus dan manual, (2) Kendala utama dalam sistem pengeluaran kas di Kantor Sekretariat DPRD Provinsi Sumatera Utara adalah permasalahan jaringan yang tidak stabil.

References

Cahyadi, B. (2018). Peranan Tata Usaha Bagian Umum Kantor Bupati Deli Serdang. Jurnal Ilmu Pemerintahan Dan Sosial Politik, 14-24.

Gulo, F. (2022). Peranan Sekretariat Dprd Dalam Mendukung Fungsi Dprd. Jurnal Manajemen Dan Ekonomi Bisnis, 1, 1-11.

Hermelinda, T. (2019). Analisis Penerapan Sistem Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas. Journal Saintifik, 19.

Maknunah, J. (2019). Analisis Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Dan Pengeluaran Kas. Smatika Jurnal, 5.

Suryati, E. (2018). Sistem Pengeluaran Kas Pada Kantor Sekretariat Dprd Kabupaten Bengkalis. Menara Ilmu, Xii.

Downloads

Published

2023-11-28

How to Cite

Purba, S. P. S. ., & Lubis, A. W. . (2023). SISTEM PENGELUARAN KAS PADA KANTOR SEKRETARIAT DPRD PROVINSI SUMATERA UTARA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10881–10884. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21810