PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL MITIGASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI PAUD

Authors

  • Maimunah Maimunah Universitas Lambung Mangkurat
  • Mohammad Dani Wahyudi Universitas Lambung Mangkurat
  • Sari Wahdati Universitas Lambung Mangkurat

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21986

Keywords:

Model Mitigasi, Kurikulum Merdeka, PAUD

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu lebih dari 90% guru di KKG Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin Timur kesulitan dalam mengimplementasikan model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru-guru guru-guru yang ada di KKg Gugus Anggrek Kecamatan Banjarmasin Timur dalam meningkatkan mutu pembelajaran menggunakan model pembelajaran mitigasi. Kegiatan dilaksanakan di Sekolah Taman Kanak-Kanak Kenanga Kecamatan Banjarmasin Timur, pada tanggal 22 Juli 2023. Kegiatan ini diikuti oleh jumlah peserta sebanyak 60 orang. Metode pelaksanaan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini meliputti: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Berdasarkan hasil posttest diperoleh hasil evaluasi peserta meningkat menjadi 80%. Sehingga terukur dengan jelas, 80% dari jumlah seluruh peserta telah memiliki pengetahuan mendalam tentang model pembelajaran mitigasi secara teoritik dan mampu menyusun perangkat pembelajara PAUD model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka. Pelatihan ini berkontribusi dalam meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD dalam peningkatan mutu pembelajaran PAUD menggunakan model pembelajaran mitigasi berbasis kurikulum merdeka di Kecamatan Banjarmasin Timur sejak usia dini.

References

Agustiana, I. G. A. T., Wibawa, I. M. C., & Tika, I. N. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Mitigasi Dan Ketahanmalangan Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2), 97–105.

Cinantya, C., Wahyudi, M. D., & Maimunah, M. (2021). Development of Flood Disaster Mitigation Learning Model in Early Childhood Education. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 12(2), 195–202. https://doi.org/10.17509/cd.v12i2.38849

Dewi, D. J. K. (2022). Pentingnya Pembelajaran Mitigasi Bencana untuk Anak Usia Dini di Indonesia: Sebuah Tinjauan Literatur. Annual Conference on Islamic Early Childhood …, 6, 15–22. https://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/view/885%0Ahttps://vicon.uin-suka.ac.id/index.php/aciece/article/download/885/453

Pentury, H. J. (2018). Pengembangan Literasi Guru PAUD Melalui Bahan Ajar Membaca, Menulis dan Berhitung Di Kecamatan Limo dan Cinere. DIKEMAS (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat), 1(1). https://doi.org/10.32486/jd.v1i1.167

Suryani, I., Sari, S. A., & Milfayetty, S. (2017). Model Quantum Teaching Dalam Meningkatkan Pengetahuan Kesiapsiagaan Bencana Gempa Bumi Di Sekolah Dasar 19 Banda Aceh. BIOTIK: Jurnal Ilmiah Biologi Teknologi Dan Kependidikan, 2(2), 88. https://doi.org/10.22373/biotik.v2i2.240

Downloads

Published

2023-12-12

How to Cite

Maimunah, M., Wahyudi, M. D. ., & Wahdati, S. . (2023). PELATIHAN MERANCANG PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MODEL MITIGASI BERBASIS KURIKULUM MERDEKA DI PAUD . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 11545–11549. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.21986