PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DAN MODEL ONLINE MARKETING DI KAWASAN TELUK TOMINI

Authors

  • Waode Eti Hardiyanti Universitas Negeri Gorontalo
  • Yenti Juniarti Universitas Negeri Gorontalo
  • Rifda Mardian Arif Universitas Negeri Gorontalo
  • Sulkifly Sulkifly Universitas Negeri Gorontalo

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21888

Keywords:

Pengabdian Masyarakat, Alat Permainan Edukatif, Online Marketing

Abstract

Tujuan pengabdian kepada masyarakat yang telah dilakukan di Desa Kayubulan Kecamatan Batudaa Pantai adalah untuk melatih kemampuan warga desa, termasuk guru PAUD untuk memanfaatkan sumber daya alam (SDA) untuk lebih bernilai ekonomis dan dapat dipasarkan secara digital. Dalam pengabdian ini, pemanfaatan media sosial digunakan untuk mengedukasi masyarakat bahwa sosial media dapat memudahkan kegiatan promosi produk. Selain itu, pelatihan pembuatan media belajar atau alat permainan edukatif (APE) juga diajarkan, seperti penggunaan cangkang kerang yang ada dapat dibuat menjadi aksesoris atau sebagai APE di Taman Kanak-kanak (TK) dan Sekolah Dasar (SD). Baik model promosi melalui sosial media dan pembuatan media/aksesoris dilakukan secara langsung melalui workshop, dimulai dengan pemberian materi, praktik terbimbing, praktik langsung, dan evaluasi kegiatan. Hasil menunjukkan bahwa mayoritas masyarakat yang mengikuti kegiatan merasa puas dengan yang rangkaian kegiatan pengabdian dan bahwa menyarankan untuk keberlanjutan dari program ini untuk memaksimalkan inovasi dan eksplorasi dari SDA yang tersedia di lokasi ini.  

References

Amilia, F., Rowindi, G., & Mubaroq, S. (2022). Pemanfaatan Publikasi Di Media Sosial Untuk Lembaga Pendidikan. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1141-1147. Doi https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.19876

Busca, L., & Bertrandias, L. (2020). A Framework for Digital Marketing Research: Investigating the Four Cultural Eras of Digital Marketing. Journal of Interactive Marketing. https://doi.org/10.1016/j.intmar.2019.08.002

Fahlevi, M. R., & Fitrah, M. (2022). Pengelolaan Sumber Daya Alam atau Potensi Dengan Pembuatan Website dan Video Profil Desa. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1148-1154.

Forijati, R., Sugiono, S., Anas, M., Muchson, M., Subagyo, S., & Winarsih, T. (2022). Pelatihan Digital Marketing Ibu Rumah Tangga Pelaku Usaha Mikro Di Kelurahan Pojok Kota Kediri. Jurnal ABDINUS?: Jurnal Pengabdian Nusantara, 6(3), 573–580. https://doi.org/10.29407/ja.v6i3.17040

Hardiyanti, W. E., Ilham, M., Ekadayanti, W., & Jafarudin, J. (2020). Pelatihan pembuatan video animasi gambar “powtoon” bagi guru paud. Abdimas Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 78-86.

Hendriadi, A. A., Sari, B. nurina, & Padilah, T. N. (2019). Pelatihan Digital Marketing Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Karawang. J-Dinamika?: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2), 120–125. https://doi.org/10.25047/j-dinamika.v4i2.1133

Irianti, N. P., Susanti, R. D. A., Triswidrananta, O. D., & Wijaya, E. M. S. (2021). Peningkatan Omset Penjualan Kelompok Pengrajin Keset melalui Online Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang, 6(1), 52–60. https://doi.org/10.26905/abdimas.v1i1.4819

Muslichah Erma Widiana, Henky Supit, & Sri Hartini. (2012). Penggunaan Teknologi Internet dalam Sistem Penjualan Online untuk Meningkatkan Kepuasan dan Pembelian Berulang Produk Batik pada Usaha Kecil dan Menengah di Jawa Timur. Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan, 14(1), 72–82. Retrieved from http://puslit2.petra.ac.id/ejournal/index.php/man/article/view/18374

Downloads

Published

2024-02-21

How to Cite

Hardiyanti, W. E., Juniarti, Y., Arif, R. M., & Sulkifly, S. (2024). PELATIHAN PEMBUATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF DAN MODEL ONLINE MARKETING DI KAWASAN TELUK TOMINI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(1), 2417–2422. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i1.21888