EEDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SDN CIMAHI MANDIRI 1

Authors

  • Dadang Darmawan STIKes RS Dustira Cimahi
  • Septian Andriyani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Guling Setiawan STIKes RS Dustira Cimahi
  • Siti Zulva STIKes RS Dustira Cimahi

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29717

Keywords:

Cuci Tangan, Edukasi,Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat

Abstract

Pengabdian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis proyek yang mampu memotivasi siswa melalui pendekatan pembelajaran aktif dan kolaboratif. Model ini dirancang untuk meningkatkan keterlibatan siswa, pemahaman konsep dan keterampilan sosial mereka. Metode pengembangan model menggunakan pendekatan penelitian tindakan yang melibatkan kolaborasi antara guru dan siswa dalam proses perancangan dan pelaksanaan pembelajaran. Kegiatan pengabdian dilakukan melalui observasi kelas, wawancara, dan analisis motivasi belajar siswa. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek ini merupakan solusi efektif dalam meningkatkan motivasi siswa karena terlibat aktif dalam proses pembelajaran, termotivasi dengan tugas proyek yang relevan dengan kehidupan sehari-hari. Selain itu, kolaborasi antar siswa dalam kelompok proyek juga memperkuat keterampilan sosial dan kerjasama. Pelatihan yang dilaksanakan memberikan kontribusi terhadap pengembangan strategi pembelajaran yang dapat memotivasi siswa secara efektif, sekaligus meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan sosial. Model pembelajaran berbasis proyek ini dapat diadopsi dan diadaptasi oleh guru di berbagai jenjang pendidikan untuk menciptakan lingkungan belajar yang stimulatif dan berdampak positif terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.

References

Dinkes Surabaya (2009), Buku Saku Pelaksanaan PHBS bagi masyarakat Surabaya, Dinas Kesehatan Surabaya.

Mitha, A. (2019). Asuhan Keperawatan Komunitas Pendidikan Kesehatan Dengan Metode Permainan Edukatif Kartu Kasugi Dan Demonstrasi Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Sikap Siswa Terhadap Cuci Tangan Pakai Sabun Di SDN 16 Anduring Padang Tahun 2019 (Doctoral Dissertation, Universitas Andalas).

Saleh, M., Hasim, E., & Pulukadang, W. T. (2020). Pemberdayaan Warga Masyarakat Dalam Menerapkan Phbs Dimasa Pandemi Covid-19 Di Desa Dunggala Kecamatan Tapa Kabupaten Bone Bolango. Jurnal Sibermas (Sinergi Pemberdayaan Masyarakat), 9(1), 22-34.

Siswanto, Hadi (2009) Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini, Pustaka Rihana : Jakarta

Susantiningsih, T., Yuliyanti, R., Simanjuntak, K., & Arfiyanti, A. (2018). PKM Pelatihan Mencuci Tangan Menggunakan Sabun Sebagai Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Untuk Masyarakat Rt 007/Rw 007 Desa Pangkalan Jati, Kecamatan Cinere Kota Depok. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(2).

Sya’roni RS (2007), Ilmu Kesehatan Masyarakat, Jakarta : Rineka Cipta

Umar, Zaidina (2007). Perilaku Cucu Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan pada Murid SD di Kabupaten Pesisir Selatan Sumatera Barat. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Kesehatan Masyarakat 2 (2);250

Wati, P. D. C. A., & Ridlo, I. A. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Masyarakat di Kelurahan Rangkah Kota Surabaya. Jurnal Promkes: The Indonesian Journal of Health Promotion and Health Education, 8(1), 47-58.

Downloads

Published

2024-06-15

How to Cite

Darmawan, D. ., Andriyani, S. ., Setiawan, G. ., & Zulva, S. . (2024). EEDUKASI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT MELALUI CUCI TANGAN PAKAI SABUN DI SDN CIMAHI MANDIRI 1. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 5178–5181. https://doi.org/10.31004/cdj.v5i3.29717