PELATIHAN ACHIEVEMENT MOTIVATION TRAINING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA SMAN 1 KUANTAN MUDIK KABUPATEN KUANTAN SINGINGI RIAU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21667Keywords:
Achievement Motivation Training, Motivasi Berprestasi, Motivasi BelajarAbstract
Siswa di SMA N 1 Kuantan Mudik Kuansing sebagai mitra pengabdian masyrakat ini memiliki motivasi berprestasi yang kurang dalam mencapai tujuan hidupnya, ini terlihat dari masih rendahnya minat meneruskan Pendidikan ke Perguruan Tinggi di luar Kabupaten Kuantan Singingi. Oleh karena itu perlu ada suatu upaya dalam meningkatkan motivasi berprestasi siswa-siswinya dengan mengadakan Pelatihan Achievement Motivation Training. Tujuannya untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa-siswa SMAN 1 Kuantan Mudik Kuantan Singingi. Pengabdian masyarakat ini menggunakan konsep Achievement Motivation Training McClelland dan Alschuler yang terdiri atas penanaman mindset melalui pemberian materi, self-study berupa pengisian tes strategi belajar, goal setting dan prioritas, serta refleksi dan evaluasi diri, yang hasil akhirnya akan diukur melalui perbandingan pre-test serta post-test. Subjek dalam penelitian ini adalah 50 siswa siswi. Tahapan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini dilakukan dalam beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah tahap persiapan dilakukan sebelum dilakukan pengabdian di lakukan survey awal terhadap permasalahan mitra dan melakukan diskusi tentang permasalahan yang dihadapi. Tahap kedua melaksanakan pengabdian masyarakat dengan memberikan pelatihan achievement motivation dan tahap ketiga adalah evaluasi. Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat berjalan dengan baik dan terjadinya peningkatan motivasi berprestasi siswa dalam belajar.References
Hikmah, O. N. (2016). Model Empiris Hubungan Faktor Prestasi Akademik Siswa SMA High Achiever di Kota Malang. Universitas Negeri Malang.
Martín-Albo, J., Núñez, J. L., Domínguez, E., León, J., & Tomás, J. M. (2012). Relationships between Intrinsic Motivation, Physical Self-Concept and Satisfaction with Life: A Longitudinal Study. Journal of Sports Sciences, 30(4), 337–347. https://doi.org/10.1080/02640414.2011.649776
McClelland, D. C., & Alschuler, A. S. (1971). Achievement motivation development project. Final report.
McClelland, D. C. (1969). The Role of Educational Technology in Developing Achievement Motivation. Educational Technology, 9(10), 7–16. McClelland, D. C., & Alschuler, A. S. (1971). Achievement Motivation Development Project. Final Report. ERIC. McClelland, D. C. (1961). The Achieving Society. New York: D Van Nostrand Company. https://doi. org/10.1037/14359-000
Motaharinezhad, F., Seyed, S., Rezaye, A., Heidarieh, S. M., & Noruzi, R. (2016). Relationship between SelfEfficacy, Achievement Motivation and Academic Achievement in Students with Learning Disabilities. Journal of Mazandaran University of Medical Sciences, 25(132), 329–333.
Mufaridah, H. (2016). Model Teoretik Prestasi Akademik Siswa SMA Negeri Kota Malang. Universitas Negeri Malang.
Nagaoka, J., Farrington, C. A., Roderick, M., Allensworth, E., Keyes, T. S., Johnson, D. W., & Beechum, N. O. (2013). Readiness for College: The Role of Noncognitive Factors and Context. Voices in Urban Education, 38, 45–52.
Nakamura, E. (2009). Relationship Between Nurses’ Learning Motivation Inside/Outside the Workplace and Job/ Life Satisfaction. Journal of UOEH, 31(4), 377–387. https://doi.org/10.7888/juoeh.31.377
Steinmayr, R., & Spinath, B. (2009). The Importance of Motivation As A Predictor of School Achievement. Learning and Individual Differences, 19(1), 80–90.
Sumantri, M. S., & Whardani, P. A. (2017). Relationship between Motivation to Achieve and Professional Competence in the Performance of Elementary School Teachers. International Education Studies, 10(7), 118–125.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Fikri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.