PELATIHAN EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN KESEHATAN REPRODUKSI YANG BERKAITAN DENGAN PERILAKU BERESIKO PADA REMAJA

Authors

  • Dwi Wahyuni Universitas Mohammad Husni Thamrin
  • Rosa Susanti STIKES Bhakti Pertiwi Indonesia
  • Loveria Sekarrini Universitas Mohammad Husni Thamrin

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.18739

Keywords:

Pelatihan, Edukasi_Gizi, Perilaku_Beresiko

Abstract

MA AL-Ihsan merupakan sekolah menengah atas yang terletak di kelurahan Bekasi, kecamatan Pondok Gede. Sekolah ini berdiri sejak tahun 2008, berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru MA-Alihsan didapatka keterangan bahwa kurangnya pengetahuan siswa/i tentang gizi seimbang, merokok, kurang pengetahuan siswa/i tentang bahaya narkoba, kurang pengetahuan siswa/i tentang HIV dan AIDS, menghabiskan banyak waktu dalam menggunakan HP sampai bergadang, kebiasaan buruk suka begadang bermain game di HP atau computer, kebiasaan makan makanan yang tidak sehat, kurangnya pengetahuan tentang kekerasan seksual, kebiasaan banyak waktu menonton TV dan mengkonsumsi obat penenang berlebihan. Adapun tahapan pelaksanaan dalam pengabdian masyarakat (PkM) terdiri dari  (1) melakukan Survei yang bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan remaja di MA, (2) Pendekatan dengan Pihak Sekolah yang bertujuan untuk koordinasi antara Tim pelaksana dengan pihak sekolah (3) Tim pelaksana dan mitra berkoordinasi sebelum, saat, dan setelah pelaksanaan kegiatan. (4) Sosialisai Kegiatan. Hasil kegiatan pengandian kepada masyarakat didapatkan hasil sebelum diberikan intervensi dalam bentuk pengetahuan dan pelatihan didapatkan hasil nilai rata-rata peserta mendapat nilai 74.17 dan setelah dilakukan intervensi diketahui nilai rata-rata 80.21. dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan pengetahuan responden dan setelah dilakukan pelatihan Edukasi Gizi Seimbang Dan Kesehatan Reproduksi Yang Berkaitan Dengan Perilaku Beresiko

References

Perilaku Gizi Seimbang Pada Remaja Di Sma Yasmu Kecamatan Manyar Kabupaten Gresik.” ACADEMICS IN ACTION Journal of Community Empowerment 1(2): 64.

Aulia, Ninda Rizki. 2021. “Peran Pengetahuan Gizi Terhadap Asupan Energi, Status Gizi Dan Sikap Tentang Gizi Remaja.” Jurnal Ilmiah Gizi dan Kesehatan (JIGK) 2(02): 31–35.

Fatmawati, Tina Yuli, Nel Efni, and Filius Chandra. 2022. “Status Gizi Dan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Terhadap Pemanfaatan Pusat Informasi Dan Konseling Remaja (PIK-R).” Jurnal Akademika Baiturrahim Jambi 11(2): 243.

Humas, Biro Umum Badan Kependudukan dan Keluarga Berecana Nasional (BKKBN). 2021. No Title.

Pusdatin. 2017. “Infodatin Reproduksi Remaja-Ed.Pdf.” Situasi Kesehatan Reproduksi Remaja: 1.

Suha, Ghina Raniya, and Amrina Rosyada. 2022. “Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Obesitas Pada Remaja Umur 13–15 Tahun Di Indonesia (Analisis Lanjut Data Riskesdas 2018).” Ilmu Gizi Indonesia 6(1): 43.

Downloads

Published

2023-12-30

How to Cite

Wahyuni, D. ., Susanti, R. ., & Sekarrini, L. . (2023). PELATIHAN EDUKASI GIZI SEIMBANG DAN KESEHATAN REPRODUKSI YANG BERKAITAN DENGAN PERILAKU BERESIKO PADA REMAJA . Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(6), 13542–13547. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i6.18739