SISTEM MONITORING KUALITAS AIR MANDI MENGGUNAKAN MIKROKONTROL BERBASIS ARDUINO PADA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH SINTANG

Authors

  • Mursalin Mursalin Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Apri Rahmadi Universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21627

Keywords:

Mikrokontroller, Sensor Trubidity, Solenoid valve, Tabung Penyaringan

Abstract

Tujuan pengabdian masyarakat ini adalah memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi oleh Panti Asuhan Muhammadiyah Sintang berupa teknologi tepat guna untuk monitoring kualitas air yang digunakan untuk keperluan mandi, mencuci dan lainnya. Alat yang dibuat ini agar dapat memantau kualitas air secara otomotis dengan menggunakan sensor Trubidity  yang berbasis mikrokontroller sebagai pengatur perangkat yang akan digunakan, Kemudian sensor Trubidity  akan mendeteksi kualitas air dan mengirimkan hasilnya  ke mikrokontroller, jika  kualitas air jelek atau kotor maka secara otomatis Selenoid valve tertutup dan air tersebut dialirkan ke tabang penyaringan untuk dilakukan penyaringan kembali melalui aliran solenoid valve  yang terbuka dan di saring melewati tabung penyaringan yang berisi Pasir silika, Manganese, Perrolite, Zeolit dan karbon aktif dan air akan dialiri lagi ke aliran kamar mandi secara langsung. Hasil akhir dari kegiatan pengabdian menghasilkan alat teknologi tepat guna memonitoring kualitas air mandi dan alat yang terpasang dapat berfungsi dengan baik dan mampu penyaringan air menjadi jernih.

References

Agustian Noor, Arif Supriyanto, & Herfia Rhomadhona. (2019). Aplikasi Pendeteksi Kualitas Air Menggunakan Turbidity Sensor Dan Arduino Berbasis Web Mobile. Jurnal Coreit, 5(1).

Alwin Mugiyantoro, Istifari Husna Rekinagar, Corintia Dian Primaristi, & Joko Soesilo. (20117). Penggunaan Bahan Alam Zeolit, Pasir Silika, Dan Arang Aktif Dengan Kombinasi Teknik Shower Filterisasi Fe, Mn, Dan Mg Pada Air Tanah Di Upn Veteran Yogyakarta. Proceeding, Seminar Nasional Kebumian Ke -10.

Faisal, M., & Puryanti, D. (2016). Perancangan Sistem Monitoring Tingkat Kekeruhan Air Secara Realtime Menggunakan Sensor Tsd-10. Jurnal Ilmu Fisika, 8, 1–9.

Gunarto, Eko Julianto, Eko Sarwono, Muhammad Iwan, & Ya’zaid Munandar. (2022). Penerapan Teknologi Tepat Guna Alat Penjernih Air Model Filtrasi Pada Panti Asuhan Amal Jariyah Sekunder C Kecamatan Rasau Jaya Umum Kabupaten Kubu Raya Kalimantan Barat. Buletin Al-Ribaath, 19, 170–177.

Henny Leidiyana, Harry Priantoro, Farida Cinda R, & S Simatupang. (2019). Perancangan Alat Pendeteksi Tingkat Kekeruhan Air Kamar Mandi Menggunakan Mikrokontroller Arduino Nano. Bianglala Informatika, 7(1).

Laili Hidayati, & Zaenal Abidin. (2016). Faktor Yang Berhubungan Dengan Penyakit Scabies Di Poli Penyakit Kulit Dan Kelamin Rumah Sakit Umum Daerah Pringsewu Kabupaten Pringsewu Tahun 2015. Dunia Kesmas , 5(1).

Muhammad Faisal, Harmadi, & Dwi Puryanti. (2016). Perancangan Sistem Monitoring Tingkat Kekeruhan Air Secara Realtime Menggunakan Sensor Tsd-10. Jurnal Ilmu Fisika (Jif), 8(1), 9.

Nike Ika Nuzula, & Endarko. (2013). Perancangan Dan Pembuatan Alat Ukur Kekeruhan Air Berbasis Mikrokontroler Atmega 8535. Sain Dan Seni Pomits, 2(1), 1–5.

Permenkes Nomor 492 Tahun 2010. (N.D.). Permenkes Nomor 492 Tahun 2010.

Saeful Bahri, & Kholisotu Fikriyah. (2018). Prototype Monitoring Penggunaan Dan Kualitas Air Berbasis Web Menggunakan Raspberry Pi. Jurnal Elektum, 15(2).

Saeful Bahri, & Putra Arista Pratama. (2016). Perancangan Prototipe Sistem Pemantauan Pemakaian Air Secara Digital Dalam Rangka Meningkatkan Akurasi Pencatatan Pemakaian Air Pelanggan. Elektum, 13(2).

Setyo Purwoto, & Joko Sutrisno. (2016). Pengolahan Air Tanah Berbasis Treatment Ferrolite, Manganese Zeolite , Dan Ion Exchange. Teknik Waktu, 14(02).

Downloads

Published

2023-11-25

How to Cite

Mursalin, M., & Rahmadi, A. . (2023). SISTEM MONITORING KUALITAS AIR MANDI MENGGUNAKAN MIKROKONTROL BERBASIS ARDUINO PADA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH SINTANG. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10574–10580. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21627