IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR PADA SISWA KELAS 1 SDN 58 KOTA BENGKULU
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20921Keywords:
Kampus Mengajar, Literasi, Media Pembelajaran Kotak PintarAbstract
Kampus Mengajar adalah program di bawah inisiatif Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM), dengan tujuan meningkatkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Pengenalan program ini telah memberi siswa di seluruh Indonesia peluang berharga untuk mengembangkan keterampilan lunak dan keras mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi program kampus mengajar, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan mengkaji dampak program terhadap budaya literasi siswa di SDN 58 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya metodologi studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa bentuk implementasi program kampus mengajar angkatan 5 di SDN 58 Kota Bengkulu berupa media pembelajaran kotak pintar terkhusus untuk siswa kelas 1.References
Andriyani, H., Zubair, M., Alqadri, B., & Mustari, M. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Dan Dampaknya Terhadap Budaya Literasi Siswa Di Sdn 43 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 452-459.
Ayu Septina, R. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Talk Dan Self Instruction Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp Mutual Kota Magelang) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).
Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 783-790.
Etika, E., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & Al Maida, D. R. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Jeid: Journal Of Educational Integration And Development, 1(4), 281-290.
Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara
Puspitasari, K., & Khotimah, M. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta
Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Aresti Polinda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.