IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR PADA SISWA KELAS 1 SDN 58 KOTA BENGKULU

Authors

  • Aresti Polinda Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eli Rustinar Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Reni Kusmiarti Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Septiana Lisdayanti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20921

Keywords:

Kampus Mengajar, Literasi, Media Pembelajaran Kotak Pintar

Abstract

Kampus Mengajar adalah program di bawah inisiatif Kampus Merdeka Belajar Merdeka (MBKM), dengan tujuan meningkatkan literasi, numerasi, adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah. Pengenalan program ini telah memberi siswa di seluruh Indonesia peluang berharga untuk mengembangkan keterampilan lunak dan keras mereka. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi program kampus mengajar, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, dan mengkaji dampak program terhadap budaya literasi siswa di SDN 58 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, khususnya metodologi studi kasus. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa bentuk implementasi program kampus mengajar angkatan 5 di SDN 58 Kota Bengkulu  berupa media pembelajaran kotak pintar terkhusus untuk siswa kelas 1.

References

Andriyani, H., Zubair, M., Alqadri, B., & Mustari, M. (2023). Implementasi Program Kampus Mengajar Angkatan 4 Dan Dampaknya Terhadap Budaya Literasi Siswa Di Sdn 43 Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 452-459.

Ayu Septina, R. (2020). Efektivitas Konseling Kelompok Dengan Teknik Self Talk Dan Self Instruction Untuk Meningkatkan Regulasi Diri Siswa (Penelitian Pada Siswa Kelas Viii Smp Mutual Kota Magelang) (Doctoral Dissertation, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang).

Bhakti, Y. B., Simorangkir, M. R. R., Tjalla, A., & Sutisna, A. (2022). Kendala Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Perguruan Tinggi. Research And Development Journal Of Education, 8(2), 783-790.

Etika, E., Pratiwi, S. C., Lenti, D. M. P., & Al Maida, D. R. (2021). Peran Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 2 Dalam Adaptasi Teknologi Di Sdn Dawuhan Sengon 2. Jeid: Journal Of Educational Integration And Development, 1(4), 281-290.

Gunawan, I. (2013). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara

Puspitasari, K., & Khotimah, M. (2013). Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Kotak Pintar Pada Anak Kelompok A Tk Pertiwi 1 Balongbesuk Kec. Diwek Kab. Jombang.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Thufula: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(1).

Downloads

Published

2023-11-09

How to Cite

Polinda, A. ., Rustinar, E. ., Kusmiarti, R. ., & Lisdayanti, S. . (2023). IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN KOTAK PINTAR PADA SISWA KELAS 1 SDN 58 KOTA BENGKULU. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9758–9762. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20921