PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI DAN REFLEKSI (LOC-R) DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21564Keywords:
Sosialisasi, Literasi, Model Pembelajaran LOC-RAbstract
Mengantisipasi tantangan dan kebutuhan ketrampilan abad 21 diharapkan peserta didik mampu memiliki kemampuan literasi. Hasil PISSA pada tahun 2018 menggambarkan bahwa skor literasi khususnya literasi sains, membaca dan numeric peserta didik di Indonesia berada pada level bawah dan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan pemerintah sangat serius menanggapi permasalahan tersebut. Peningkatan Literasi di Maluku Utara terus dilakukan oleh pemerintah dengan menghadirkan perpustakaan mini, pojok baca, dan bahkan membuat festival membaca. Akan tetapi belum juga dapat meningkatkan literasi pada peserta didik. Banyak factor yang menyebabkan permasalah tersebut diantaranya belum diintegrasikan literasi dalam pembelajara. Oleh karena itu tim pengadi melakukan kegiatan PKM dengan mengenalkan salah satu model yang belum banyak diimplementasikan oleh guru di kelas, yakni model pembelajaran LOC-R. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru matapelajaran di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Dengan melaksanakan tiga tahapan yakni observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan di evaluasi pada akhir kegiatan, hasilnya peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan menginginkan adanya pendampingan kepada guru-guru untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini di kelas.References
Bayu, Nuansa B. dkk. (2022). Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Atlantis ) Volume 633.
Bayu, Nuansa B. Maryani, Enok, Supriatna & Ruhimat, MAmat. (2018). Investigated The Imlementation of Map Literascy Learning Model. Jurnal Geosfera Indonesia. Volume 3 No 2 Page 146-162
Dhesita, J. Syela. (2022). Analisis Penerapan Model pembelajaran LOC-R Terhadap kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah UNY. Vol 4 (2), 210-226
Huda, Miftahul. (2011). Penerapan Model Pembelajaran (Meaningful Intruction Design) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 109 Bengkulu Utara. Skripsi. Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/3759/1/Miftahul%20huda.Pdf
Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. 2020. Mengembangkan Karakter Entrepeuner Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyrakat. Vol 2 (2). 93-104
Kurniawan, Hendra. (2018). Literasi dalam pembelajan Sejarah. Grava Media. Yogyakarta.
Laporan Nasional Hasil Pisa. (2018). https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf diakses tanggal 3 Agustus 2023
Pasongli, Hernita., Marthinu, Eva,. La Taju, Julianto,. Adjam. Syarifuddin,. Djumati, Fahria & Muh, Icksan. (2021). Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi (LOC-R) di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Edukasia. Vol 3 (3). 579-588
Sugiyanto. Maryani, Enok & Ruhimat, Mamat. (2017). Studi Kepahaman Guru IPS tentang Literasi Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 26 No 2. Page 205-2018.
Redi, Karunaidhi. (2014). Reading Literacy in Primary Schools in South Africa: Educator Perspectives on Factors Affecting Reading Literacy and Strategies for Imrovement. Jurnal Internasional Journal of Educationgnal Scienses. Vol 7 (1), 155-167
Widyani. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hernita Pasongli
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.