PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI DAN REFLEKSI (LOC-R) DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI

Authors

  • Hernita Pasongli Pasongli Universitas Khairun
  • Eva Marthinu Marthinu Universitas Khairun
  • Vrita Tri Aryuni Aryuni Universitas Khairun
  • Risky Nuri Amelia Universitas Khairun
  • Yuni Andriani Safitr Safitr Universitas Khairun

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21564

Keywords:

Sosialisasi, Literasi, Model Pembelajaran LOC-R

Abstract

Mengantisipasi tantangan dan kebutuhan ketrampilan abad 21 diharapkan peserta didik mampu memiliki kemampuan literasi. Hasil PISSA pada tahun 2018 menggambarkan bahwa skor literasi khususnya literasi sains, membaca dan numeric peserta didik di Indonesia berada pada level bawah dan mengalami penurunan. Hal ini menyebabkan pemerintah sangat serius menanggapi permasalahan tersebut. Peningkatan Literasi di Maluku Utara terus dilakukan oleh pemerintah dengan menghadirkan perpustakaan mini, pojok baca, dan bahkan membuat festival membaca. Akan tetapi belum juga dapat meningkatkan literasi pada peserta didik. Banyak factor yang menyebabkan permasalah tersebut diantaranya belum diintegrasikan literasi dalam pembelajara. Oleh karena itu tim pengadi melakukan kegiatan PKM dengan mengenalkan salah satu model yang belum banyak diimplementasikan oleh guru di kelas, yakni model pembelajaran LOC-R. Kegiatan ini dihadiri oleh guru-guru matapelajaran di SMA Negeri 5 Kota Ternate. Dengan melaksanakan tiga tahapan yakni observasi, pelaksanaan dan evaluasi. Hasil kegiatan di evaluasi pada akhir kegiatan, hasilnya peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan dari awal sampai akhir dan menginginkan adanya pendampingan kepada guru-guru untuk mengimplementasikan model pembelajaran ini di kelas.

References

Bayu, Nuansa B. dkk. (2022). Teacher’s Perception: Designing Step-by-Step LOC-R (Literacy, Orientation, Collaboration, Reflection) in Sociocultural Literacy Teaching. Jurnal Advances in Social Science, Education and Humanities Research (Atlantis ) Volume 633.

Bayu, Nuansa B. Maryani, Enok, Supriatna & Ruhimat, MAmat. (2018). Investigated The Imlementation of Map Literascy Learning Model. Jurnal Geosfera Indonesia. Volume 3 No 2 Page 146-162

Dhesita, J. Syela. (2022). Analisis Penerapan Model pembelajaran LOC-R Terhadap kemampuan Literasi Siswa Dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Ilmiah UNY. Vol 4 (2), 210-226

Huda, Miftahul. (2011). Penerapan Model Pembelajaran (Meaningful Intruction Design) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sdn 109 Bengkulu Utara. Skripsi. Http://Repository.Iainbengkulu.Ac.Id/3759/1/Miftahul%20huda.Pdf

Isma, A., Rakib, M., & Halim, N. 2020. Mengembangkan Karakter Entrepeuner Siswa Melalui Pelatihan Kewirausahaan di SMK Negeri 1 Sidrap. Jurnal Inovasi Pengabdian dan Pemberdayaan Masyrakat. Vol 2 (2). 93-104

Kurniawan, Hendra. (2018). Literasi dalam pembelajan Sejarah. Grava Media. Yogyakarta.

Laporan Nasional Hasil Pisa. (2018). https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/1/Laporan%20Nasional%20PISA%202018%20Indonesia.pdf diakses tanggal 3 Agustus 2023

Pasongli, Hernita., Marthinu, Eva,. La Taju, Julianto,. Adjam. Syarifuddin,. Djumati, Fahria & Muh, Icksan. (2021). Aktivitas Belajar Peserta Didik dengan pembelajaran Literasi, Orientasi, Kolaborasi dan Refleksi (LOC-R) di SMP Negeri 7 Kota Ternate. Jurnal Edukasia. Vol 3 (3). 579-588

Sugiyanto. Maryani, Enok & Ruhimat, Mamat. (2017). Studi Kepahaman Guru IPS tentang Literasi Geografi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. Volume 26 No 2. Page 205-2018.

Redi, Karunaidhi. (2014). Reading Literacy in Primary Schools in South Africa: Educator Perspectives on Factors Affecting Reading Literacy and Strategies for Imrovement. Jurnal Internasional Journal of Educationgnal Scienses. Vol 7 (1), 155-167

Widyani. (2018). Panduan Gerakan Literasi Sekolah Menengah Kejuruan. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta.

Downloads

Published

2023-11-23

How to Cite

Pasongli, H. P., Marthinu, E. M., Aryuni, V. T. A., Amelia, R. N., & Safitr, Y. A. S. (2023). PENGENALAN MODEL PEMBELAJARAN LITERASI, ORIENTASI, KOLABORASI DAN REFLEKSI (LOC-R) DALAM PEMBELAJARAN GEOGRAFI. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10546–10549. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21564