PELATIHAN DAN PENGENALAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR LAYANAN DI RESTORAN HOTEL BINTANG LIMA

Authors

  • Jimmy Muller Hasoloan Situmorang Universitas Pelita Harapan
  • Vasco Adato H. Goeltom Universitas Pelita Harapan
  • Juliana Juliana Universitas Pelita Harapan
  • Jacklyn Angelina Universitas Pelita Harapan
  • Jane Keisya Tandra Universitas Pelita Harapan
  • Vallery Valencia Universitas Pelita Harapan

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21199

Keywords:

Standar Operasional Prosedur, Makanan, Minuman, Layanan

Abstract

PkM ini berupaya untuk membahas mengenai keberadaan Standar Operasional Prosedur yang bersifat krusial dalam restoran, terutama jika membicarakan mengenai Food & Beverage Service. Standar Operasional Prosedur dapat dipandang sebagai sebuah arahan baik bagi setiap individu yang terlibat dalam kegiatan pekerjaan maupun pelatihan. Seperti yang diketahui, bahwa sektor Food & Beverage sangat berkaitan dengan pelayanan. Metode yang diterapkan penulis untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh mitra Pengabdian kepada Masyarakat adalah melalui metode pelatihan. Melalui kegiatan ini, diharapkan setiap peserta mampu untuk memahami pentingnya layanan yang dilakukan kepada tamu, terlebih kepada tamu restoran. PkM ini juga diharapkan mampu menjadi sebuah kegiatan praktik bagi setiap peserta untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin dan memperluas wawasan siswa siswi ketika melakukan service di masa mendatang

References

Achmad, F. P., & Arifin, T. (2021). Pengembangan Sistem Informasi Restoran Berbasis Android Dan Desktop Pada Restoran Sushi Zen Ramen. Jurnal Responsif: Riset Sains Dan Informatika, 3(1), 1–11.

Albesta, M. (2018). Pengaruh Kualitas Makanan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Cafe Warunk Upnormal Kota Malang. Jurnal Manajemen Ekonomi Dan Bisnis, 6(2), 1–17.

Goeltom, Vasco Adato H, Gosal, Mindhie Tama; Wongjaya, Lauren Evangeline?;Tjandra, Kenneth?; Juliana, J. (2014). Upaya Peningkatan Konsumsi Asam Lemak Omega-3 (Studi Kasus Pada Peserta Didik Smkn 7 Tangerang Selatan). Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 7(2), 107–115.

Haryati, R. A. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Studi Kasus Pada PT Visi Sukses Bersama Jakarta. Jurnal Sekretari Dan Manajemen, 3(1), 91–98.

Horn , Nyoman Damien?; Oei, Jonathan?; Carven, Carven; Juliana, J. (2021). How To Make Xiao Long Bao Fusion With Indonesia Cuisine. Journal of Community Service and Engagement ( JOCOSAE ), 01(01), 30–39.

Hubner, Ira Brunchilda, Juliana, Rudy Pramono, Sandra Maleachi, Deandra Asthyn Pakasi, & N. B. S. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram Dalam Promosi Produk Kuliner. Ta’Awun, 1(02), 162–176. Https://Doi.Org/10.37850/Taawun.V1i02.197.

Hubner, I. B., Sihombing, S. O., Pramono, R., & Hidayat, J. (2022). Training On Marketing Strategies In The Utilization Of Bamboo Creations As A Resource Of Life As Hotel And Culinary Amenities Journal of Community Service and Engagement. Journal of Community Service and Engagement (JOCOSAE), 2(4), 29–41.

Hubner, I. B., Sweet, D., & Joanna, I. (2021). Eggs Martabak Training With Shirataki to Students SMKN 7 Tangerang. Journal of Community Service and Engagement ( JOCOSAE ), 01(01), 7–12.

Indra, F., Pramezwary, A., Hubner, I. B., Liha, S. M., & Jocelyn, C. (2023). Pengenalan Dan Pelatihan Olahan Kue Klepon Kukus Di Desa Curug Wetandesa Curug Wetan. 4(4), 8398–8402.

Ira Brunchilda Hubner, Juliana, Rudy Pramono, Sandra Maleachi, Deandra Asthyn Pakasi, & Nova Bernedetta Sitorus. (2021). Pelatihan Penggunaan Instagram dalam Promosi Produk Kuliner. Ta’Awun, 1(02), 162–176. https://doi.org/10.37850/taawun.v1i02.197

Juliana, J., Maleachi, S., Yulius, K. G., & Situmorang, J. (2020). Pelatihan Pembuatan Salad Sayur Hidroponik Dan Cara Pemasaran Yang Tepat Dalam E-Commerce. Jurnal Abdimas BSI Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 208–216.

Juliana, J., Pramono, R., Sianipar, R., & Indra, F. (2021). Pengenalan Dan Pelatihan Mengenai Professional Ethics Dan Social Responsibilities For Hospitality And Tourism. Jurnal Sinergitas Pkm & CSR, 5(2), 426-433.

Juliana, Juliana, Virginia, E., & Yurisca, Vennia, Winnie, W. (2020). Cauliflower Product Activity. 32–37.

Juliana, Juliana; Sitorus, Nova Bernedeta; Kristiana, Yustisia; Ardania, Jessica?; Natalie, N. (2021). Pengenalan Daya Tarik Wisata Kampung Batu Malakasari Bagi Siswa-Siswi SMK Jakarta Wisata I Jakarta Selatan. Jurnal Abdimas Berdaya, 4(021), 82–90.

Juliana, Pramezwary, A., Wowor, W. M., Maleachi, S., & Goeltom, D. R. H. (2020). Pengenalan Dan Pelatihan Mengenai Cloud Kitchen –Small Business Culinary?: Dessert Kepada Siswa-Siswi SMA / SMK. Journal Of Social Responbility Projects By Higher Education Forum, 1(2), 53–60.

Juliana, Pramezwary, A., Wowor, W. M., Maleachi, S., & Goeltom, D. R. H. (2020). Pengenalan dan Pelatihan Mengenai Cloud Kitchen – Small Business Culinary?: Dessert Kepada Siswa-Siswi SMA / SMK. Journal of Social Responbility Projects by Higher Education Forum, 1(2), 53–60.

Kurian, G., & Muzumdar, P. (2017). Restaurant Formality And Customer Service Dimensions In The Restaurant Industry: An Empirical Study. Atlantic Marketing Journal, 6(1), 75–92.

Lemy, D. M., Pramezwary, A., & Junus, C. (2021). Pelatihan Pembuatan Sarapan Sehat Training For Making Healthy Breakfast Universitas Pelita Harapan , Indonesia A . Pendahuluan Kondisi pandemi covid-19 yang melanda seluruh dunia , memberi dampak negatif juga bagi kondisi perekonomian . Indonesia juga tid. 4, 128–137.

.Mulyono, A. V., Septiano, B., & Aprilia, A. (2021). Pengaruh Dining Experience Terhadap Kepuasan Konsumen Dan Revisit Intention Di Restoran Korea Di Surabaya Pada Era New Normal. Jurnal Manajemen Perhotelan, 7(1), 20–31.

Pramezwary, A. L. D. M. J. J. H. B. I. D. J. , H. D. J. , E. C. C. W. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Sayur Organik Dalam Pembuatan Makanan Saladsehat Dan Strategi Pemasaran Di Panti Asuhan Santo Yusuf Sindanglaya. Communnity Development Journal.

Pramono, Rudy , Juliana, Wicaksono, E. A. (2021). Pengembangan Eduwisata Di Kampung Wisata Keranggan Kota Tangerang Selatan. Prosiding PKM-CSR, 4, 842.

Sianipar, R., Maleachi, S., Bernedeta Sitorus, N., Perhotelan, P., Pariwisata, F., Pelita Harapan, U., Pariwisata, D., & Pariwisata Medan, P. (2023). Pelatihan Hygiene Dan Sanitasi Bagi Pelaku Usaha Kuliner Di Desa Wisata Huta Siallagan Samosir. Communnity Development Journal, 4(2), 4904–4913

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Situmorang, J. M. H., Goeltom, V. A. H. ., Juliana, J., Angelina, J. ., Tandra, J. K. ., & Valencia, V. . (2023). PELATIHAN DAN PENGENALAN STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR LAYANAN DI RESTORAN HOTEL BINTANG LIMA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11213–11216. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21199