PEMANTAPAN MATERI SISTEM SIRKULASI SISWA SMAN 2 SUNGAI LIMAU DENGAN PRAKTIKUM PEMERIKSAAN GOLONGAN DARAH
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20493Keywords:
Pemeriksaan; Golongan Darah; SiswaAbstract
Di SMAN 2 Sungai Limau, pemahaman mengenai pemeriksaan golongan darah masih kurang mendalam karena terbatasnya peralatan dan materi di sekolah. Banyak siswa yang tidak mengetahui golongan darah mereka, dan informasi ini tidak tercantum dalam identitas mereka. Pemeriksaan golongan darah bertujuan untuk menentukan golongan darah seseorang (A, B, AB, atau O). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang pemeriksaan golongan darah, serta untuk mengidentifikasi golongan darah siswa sebagai tambahan informasi identitas mereka. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk memperkuat pemahaman tentang sistem peredaran darah. Metode pelaksanaan penelitian ini melibatkan kunjungan langsung ke sekolah, pemberian materi oleh ahli dan mahasiswa kepada siswa, dilanjutkan dengan kegiatan diskusi, praktik pemeriksaan golongan darah, dan pengambilan foto bersama. Hasil dari penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap sistem peredaran darah, peningkatan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang pemeriksaan golongan darah, serta pengetahuan siswa tentang golongan darah masing-masing, yang dapat digunakan sebagai informasi tambahan dalam identitas siswa.References
Darmawati, S. (2019). Penentuan golongan darah sistem ABO dengan serum dan reagen anti-sera metode slide. Gaster, 17(1), 77–85.
Garini, A., NauE, D. A. B., & Syailendra, A. (2020). Pemeriksaan Golongan Darah Sistem ABO dan Rhesus pada Pelajar TK di Kota Palembang Tahun 2019. LINK, 16(1), 12–16.
Hasanuddin, A., Hamson, Z., Warsidah, A. A., Hasin, A., & Nurhaedah, N. (2022). Pemeriksaan Golongan Darah sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Masyarakat tentang Kebermanfaatan Darah. BAKTIMAS: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(2), 59–69.
Hasanuddin, A. R. P., & Salnus, S. (2020). Pemeriksaan golongan darah bagi masyarakat desa taccorong sebagai upaya pemahaman tentang kebutuhan dan manfaat darah. Jurnal ABDIMAS Panrita, 1(1), 16–19.
Hikma, E. N., Mutholib, A., & Garini, A. (2021). Gambaran Golongan Darah Sistem ABO dan Rhesus Suku Asli Sumatera Selatan. Journal of Medical Laboratory and Science, 1(1), 1–6.
Lestari, D. F., Fatimatuzzahra, F., & Jarulis, J. (2020). Pemeriksaan Golongan Darah dan Rhesus Pada Siswa Kelas X SMA Negeri 11 Bengkulu Utara. Jurnal Solma, 9(2), 308–315.
Maharani, E. A., & Noviar, G. (2018). Bahan Ajar Teknologi Laboratorium Medik (TLM) Imunohematologi dan Bank Darah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Mulyantari, N. K., & Yasa, I. (2016). Laboratorium Pratransfusi Up Date. Denpasar, Bali: Universitas Udayana, 60.
Sebayang, R., & Mariadi, P. D. (2018). Pentingnya Pemeriksaan Golongan Darah Bagi Siswa/Siswi Sma Guna Mendapatkan Pelayanan Kesehatan Yang Berkualitas. Jurnal Abdimas Musi Charitas, 2(2), 61–65.
Yusuf, R. N., & Yola, N. (2021). Analisis Pemeriksaan Golongan Darah Donor Pada Metode Microplate Test. Jurnal Kesehatan Saintika Meditory, 4(1), 61–70.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Elsa Yuniarti, Rahmadhani Fitri, Vauzia Vauzia, Rezi Junialdi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.