PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING DALAM MENUNJANG KEWIRAUSAHAAN MANDIRI PADA MASYARAKAT KAMPUNG WISATA BRAGA

Authors

  • Khoirun Nisa Bahri Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Abdul Rozak Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Minhajuddin Minhajuddin Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Delfta Tunjung Baswarani Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Pandu Sapto Desmantyo Universitas ‘Aisyiyah Bandung
  • Marsya Rhani Revalina Universitas ‘Aisyiyah Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21130

Keywords:

Strategi Pemasaran, Branding, Kewirausahaan, Kampung Wisata Braga

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan destinasi pariwisata. Indonesia memiliki alam yang sangat indah dan pilihan budaya yang sangat unik. Beberapa tempat di Indonesia terbukti menjadi destinasi populer bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu kota di Indonesia yang menjadi destinasi favorit para wisatawan lokal maupun internasional adalah Kota Bandung. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Pemprov Jabar mengungkapkan, ada 22 juta wisatawan domestik serta 1.156 wisatawan mancanegara berkunjung selama 2022. Berdasarkan angka tersebut, jumlah wisatawan yang datang ke Jabar sudah hampir memenuhi target. Pemprov Jabar menargetkan 36 juta wisatawan nusantara dan 33 ribu wisatawan mancanegara pada tahun 2022. Diantara banyaknya wisata di Kota Bandung, wilayah Braga menjadi salah satu destinasi yang jarang terlewatkan oleh para wisatawan. Saat ini di kawasan Braga terdapat sebuah  kampung wisata yang dulunya merupakan desa kreatif. Kampung Wisata Braga beranggotakan masyarakat di kawasan Braga mulai dari RW 01 hingga RW 08. Masyarakat di kawasan Kampung Wisata Braga memiliki visi untuk menaikkan level wisatawan yang datang ke kawasan Braga. Namun dalam praktiknya, mereka masih mandiri dalam mengimplementasikan berbagai rencana kerja. Oleh karena itu, pelatihan dan bantuan eksternal sangat dibutuhkan untuk meningkatkan strategi pemasaran dan membangun branding untuk mendukung semua kegiatan dan kewirausahaan mandiri di Kampung Wisata Braga. 

References

Aaker, D. A. (2009). Managing Brand Equity. Simon And Schuster.

Bahri, K. N., & Komaladewi, R. (2023). The Influence Of Instagram, Brand Image, And Price On Online Purchase Decisions. Asia Pacific Journal Of Management And Education (Apjme), 6(1), 79-93.

Vidada, I. A. Strategi Merek Dalam Pemasaran Produk.

Rangkuti, F. (2004). The Power Of Brands. Gramedia Pustaka Utama.

Bps.Go.Id

Downloads

Published

2023-11-14

How to Cite

Bahri, K. N. ., Rozak, A. ., Minhajuddin, M., Baswarani, D. T. ., Desmantyo, P. S. ., & Revalina, M. R. . (2023). PENINGKATAN STRATEGI PEMASARAN DAN BRANDING DALAM MENUNJANG KEWIRAUSAHAAN MANDIRI PADA MASYARAKAT KAMPUNG WISATA BRAGA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10007–10011. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21130

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.