OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN PENGEMBANGAN KEMASAN PADA UMKM MAK MIRWAN DI DESA TALANG NANGKA KEC. LEMBAK KAB. MUARA ENIM

Authors

  • Indriani Putri Utami Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Msy Putri Satya Zulhijah Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Dona Dorianti Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Diva Amanda Kurniawan Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Meilin Veronica Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • Bahrul Ulum Universitas Indo Global Mandiri Palembang
  • RM. Rum . Hendarmin Universitas Indo Global Mandiri Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20424

Keywords:

Media Sosial, Kemasan, UMKM, Produk, Kerupuk

Abstract

Desa Talang Nangka merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Desa ini memiliki banyak UMKM salah satunya adalah kerupuk ikan. Permasalahan pada produk adalah dimana kurangnya promosi atau penjualan produk menggunakan media sosial serta kemasannya yang masih sederhana dan belum memiliki identitas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dengan cara mengajarkan kepada masyarakat cara membuat promosi melalui media sosial serta kemasan yang menarik, efisien dan praktis agar di minati konsumen dengan memanfaatkan standing pouch packing dan stiker logo untuk meningkatkan penjualan dan agar bisa bersaing dengan produk lainnya. Metode pelaskanaan pengabdian ini menggunakan metode interview di lapangan, yaitu tahap survei, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan di Desa Talang Nangka, tepatnya di rumah Mak Mirwan. Dan berdasarkan hasil dari analisis dan wawancara , kami melakukan pengenalan promosi ke media sosial, seperti membuat akun media sosial (Instagram) serta penambahan nomor telepon yang bisa terhubung ke whatsapp pada kemasan dan perubahan desain kemasan seperti penambahan logo pada kemasan. Desain kemasan ditingkatkan menjadi lebih menarik dan lebih mencerminkan jenis dan identitas produk. Dengan adanya penambahan akun media sosial dan nomor telepon dan perubahan desain produk yang menarik dapat meningkatkan lebih banyak minat konsumen terhadap produk UMKM “Kerupuk Ikan Mak Mirwan”, dengan promosi melalui media sosial serta kemasan produk yang baru mendapatkan peningkatan nilai jual yang lebih tinggi serta memiliki nama produk tersendiri sehingga dapat mengoptimalkan pemasaran kemasan produk UMKM “ Kerupuk Ikan Mak Mirwan “ di Desa Talang Nangka. Jadi inovasi pada kemasan merupakan salah satu strategi yang membuat konsumen tertarik dan tidak bosan serta produk yang ditawarkan juga merupakan strategi untuk bersaing di dalam daerah maupun luar daerah.

References

Astuti, A., Syafriani, S., & Viora, D. (2020). Pengembangan Usaha Ikan Nila Di Desa Merangin Kecamatan Kampar Riau. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 71. Https://Doi.Org/10.25273/Jta.V5i1.5053

Casmiwati, D., Lubis, L., Hartati, S., & Fatmawati, R. (2022). Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Kerupuk Ikan Melalui Inovasi Pengemasan Dan Online Marketing Di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 11–15. Https://Doi.Org/10.30649/Jpmp.V1i1.85

Endah Dewi Purnamasari, Anggraini, L. D., Faradillah, F., & Jinal, J. (2022). Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1511–1516. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V6i6.11751

Handayani, N., & Mustika, H. (2022). Peningkatan Bisnis Umkm Kerupuk Melalui Optimalisasi Packaging Produk. Jurnal Pengabdian Kepada …, 01(02), 95–102. Https://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/View/404%0ahttps://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/Download/404/234

Kristianita, E. Y., Hermawati, R. A., Putri, D. A., Liawati, F., & Hayati, C. (2023). Inovasi Pemasaran Produk Olahan Pangan Pesisir Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Pada Krupuk Ikan Jenggelek. 1(2), 52–57.

Nangka, T., Enim, K. M., Lembak, K., Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., Anugrah, T. T., Rizki, M. A., Veronica, M., Ulum, M. B., & Hendarmin, R. (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk Umkm Kemplang Ubi Di Desa. 2(1), 83–91.

Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23.

Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332. Https://Doi.Org/10.54082/Jamsi.430

Yani, N., Harini, S., Saputra, H., Hodailma, A., & Ningsih, K. F. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Pada Umkm Peci Assagofah Di Desa Banjarwangi Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 30–35. Https://Doi.Org/10.55606/Jpmi.V2i1.1065

Yelnim, Y., Hamdani, D., Abdallah, Z., & Sari, A. E. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Kerupuk Sari Ikan Melalui Inovasi Produksi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 34–41. Https://Doi.Org/10.24967/Psn.V2i1.1491

Downloads

Published

2023-10-28

How to Cite

Utami, I. P. ., Zulhijah, M. P. S. ., Dorianti, D. ., Kurniawan, D. A. ., Veronica, M. ., Ulum, B., & Hendarmin, R. R. . (2023). OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN PENGEMBANGAN KEMASAN PADA UMKM MAK MIRWAN DI DESA TALANG NANGKA KEC. LEMBAK KAB. MUARA ENIM. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9296–9304. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20424