OPTIMALISASI DIGITAL MARKETING DAN PENGEMBANGAN KEMASAN PADA UMKM MAK MIRWAN DI DESA TALANG NANGKA KEC. LEMBAK KAB. MUARA ENIM
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20424Keywords:
Media Sosial, Kemasan, UMKM, Produk, KerupukAbstract
Desa Talang Nangka merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan Lembak, Kabupaten Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan. Desa ini memiliki banyak UMKM salah satunya adalah kerupuk ikan. Permasalahan pada produk adalah dimana kurangnya promosi atau penjualan produk menggunakan media sosial serta kemasannya yang masih sederhana dan belum memiliki identitas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dengan cara mengajarkan kepada masyarakat cara membuat promosi melalui media sosial serta kemasan yang menarik, efisien dan praktis agar di minati konsumen dengan memanfaatkan standing pouch packing dan stiker logo untuk meningkatkan penjualan dan agar bisa bersaing dengan produk lainnya. Metode pelaskanaan pengabdian ini menggunakan metode interview di lapangan, yaitu tahap survei, pelaksanaan, dan evaluasi. Kegiatan ini dilakukan di Desa Talang Nangka, tepatnya di rumah Mak Mirwan. Dan berdasarkan hasil dari analisis dan wawancara , kami melakukan pengenalan promosi ke media sosial, seperti membuat akun media sosial (Instagram) serta penambahan nomor telepon yang bisa terhubung ke whatsapp pada kemasan dan perubahan desain kemasan seperti penambahan logo pada kemasan. Desain kemasan ditingkatkan menjadi lebih menarik dan lebih mencerminkan jenis dan identitas produk. Dengan adanya penambahan akun media sosial dan nomor telepon dan perubahan desain produk yang menarik dapat meningkatkan lebih banyak minat konsumen terhadap produk UMKM “Kerupuk Ikan Mak Mirwan”, dengan promosi melalui media sosial serta kemasan produk yang baru mendapatkan peningkatan nilai jual yang lebih tinggi serta memiliki nama produk tersendiri sehingga dapat mengoptimalkan pemasaran kemasan produk UMKM “ Kerupuk Ikan Mak Mirwan “ di Desa Talang Nangka. Jadi inovasi pada kemasan merupakan salah satu strategi yang membuat konsumen tertarik dan tidak bosan serta produk yang ditawarkan juga merupakan strategi untuk bersaing di dalam daerah maupun luar daerah.References
Astuti, A., Syafriani, S., & Viora, D. (2020). Pengembangan Usaha Ikan Nila Di Desa Merangin Kecamatan Kampar Riau. Jurnal Terapan Abdimas, 5(1), 71. Https://Doi.Org/10.25273/Jta.V5i1.5053
Casmiwati, D., Lubis, L., Hartati, S., & Fatmawati, R. (2022). Peningkatan Pendapatan Usaha Kecil Menengah Kerupuk Ikan Melalui Inovasi Pengemasan Dan Online Marketing Di Desa Kalanganyar, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Pengabdian Masyarakat Pesisir, 11–15. Https://Doi.Org/10.30649/Jpmp.V1i1.85
Endah Dewi Purnamasari, Anggraini, L. D., Faradillah, F., & Jinal, J. (2022). Pentingnya E-Commerce Pada Pelaku Usaha Kerupuk Kemplang Lembak. Dinamisia?: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(6), 1511–1516. Https://Doi.Org/10.31849/Dinamisia.V6i6.11751
Handayani, N., & Mustika, H. (2022). Peningkatan Bisnis Umkm Kerupuk Melalui Optimalisasi Packaging Produk. Jurnal Pengabdian Kepada …, 01(02), 95–102. Https://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/View/404%0ahttps://Journal.Unisnu.Ac.Id/Khairaummah/Article/Download/404/234
Kristianita, E. Y., Hermawati, R. A., Putri, D. A., Liawati, F., & Hayati, C. (2023). Inovasi Pemasaran Produk Olahan Pangan Pesisir Dalam Mencapai Keunggulan Kompetitif Pada Krupuk Ikan Jenggelek. 1(2), 52–57.
Nangka, T., Enim, K. M., Lembak, K., Dwiwansi, P., Rahayu, D. P., Anugrah, T. T., Rizki, M. A., Veronica, M., Ulum, M. B., & Hendarmin, R. (2022). Penyuluhan Digitalisasi Pemasaran Produk Umkm Kemplang Ubi Di Desa. 2(1), 83–91.
Noviana, T. N., Rahmat, D., & Nuryusuf, P. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Umkm Pasca Pandemi Covid-19 Di Desa Parungsueah Kabupaten Sukabumi. Magistrorum Et Scholarium: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 12–23.
Sagita, N. G., Kartikasari, M., Asyrofi, M. H., & Hayati, K. R. (2022). Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Kelurahan Kebonsari Kecamatan Jambangan Kota Surabaya. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(4), 1325–1332. Https://Doi.Org/10.54082/Jamsi.430
Yani, N., Harini, S., Saputra, H., Hodailma, A., & Ningsih, K. F. (2023). Optimalisasi Digital Marketing Pada Umkm Peci Assagofah Di Desa Banjarwangi Kabupaten Bogor. Jurnal Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 30–35. Https://Doi.Org/10.55606/Jpmi.V2i1.1065
Yelnim, Y., Hamdani, D., Abdallah, Z., & Sari, A. E. (2022). Peningkatan Kualitas Produk Kerupuk Sari Ikan Melalui Inovasi Produksi. Prosiding Seminar Nasional Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 34–41. Https://Doi.Org/10.24967/Psn.V2i1.1491
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Indriani Putri Utami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.