PEMBUATAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK SISWA SMP IHBS KOTA DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.21121Keywords:
Media Pembelajaran, Video Animasi, Bahasa IndonesiaAbstract
Aplikasi TIK di lingkungan SMP IHBS masih cenderung terbatas pada pemanfaatan platform edukasi gratis, sedangkan pemanfaatan multimedia untuk pembelajaran masih terbatas pada slide PowerPoint dan video yang diambil langsung dari Internet sehingga penyampaian materi dan ide dari guru belum bisa maksimal. Oleh karena itu diperlukan pembuatan media pembelajaran yang disesuaikan dengan kebutuhan sekolah, video pembelajaran animasi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia menjadi salah satu solusi yang mana Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dipakai dalam kehidupan sehari-hari dan besar pengaruhnya terhadap pola pikir siswa. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini terdiri atas beberapa tahapan yaitu studi pendahuluan, produksi video animasi, dan ujicoba video pembelajaran kepada siswa dan guru pendamping di SMP IHBS. Pada kegiatan pengabdian ini dibuat lima buah video animasi untuk menunjang proses pembelajaran Bahasa Indonesia di lingkungan SMP IHBS. Kelima video animasi ini membahas tentang cara menulis berbagai teks Bahasa Indonesia yang terdiri atas laporan hasil percobaan, pidato persuasif, cerita inspiratif, cerita pendek, dan teks deskriptif. Berdasarkan hasil pengujian dan survei yang dilakukan kepada siswi kelas IX SMP IHBS, para siswi menerima dengan baik keberadaan video animasi untuk menunjang proses pembelajaran ini, dengan rata-rata tingkat kepuasan mencapai 90,1% yang artinya siswa sangat puas dengan pemanfaatan video animasi dalam pembelajaran.References
C. D’angelo, “The Impact Of Technology: Student Engagement And Success,” Dalam Technology And The Curriculum: Summer 2018, Power Learning Solutions, 2018. [Daring]. Tersedia Pada: Https://Pressbooks.Pub/Techandcurriculum/Chapter/Engagement-And-Success/
M. D. Abdulrahaman Dkk., “Multimedia Tools In The Teaching And Learning Processes: A Systematic Review,” Heliyon, Vol. 6, No. 11, Hlm. E05312, Nov 2020, Doi: 10.1016/J.Heliyon.2020.E05312.
V. Damopolii, N. Bito, Dan R. Resmawan, “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Pada Materi Segiempat,” Algoritma J. Math. Educ., Vol. 1, No. 2, Hlm. 74–85, Jan 2020, Doi: 10.15408/Ajme.V1i2.14069.
L. A. Novianto, I. N. S. Degeng, Dan A. Wedi, “Pengembangan Multimedia Interaktif Mata Pelajaran Ipa Pokok Bahasan Sistem Peredaran Darah Manusia Untuk Kelas Viii Smp Wahid Hasyim Malang,” Jktp J. Kaji. Teknol. Pendidik., Vol. 1, No. 3, Hlm. 257–263, 2018.
D. K. Mashuri, “Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang Untuk Sd Kelas V,” Vol. 08, 2020.
M. U. Fahri, “Pemanfaatan Video Sebagai Media Pembelajaran,” Open Science Framework, Preprint, Okt 2020. Doi: 10.31219/Osf.Io/Z97qy.
E. Susanti, R. Harta, A. Karyana, Dan M. Halimah, “Desain Video Pembelajaran Yang Efektif Pada Pendidikan Jarak Jauh: Studi Di Universitas Terbuka,” J. Pendidik. Dan Kebud., Vol. 3, No. 2, Hlm. 167–185, Des 2018, Doi: 10.24832/Jpnk.V3i2.929.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Sinantya Feranti Anindya
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.