EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM (Kios Online Di Kota Surabaya Dan Silaundry Di Daerrah Istimewa Yogyakarta)

Authors

  • Evanny Emanuela Rumui Universitas Mercu Buana Yogyakarta
  • Tutut Dewi Astuti Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22192

Keywords:

Pembukuan Sederhana, Edukasi, Pelatihan

Abstract

Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor bisnis yang memegang peranan penting dalam perekonomian suatu negara. Namun, UMKM juga dihadapkan pada sejumlah tantangan, salah satunya adalah akses terbatas ke sumber daya finansial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bisnis. Pegabdian ini berfocus pada dua UMKM yang berbeda yaitu UMKM Toko Online dan UMKM Laundry (Silaundry). UMKM Toko Online merupakan usaha yang bergerak dibidang usaha dimana menjual berbagai produk atau layanan secara online melalui platform e-commerce dan UMKM Silaundry sendiri merupakan usaha yang bergerak dibidang laundry pakaian. Program edukasi dilakukan dengan memberikan gambaran tentang bagaimana mencatat transaksi harian, mengelola inventaris, serta menganalisis laporan keuangan dengan cara yang sederhana dan efektif. Program pelatihan dilakukan dengan mempraktekan secara langsung mengenai tahapan-tahapan dalam mencatat transaksi harian, mengelola inventaris, serta menganalisis laporan keuangan dengan cara yang sederhana dan efektif sehingga pelaku  UMKM  dapat  mengetahui  biaya  produksi  dan  mengetahui  keuntungan dari usaha. Melalui kegiatan edukasi dan pelatihan, diharpakan dapat membantu UMKM Kios Online dan UMKM Laundry Silaundry memahami penyusunan pembukuan sederhana sehingga dapat meraih pemahaman yang lebih baik, meningkatkan keberlanjutan bisnis mereka, dan memperkuat kontribusi mereka dalam perekonomian lokal.

References

Bakri Katti, Siti Wardani, and Mutmainah Mutmainah. 2020. “Penyuluhan Pentingnya Pembukuan Umkm Sederhana Dan Tahapan Penyusunan Studi Kelayakan Usaha.” JURNAL DAYA-MAS 5 (2): 58–60. https://doi.org/10.33319/dymas.v5i2.48.

Handayani, Puspita, Syarifudin Syarifudin, and Nurhayati Nurhayati. 2022. “Pemanfaatan Aplikasi Akuntansi Berbasis Android Dalam Pembukuan Sederhana UMKM (Pada Anggota UMKM Pondok Petir Sejahtera).” JMM - Jurnal Masyarakat Merdeka 5 (1): 35. https://doi.org/10.51213/jmm.v5i1.104.

Manoppo, Wilfried S, and Frendy A O Pelleng. 2018. “Pelatihan Penyusunan Laporan Keuangan Dengan Teknik Pembukuan Sederhana Bagi Pelaku Usaha UMKM Di Kecamatan Malalayang Kota Manado Provinsi Sulawesi Utara.” Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) 7 (2): 6–9.

Prasaja, Mukti, Nunung Susiloningsih, Riski Novitasari, Nabila Andriani, and Ferdy Yunanto. 2022. “PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN PEMBUATAN PEMBUKUAN SEDERHANA BAGI UMKM DESA BLIMBING, KABUPATEN KEDIRI.” RESWARA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 3 (2): 834–40. https://doi.org/10.46576/rjpkm.v3i2.1907.

Downloads

Published

2023-11-29

How to Cite

Rumui, E. E. ., & Astuti, T. D. . (2023). EDUKASI DAN PELATIHAN PEMBUKUAN SEDERHANA PADA UMKM (Kios Online Di Kota Surabaya Dan Silaundry Di Daerrah Istimewa Yogyakarta). Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 11322–11327. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.22192