PELATIHAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM, FACEBOOK DAN TIKTOK UNTUK PROMOSI WISATA GUNUNG DAGO, BOGOR JAWA BARAT

Authors

  • Vera Inne Juni Simamora Universitas Matana
  • Dinda Saradiva Universitas Matana
  • Okhan Gautama Universitas Matana

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20861

Keywords:

Promosi Wisata, Media Sosial, Instagram, Facebook, Tiktok

Abstract

Wisata Gunung Dago merupakan wisata alam yang terletak di Parung Panjang, Bogor, Jawa Barat. Destinasi wisata ini dibuka pada 1 Januari 2019, sehingga wisata ini masih tergolong wisata baru dan masih membutuhkan promosi agar semakin banyak masyarakat yang familiar dengan wisata alam Gunung Dago. Dari hasil wawancara dengan pengelola, pengelola wisata masih memiliki keterbatasan dalam memanfaatkan media sosial untuk promosi pariwisata. Oleh karena itu, pengelola belum melakukan promosi yang inovatif dan kreatif dengan media sosial. Hal ini disebabkan oleh manajemen mitra ini yang merupakan perusahaan keluarga, yang menyebabkan banyak karyawan yang direkrut tidak sesuai dengan kompetensinya, termasuk divisi marketing dan promosi. Pada saat ini, pelaksana PKM memantau bahwa sejak Februari 2023, akun sosial media mitra kami tidak aktif digunakan hingga pertengahan Juni 2023. Pelaksana PKM juga melakukan pemantauan banyaknya konten wisata yang kurang menarik. Solusinya adalah melakukan pelatihan pemanfaatan media sosial dan memproduksi konten yang menarik perhatian masyarakat sebagai calon wisatawan menggunakan media sosial instagram, facebook dan tiktok.

References

Asri, Nuryah. 2018. “Pelatihan pemanfaatan Media Sosial Untuk Promosi Pariwisata Dan Potensi Kearifan Lokal di Pantai Sayang Heualang Kab. Garut”. Jurnal UNPAD

Maulana, A. 2013. ‘Dampak Penyelenggaraan Tour De Singkarak Bagi Masyarakat Lokal Provinsi Sumatera Barat’, Jurnal Kepariwisataan Indonesia. Vol. 8, No. 2, pp. 159-171.

Poynter, Ray. 2010. The Handbook of Online and Social Research: Tools and Techniques for Market Researchers. UK: Wiley.

Sutisna, Nana. 2022. “Optimalisasi Pemanfaatan Media Sosial dalam Promosi Kampung Wisata Pekijing”, Jurnal Unma Banten. Vol. 7, No. 1, 2022.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2022/. Diakses 20 Januari 2022

Downloads

Published

2023-11-08

How to Cite

Simamora, V. I. J. ., Saradiva, D. ., & Gautama, O. . (2023). PELATIHAN PEMANFAATAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM, FACEBOOK DAN TIKTOK UNTUK PROMOSI WISATA GUNUNG DAGO, BOGOR JAWA BARAT. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 9678–9682. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i5.20861

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.