WORKSHOP MANAJEMEN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PORANG DAN BIOFERTILIZER DI DESA GARANTUNGAN, BULUKUMBA

Authors

  • A. Masniawati Universitas Hasanuddin
  • Yusran Yusran Universitas Hasanuddin
  • Zainal Zainal Universitas Hasanuddin
  • Eva Johannes Universitas Hasanuddin
  • Baso Manguntungi Universitas Sulawesi Barat
  • Irlan Irlan Universitas Sulawesi Barat
  • Nurmuliayanti Muis Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Rizaldi Trias Jaya Putra Nurdin Universitas Sulawesi Barat
  • Asia Arifin Universitas Sulawesi Barat
  • Dwi Ratna Sari Universitas Sulawesi Barat
  • Andi Dewi Rizka Ainulia Makerra Universitas Patompo
  • Nur Hilal A. Syahrir Universitas Sulawesi Barat
  • Mietra Anggara Universitas Teknologi Sumbawa
  • Fadhil Zil Ikram Universitas Sulawesi Barat
  • Muhammad Ilham S Universitas Sulawesi Barat
  • Muh. Chaerul Anwar Universitas Sulawesi Barat
  • Riana Anggraeny Ridwan Universitas Sulawesi Barat
  • Wahyullah Wahyullah Universitas Indonesia Timur

DOI:

https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20156

Keywords:

Workshop, Pengemasan, Pemasaran, Porang dan Biofertilizer

Abstract

Pengabdian masyarakat di Desa Garuntungan, Kabupaten Bulukumba, yang fokus pada sosialisasi pemasaran dan pengemasan produk porang, memiliki peran yang sangat relevan dalam meningkatkan pemahaman dan potensi ekonomi porang di komunitas tersebut. Porang adalah komoditas pertanian yang memiliki potensi ekonomi tinggi, namun kurang dimanfaatkan karena kurangnya pengetahuan dan akses pasar. Hasil observasi dan umpan balik dari peserta pelatihan menunjukkan bahwa mereka mengapresiasi kontribusi dari para pakar dalam bidang tersebut yang memberikan wawasan mendalam, menciptakan pelatihan yang sangat informatif dan relevan bagi mereka. Selama pelatihan, peserta mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang proses pengemasan porang dan strategi pemasaran yang efektif. Sebelumnya, kurangnya pengetahuan dan praktik yang higienis dalam pengemasan produk porang menjadi kendala dalam meningkatkan kualitas produk. Namun, melalui pelatihan ini, peserta semakin termotivasi untuk mencapai tahap produksi tepung porang yang berkualitas. Dengan demikian, inisiatif ini berhasil meningkatkan pemahaman dan motivasi peserta terkait industri porang. Dalam diskusi yang dilakukan selama pelatihan, strategi pemasaran dan target pasar yang diincar dibahas secara rinci. Hal ini membantu peserta mengidentifikasi peluang pasar baru untuk porang dan merencanakan rantai pasokan yang lebih efisien. Selain itu, pemahaman akan pentingnya faktor kemasan juga ditekankan, karena pengemasan adalah kunci dalam penentuan persepsi konsumen terhadap produk porang.

References

Al Aziz, O. R., & Lestari, R. I. (2022). Analisis Potensi Dan Manfaat Pengolahan Tanaman Porang Dalam Menghadapi Krisis Pangan Di Indonesia. In Prosiding Seminar Nasional BSKJI “Post Pandemic Economy Recovery (pp. 1-9).

Darmawan, D. D. D. (2017). Pengaruh kemasan dan harga terhadap keputusan pembelian produk sayuran hidroponik. Agrimas, 1(1), 28-37.

Dermoredjo S K, M Azis, Y H Saputra, G Susilowati dan B Sayaka. 2021. Sustaining Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Production For Improving Farmers’ Income. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 648 (2021) 012032 IOP Publishing doi:10.1088/1755-1315/648/1/012032

Dutahatmaja A, Irma Retno Dewi, Avilla Anggun Arisendy. 2023. Penelitian Pemetaan Potensi Hasil Pertanian Di Desa Cupak Kabupaten. Prosiding Seminar Nasional Manajemen dan Ekonomi Vol.2, No.1 Juni 2023

Kurniawan B P Y, A Galushasti, Y I Kurniawati. 2023. Business Development Strategy for Porang Jember Seeds. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 1168 (2023) 012057 IOP Publishing doi:10.1088/1755-1315/1168/1/012057

Mulyaningsih, T., Muspiah, A., Hidayati, E., Faturrahman, F., & Hidayat, W. (2022). Tumpangsari Tanamaan Porang (Amorphophallus Muelleri Blume) Dengan Pohon Ketimunan (Gyrinops Versteegii) Di Hkm Desa Pusuk Lestari, Kabupaten Lombok Barat. Jurnal Abdi Insani, 9(1), 92-107.

Nurmianto, Eko, Udisubakti Ciptomulyono, Arino Anzip, Witantyo, dan Soehardjoepri. 2020. Inovasi Pemberdayaan Masyarakat di Daerah Potensi Porang di Kabupaten Nganjuk. SEWAGATI, Jurnal Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat – DRPM ITS Vol. 4 No. 3 2020

Riptanti, Erlyna Wida, Irianto, Heru and Mujiyo. 2022. Strategy to improve the sustainability of “porang” (Amorphophallus muelleri Blume) farming in support of the triple export movement policy in Indonesia. Open Agriculture, vol. 7, no. 1, 2022, pp. 566-580. https://doi.org/10.1515/opag-2022-0121

Safitri, Farida Risqi Nur, Muhamad Sayuti, Ade Suhara. 2023. Analisis Strategi Pengembangan Bisnis Umbi Porang Menggunakan Metode Competitive Positioning Analysis. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNPP) Ke-3 Universitas Buana Perjuangan Karawang

Sjah T , Halil, I Budastra and I G L P Tanaya. 2021. Developing porang agribusiness for multiple stakeholder benefits and supporting sustainable development in dryland areas of Lombok. IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science 712 (2021) 012031 IOP Publishing doi:10.1088/1755-1315/712/1/012031

Widiati, A. (2019). Peranan kemasan (packaging) dalam meningkatkan pemasaran produk usaha mikro kecil menengah (umkm) di “mas pack” terminal kemasan Pontianak. Jurnal Audit dan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura, 8(2), 67-76.

Downloads

Published

2023-10-29

How to Cite

Masniawati, A. ., Yusran, Y., Zainal, Z., Johannes, E. ., Manguntungi, B. ., Irlan, I., Muis, N. ., Nurdin, M. R. T. J. P. ., Arifin, A., Sari, D. R., Makerra, A. D. R. A., Syahrir, N. H. A., Anggara, M., Ikram, F. Z., S, M. I., Anwar, M. C., Ridwan, R. A., & Wahyullah, W. (2023). WORKSHOP MANAJEMEN PENGEMASAN DAN PEMASARAN PORANG DAN BIOFERTILIZER DI DESA GARANTUNGAN, BULUKUMBA. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 9488–9493. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i4.20156